10 Rekomendasi Sampo Bayi

Sampo mana yang bisa bikin rambut bayi Mama sehat dan indah?

17 Desember 2019

10 Rekomendasi Sampo Bayi
Littlebabylife

Salah satu momen seru bersama bayi yang paling ditunggu adalah: mandi! Bagaimana tidak, memandikan bayi memang bisa menjadi quality time tersendiri ya, Ma. Apalagi jika bayi sudah cukup besar, ia pasti sangat menikmati momen main air ini.

Bagi mayoritas anak, mandi memang momen seru yang sangat ia nikmati. Tidak heran ada saja bayi yang tidak mau menyudahi waktu mandi ini. Apa anak Mama salah satunya? Semoga saja tidak ya, karena Ikatan Dokter Anak Indonesia (IDAI) merekomendasikan waktu mandi yang tidak terlalu lama (tidak lebih dari 5 menit, dengan suhu air 37° Celcius).

Lalu, kapan anak perlu keramas menggunakan sampo bayi? Menurut American Academy of Pediatrics (AAP), ketika bayi memiliki rambut, maka ia juga sudah memerlukan sampo. AAP menyarankan untuk mengeramasi bayi sekitar 1 atau 2 kali seminggu.

Saat membersihkan rambut bayi, AAP juga menyarankan agar Mama memijat lembut kepalanya, kecuali bagian ubun-ubunnya. Ketika membilasnya, lindungi dahi bayi dari air sampo dengan menutup dahinya menggunakan satu tangan Mama. Dengan begitu, momen membersihkan rambut dengan sampo bayi jadi aman dan nyaman.

Nah, bicara soal membersihkan rambut, Mama pasti bingung ya dengan banyaknya pilihan merek sampo bayi. Daripada bingung, lebih baik simak rekomendasi 10 sampo yang sudah diformulasikan khusus untuk bayi berikut ini.

*Daftar sesuai abjad.

1. Aveeno Baby Gentle Conditioning Shampoo

1. Aveeno Baby Gentle Conditioning Shampoo
Aveeno

Jika Mama mau rambut bayi Mama menjadi semakin halus, lembut, dan ternutrisi, maka sampo ini sangat tepat untuk dicoba. Aveeno Baby Gentle Conditioning Shampoo menggabungkan kebaikan gandum dan vitamin E untuk membersihkan dan melembutkan rambut bayi. Formula ini membuat rambut bayi lebih halus, mudah diatur, dan harum. Produk ini juga sudah diuji alergi, hasilnya sangat cocok untuk bayi dengan kulit sensitif sekali pun. Tentu saja produk ini bebas sabun dan paraben. Aman!

Harga: Sekitar Rp240.000 (elevenia.co.id); 354 ml.

2. Cetaphil Baby Shampoo

2. Cetaphil Baby Shampoo
Cetaphil

Produk ini sangat tepat untuk membantu Mama membersihkan rambut dan kulit kepala si Kecil. Selain itu, Cetaphil Baby Shampoo ini juga diformulasikan khusus untuk menjaga kelembapan kulit kepala bayi, yang sangat penting untuk pertumbuhan sel kulit kepalanya.

Kalau Mama sering mencuci rambut anak, maka produk ini tepat untuk si Kecil karena dirancang khusus untuk aman digunakan setiap hari. Sampo bayi ini terbuat dari kandungan lembut (surfactants) untuk membersihkan rambut dan kulit, sekaligus menjaga perkembangan pH kulit yang sehat. Selain itu, produk ini juga mengandung kamomil, tepat untuk melembapkan kulit kepala dan memberi aroma yang menenangkan.

Harga: Sekitar 115.000 (jd.id), 200 ml.

3. Corine de Farme Baby Shampoo

3. Corine de Farme Baby Shampoo
Corinedefarme

Kalau Mama mau sampo bayi yang organik, maka Corine de Farme Baby Shampoo ini jawaban yang tepat karena 95 persennya mengandung bahan alami dan organik. Produk ini juga hypoallergenic dan sudah diuji di bawah pengawasan dermatologi, oftamologi, juga dokter anak.

Tidak hanya organik, sampo ini juga aman karena bebas paraben, bebas pewarna, bebas alkohol, dan bebas phenoxyethanol. Sampo yang memberi kelembutan untuk rambut kulit kepala bayi ini juga bebas sabun lho, Ma.

Corine de Farme Baby Shampoo tidak menyebabkan iritasi, lembut untuk kulit kepala bayi, dan aman digunakan sehari-hari karena memiliki formula tidak pedih di mata.

Harga: Sekitar Rp120.000 (jd.id), 250 ml.

4. Cussons Almond Oil and Honey Baby Shampoo

4. Cussons Almond Oil and Honey Baby Shampoo
Cussonsbaby

Seiring pertumbuhan usia si Kecil, rambut dan kulit kepalanya juga rentan menjadi kering. Maka, sangat penting bagi Mama untuk memberikan sampo yang bisa menjaga rambut bayi tetap lembap dan lembut.

Sampo yang mengandung Almond Oil ini tepat untuk melembapkan rambut bayi dan membuatnya senantiasa lembut dan halus. Sedangkan kandungan Honey di dalamnya cocok untuk merawat kulit kepala dan menjaga rambut bayi tidak mudah kusut.

Cussons Almond Oil and Honey Baby Shampoo memilih formula yang lembut, pH seimbang, bebas paraben, dan sudah lulus uji dokter spesialis mata. Produk ini juga tidak pedih di mata lho, Ma.

