Ini Tanda Lahir Bayi yang Berbahaya, Mama Perlu Tahu!

Bayi yang memiliki tanda lahir seperti ini perlu melakukan pemeriksaan ke dokter!

30 Juli 2022

Ini Tanda Lahir Bayi Berbahaya, Mama Perlu Tahu
Pixabay/wendymathews

Bentuk dan warna dari tanda lahir bisa bermacam-macam. Ada yang bentuknya kecil dan besar, serta ada yang berwarna merah, hitam atau cokelat.

Perlu Mama ketahui bahwa tidak semua tanda lahir aman. Sebagian tanda lahir berbahaya bahkan bisa menyebabkan kanker kulit. Untuk itu Mama perlu memperhatikan tanda lahir yang dimiliki oleh si Kecil, apakah tanda lahir yang dimilikinya termasuk yang berbahaya atau tidak.

Di bawah ini Popmama.com merangkum tanda lahir bayi yang berbahaya, seperti apa?

Port Wine Stain

Port Wine Stain
webmd.com

Port wine stain merupakan salah satu tanda lahir pada bayi berupa bercak kemerahan pada kulit, seperti pada kulit wajah yang disebabkan karena adanya pertumbuhan pembuluh darah yang tidak normal.

Tanda lahir ini awalnya akan terlihat berwarna merah muda atau kemerahan dan memiliki kemungkinan untuk berubah warna menjadi lebih gelap seiring dengan pertumbuhan bayi.

Selain itu, kulit yang terkena juga mungkin akan sedikit menebal sehingga teksturnya menjadi tidak rata.

Bayi yang memiliki tanda lahir jenis port wine stain pada wajah dapat berisiko tinggi mengalami masalah mata, kejang, hingga keterlambatan perkembangan seperti Sindrom Klippel-Trenaunay serta Sindrom Sturge-Weber.

Pada umumnya, bayi yang meniliki tanda lahir port wine stain perlu melakukan pemeriksaan medis secara rutin dan tanda lahir ini biasanya dapat diatasi dengan tindakan laser perawatan.

Editors' Picks

Hemangioma

Hemangioma
Parenting.firstcry.com

Hemangioma merupakan jenis tanda lahir berbahaya pada bayi berupa benjolan elastis berwarna merah atau kebiruan yang muncul pada area tubuh seperti kepala, leher, lengan, atau bahkan kaki setelah beberapa bulan pertama bayi lahir.

Kondisi hemangioma ini dapat disebabkan karena adanya pertumbuhan pembuluh darah yang tidak normal. Sekumpulan darah yang tidak tumbuh normal kemudian besaru membentuk benjolan.

Tanda lahir jenis ini tergolong berbahaya dan bisa mengakibatkan masalah kesehatan apabila terjadi perdarahan atau menekan struktur penting pada area tubuh seperti  mata, saluran napas bagian atas, berada di area jantung, hingga tulang belakang.

Bayi yang memiliki jenis tanda lahir ini perlu segara diperika oleh dokter untuk mecegah adanya hal berbahaya.

Salmon Patch

Salmon Patch
firstcry.com

Salmon patch atau yang bisa disebut juga sebagai angel kiss merupakan jenis tanda lahir berbahaya yang dapat disebabkan karena adanya pembuluh darah yang berlebih di kulit.

Tanda lahir salmon patch terlihat berwarna mera di bagian dahi, kelopak mata, leherh dan biasanya sering muncul di bagian dahi, kelopak mata, leher, atau belakang kepala.

Pada umumnya, jenis tanda lahir ini akan hilang dengan sendirinya, tapi ada juga kasus yang tandanya ini tidak hilang dan bahkan bisa melebar. Hal ini tentu saja bisa sangat menganggu anak seiring dengan bertambahnya usia.

Dysplastic Nevi

Dysplastic Nevi
Freepik/rawpixel.com

Tanda lahir ini bentuknya berupa tahi lalat, tetapi bentuknya lebih besar dari tahi lalat biasanya dan bentuknya tidak teratur dan tidak jelas. Tanda lahir dysplastic nevi pada umumnya berwarna merah muda terang hingga cokelat tua dan dapat ditemukan di bagian tubuh mana saja.

Jika tanda lahir ini munculnya banyak atau berukuran besar, maka dapat berpotensi untuk menjadi kanker kulit di kemudian hari.

Untuk mencegah potensi dysplastic nevi menjadi kanker, dianjurkan untuk melakukan pemeriksaan kulit. Ketika tahi lalat telah diidentifikasi, maka akan dilakukan biopsi kulit untuk mendiagnosisnya dengan baik.

Itulah jenis tanda lahir bayiyang berbahaya. Semoga informasi ini dapat menambah wawasan ya, Ma!

Baca juga:

Tanya Ahli

Mulai konsultasi seputar parenting yuk!

Hai Ma, mama mulai bisa bertanya dan berbagi pengalaman dengan ahli parenting.

Mama CerdAZ

Ikon Mama CerdAZ

Panduan kehamilan mingguan untuk Mama/Ibu, lengkap dengan artikel dan perhitungan perencanaan persalinan

Cari tahu yuk