Zwitsal Berbagi Tips Merawat Kulit Bayi di Popmama Expo 2018

Ikuti tips dari dokter spesialis anak ini, Ma

30 September 2018

Zwitsal Berbagi Tips Merawat Kulit Bayi Popmama Expo 2018
Popmama.com

Merawat kulit bayi, khususnya newborn, memang terbilang sulit ya, Ma. Bagaimana tidak, semua kulit bayi memang masih sangat sensitif. Jika perawatannya tidak tepat, maka besar kemungkin kulit bayi akan iritasi atau terjadi ruam. Duh, bayi pasti sangat rewel kalau sudah begini.

Mengerti akan hal tersebut, Zwitsal mempersembahkan sebuah talkshow di PopEx 2018. Talkshow yang membahas semua hal mengenai perawatan kulit bayi ini menghadirkan dr. Dimple Nagrani, SpA. Mau tahu tips apa saja yang diberikan dr. Dimple? Simak beberapa info penting di bawah ini yuk, Ma.

Editors' Picks

Pijat bayi itu penting

Pijat bayi itu penting
Freepik/jcomp

Tidak hanya baik untuk kesehatan tubuh si Kecil, pijat bayi juga bisa memperkuat bonding antara Mama dan anak, lho. Menurut dr. Dimple, pijat bayi sebaiknya dilakukan setiap hari dan dilakukan saat bayi sedang dalam keadaan alert atau sadar total, bukan saat sudah mengantuk.

Untuk memijatnya, Mama bisa menggunakan minyak yang aman untuk bayi, seperti baby oil atau minyak organik. Ingat, kulit bayi masih sangat sensitif, jadi pastikan minyak yang Mama gunakan memang aman untuk bayi atau sudah diformulasikan khusus untuk bayi ya, Ma.

Tangani ruam popok dengan tepat

Tangani ruam popok tepat
Popmama.com

Ruam popok adalah salah satu hal yang paling sering terjadi pada anak, khususnya bayi. Jika anak Mama sedang mengalami ruam popok atau diaper rash, lakukan beberapa tips dari dr. Dimple berikut ini:

-Gunakan kapas dan air untuk membersihkan kulit bayi yang ruam.

-Pastikan popok bayi sering diganti, untuk mengurangi risiko ruam popok bertambah parah.

-Ganti popok sebaiknya 4 jam sekali, atau setiap anak selesai buang air besar.

-Redakan ruam popok dengan salep yang mengandung zinc dioxide.

-Jika sedang di perjalanan dan sulit mencari air, sesekali Mama boleh menggunakan tisu basah khusus untuk membersihkan bagian kemaluan bayi.

Tips merawat tali pusat

Tips merawat tali pusat
Popmama.com

Mama yang baru memiliki newborn, pasti sering bingung dengan cara perawatan tali pusat yang tepat. jangan bingung lagi, Ma, ikuti saja beberapa tips dari dr. Dimple berikut ini:

-Tidak perlu menggunakan alkohol atau cairan lain

-Pastikan tali pusat selalu kering

-Hindari memandikan bayi bila tali pusat belum puput

-Waspadai infeksi. Tandanya adalah: Berbau, bernanah, bayi demam.

Mau mendapatkan lebih banyak info penting seputar kesehatan bayi dan anak? Nantikan terus artikel-artikel terbaru Popmama.com ya, Ma.

Tanya Ahli

Mulai konsultasi seputar parenting yuk!

Hai Ma, mama mulai bisa bertanya dan berbagi pengalaman dengan ahli parenting.