TUTUP
SCROLL UNTUK MELANJUTKAN MEMBACA

Ini Pilihan Susu Formula untuk Bayi dengan Asam Lambung

Ada tiga jenis susu formula yang bisa dipilih sesuai kondisi kesehatan pencernaan bayi

26 Oktober 2019

Ini Pilihan Susu Formula Bayi Asam Lambung
Freepik/poringdown

Asam lambung merupakan kondisi di mana isi lambung dan asam yang terkandung di dalamnya, naik kembali ke kerongkongan dan tenggorokan. Bukan hanya dialami orang dewasa akibat gaya hidup yang buruk, tetapi asam lambung juga dapat diderita oleh bayi. 

Asam lambung pada bayi umumnya disebabkan karena lower esophageal sphincter (LES) yang masih lemah dan berkembang. Saat mengalami tekanan, otot LES akan kehilangan efektivitasnya sehingga isi lambung bisa kembali ke tenggorokan. 

Ada beberapa cara mengatasi bayi dengan asam lambung. Yang pasti adalah Mama harus mengetahui apa penyebabnya, agar menemukan cara yang paling tepat. Jika bayi Mama minum susu formula dan mengalami asam lambung, umumnya dokter akan menyarankan untuk menyesuaikan konsumsi susu formula dari yang biasanya. 
 

Kondisi Bayi dengan Asam Lambung Ringan

Kondisi Bayi Asam Lambung Ringan
Freepik/rawpixel.com

Jika setelah pemeriksaan ternyata bayi Mama mengidap asam lambung ringan, dokter biasanya akan merekomendasikan menambahkan satu hingga dua sendok teh sereal beras ke dalam susu formula. Metode ini akan membuat isi perut lebih berat sehingga bayi tidak gampang muntah. 

Meskipun begitu, cara ini hanya akan mengurangi intensitas muntah bayi, tetapi tidak menghentikan refluks asam sepenuhnya. Selain itu, menambahkan sereal beras ke dalam susu formula sebelum bayi berusia empat bulan dapat meningkatkan risiko alergi makanan atau komplikasi lain. Popmama.com menyarankan supaya tindakan ini dilakukan hanya dengan rekomendasi dan di bawah pantauan dokter ya, Ma. 

Editors' Picks

Kondisi Bayi dengan Asam Lambung Parah

Kondisi Bayi Asam Lambung Parah
thespinoff.co.nz

Jika bayi Mama didiagnosis menderita asam lambung parah, dokter akan menyarankan mengubah susu formula dari yang biasanya dikonsumsi. Sebagai besar susu formula bayi terbuat dari susu sapi dan diperkaya dengan zat besi. Alergi terhadap protein yang terkandung dalam susu sapi dapat memicu refluks asam lambung bayi.

Berikut beberapa pilihan susu formula yang biasanya direkomendasikan dokter untuk mengatasi asam lambung bayi agar tidak menjadi lebih parah:

1. Susu formula dengan protein terhidrolisis

1. Susu formula protein terhidrolisis
sg.theasianparent.com

Susu formula jenis ini terbuat dari susu sapi dengan kandungan yang mudah dipecah pencernaan. Jenis ini paling efektif mengurangi asam lambung sehingga banyak direkomendasikan untuk bayi yang mengidap alergi makanan. Umumnya, susu formula jenis ini harganya lebih mahal ketimbang susu formula biasa.
 

2. Susu formula berbahan kedelai

2. Susu formula berbahan kedelai
Freepik/Mrsiraphol

Susu formula jenis ini tidak mengandung protein susu sapi sama sekali. Biasanya hanya direkomendasikan untuk bayi dengan intoleransi laktosa atau galaktosemia.

Pada bayi dengan intoleransi laktosa, tubuhnya tidak mampu memproses sejenis gula yang disebut laktosa. Sementara pada bayi dengan galaktosemia, tubuhnya sulit memecah gula sederhana yang disebut galaktosa. Kedua gula ini ditemukan dalam susu sapi, tetapi tidak pada susu kedelai sehingga dinilai lebih aman.

3. Susu formula khusus

3. Susu formula khusus
reference.com

Susu formula khusus dibuat dengan bayi yang mengidap penyakit atau kondisi medis tertentu, misalnya prematur. Tanyakan kepada dokter anak, susu formula jenis apa yang dapat dikonsumsi bayi dengan kondisi khusus.

Walaupun asam lambung ini menyebabkan ketidaknyamanan pada bayi, kondisi ini dapat diatasi kok, Ma. Mama bisa membantu mengurangi rasa tidak nyaman dengan menyesuaikan pola makan si Kecil. Meskipun begitu, jika asam lambung si Kecil tidak juga membaik meski telah melakukan penyesuaian pola maka, jangan menunda untuk memeriksakan bayi ke dokter agar mendapatkan penanganan dan pengobatan yang tepat. 

Baca Juga:

Tanya Ahli

Mulai konsultasi seputar parenting yuk!

Hai Ma, mama mulai bisa bertanya dan berbagi pengalaman dengan ahli parenting.

Mama CerdAZ

Ikon Mama CerdAZ

Panduan kehamilan mingguan untuk Mama/Ibu, lengkap dengan artikel dan perhitungan perencanaan persalinan

Cari tahu yuk