Harga: Sekitar 12.000 (babyzania.com), 200 ml.

Editors' Picks

5. Johnson’s Baby Active Fresh Shampoo

5. Johnson’s Baby Active Fresh Shampoo
Johnson's

Bayi Mama sangat aktif? Maka inilah sampo yang tepat untuk mencuci rambutnya. Johnson’s Baby Active Fresh Shampoo efektif menjaga kesegaran rambut, mengurangi keringat, mencegah debu menempel, juga mencegah iritasi.

Selain itu, produk ini juga menghambat pertumbuhan mikroorganisme penyebab bau, sehingga rambut si Kecil lebih segar dan wangi. Rahasianya adalah teknologi Active Fresh, yang menjaga rambut bayi aktif Mama selalu segar.

Sampo yang diformulasikan khusus untuk bayi ini juga tidak pedih di mata bayi, dan telah terbukti klinis lembut untuk kulit bayi.

Harga: Sekitar Rp25.000 (jd.id), 200 ml

6. Mothercare All We Know Baby Shampoo

6. Mothercare All We Know Baby Shampoo
Mothercare

Sampo dengan formula lembut ini cocok untuk digunakan pada bayi baru lahir, karena kandungannya sangat ramah untuk anak dengan kulit sensitif sekalipun. Sampo ini memiliki tambahan conditioner, yang menjaga rambut bayi tetap lembut, halus, dan mudah disisir.

Mothercare All We Know Baby Shampoo mengandung olive oil dan chamomile yang menenangkan si Kecil. Produk ini hypollergenic, juga telah diuji dermatologi dan midwife tested

Harga: Rp99.000 (mothercare.co.id), 300 ml.

7. Mustela Gentle Shampoo

7. Mustela Gentle Shampoo
Mustela

Inilah sampo yang diformulasikan secara khusus untuk bayi baru lahir, bahkan juga untuk bayi yang baru keluar NICU. Mustela Gentle Shampoo sangat tepat untuk menyeimbangkan kelembutan kulit kepala bayi, membersihkan dan melembutkan rambut bayi, dan membuat rambutnya mudah disisir.

Produk ini juga memiliki formula baru yang diperkaya Avocado Perseose yang tidak hanya melembutkan rambut bayi, tetapi juga memperkuat dan mempertahankan sumber daya selnya. Kelebihan lain sampo bayi ini adalah: 93 persen bahannya berasal dari alam, bebas parabem, bebas pththalates, dan bebas phenoxyethanol. Ini juga hypoallergenic dan secara dermatologi sudah diuji di bawah pengawasan dokter anak untuk memberikan keamanan yang sempurna bagi bayi Mama.

Harga: Sekitar Rp170.000 (mothercare.co.id), 200 ml.

8. Pigeon Baby Shampoo Chamomile

8. Pigeon Baby Shampoo Chamomile
Pigeonbaby

Dengan harga yang sangat terjangkau, sampo Pigeon ini memberikan banyak kebaikan untuk bayi Anda. Tidak hanya membersihkan rambut dan kulit kepala si Kecil dengan lembut, sampo ini juga membuatnya tidak mudah kusut dan lebih sehat.

Mama juga tidak perlu khawatir dengan risiko kulit kepala bersisik, karena sampo ini efektif mencegahnya, dan memberikan keharuman unik. Si Kecil tentu akan menyukai sampo ini juga, karena telah diformulasikan tidak akan membuat iritasi pada mata bayi, berkat kadar pH seimbangnya.

Harga: Sekitar 25.000 (blibli.com), 200 ml.

9. Sebamed Baby Children’s Shampoo

9. Sebamed Baby Children’s Shampoo
Sebamed

Bagi Mama yang kulit kepala bayinya sangat sensitif, atau bahkan bermasalah dengan eksim dan psoriasis, maka inilah sampo bayi yang direkomendasikan para dokter. Sampo dengan pH 5.5 ini tidak hanya membersihkan rambut dan kulit kepala bayi, tetap juga melembapkan dan membuatnya sehat bersinar.

Sampo hypoallergenic yang telah mendunia ini sudah diuji dermatologi, bebas sabun, bebas alkali, bebas paraben, dan bebas pththalates. Kandungan ekstrak herbal dalam Sebamed Baby Children’s Shampoo juga tepat untuk meredakan kulit kepala yang iritasi, dan menenangkan kulit.

Harga: Sekitar Rp165.000 (mothercare.co.id), 250 ml.

10. Zwitsal Natural Baby Shampoo

10. Zwitsal Natural Baby Shampoo
Zwitsal

Mau rambut bayi tampak tebal dan hitam? Zwitsal Natural Baby Shampoo adalah jawaban yang tepat! Sampo ini memiliki kandungan bahan alami aloe vera, kemiri, dan seledri yang membantu pertumbuhan rambut bayi, sehingga tampak lebih tebal dan hitam.

Sampo ini juga diformulasi tidak pedih di mata, sehingga sangat aman dan nyaman untuk si Kecil. Sampo hypoallergenic ini aman untuk digunakan untuk bayi dengan kulit kepala yang sangat sensitif sekali pun.

Harga: Sekitar 24.000 (orami.co.id), 300 ml.

Baca juga:

Tanya Ahli

Mulai konsultasi seputar parenting yuk!

Hai Ma, mama mulai bisa bertanya dan berbagi pengalaman dengan ahli parenting.