Coba Teknik Camping Out untuk Membiasakan si Kecil Tidur Sendiri

Bayi usia 6 bulan ke atas dapat tidur nyenyak tanpa ditemani

10 Maret 2021

Coba Teknik Camping Out Membiasakan si Kecil Tidur Sendiri
Freepik/user13216326

Ketika bayi masih sangat kecil, Mama mungkin berusaha menidurkannya dengan cara menepuk-nepuk, mengayunkan, atau menggendongnya. Dampak negatifnya, bayi akan tumbuh dalam keadaan tergantung pada hal-hal ini untuk dapat tertidur. Ini akan menyulitkan Mama untuk periode cukup lama.

Teknik camping out adalah sebuah metode untuk mengajarkan bayi, khususnya usia enam bulan ke atas, agar dapat tidur sendiri secara bertahap. Konsep metode ini adalah menunjukkan bahwa Mama tetap berada di sisi mereka, namun tidak secara fisik membantu mereka untuk tertidur.

Penasaran bagaimana caranya? Simak ulasan Popmama.com tentang tahapan melakukan teknik camping out untuk membiasakan bayi tidur sendiri, berikut ini yuk!

1. Persiapan

1. Persiapan
Freepik/wuttichai1983

Sebelum memulai, penting bagi bayi untuk sudah memiliki jadwal tidur rutin yang baik. Pada jadwal-jadwal tidur tersebut, pastikan Mama sudah menaruh matras atau kursi tepat di sebelah tempat tidur bayi.

Jadwal tidur bayi bisa dilatih sedini mungkin, Ma. Meski bayi harus menyusu setiap 2-3 jam, Mama tetap bisa melatih bayi untuk memiliki jadwal tidur yang teratur.

Editors' Picks

2. Tahap awal

2. Tahap awal
rawpixel.com/McKinsey
Mitos fakta posisi tidur bayi

Pada jadwal tidurnya, letakkan bayi di tempat tidurnya kemudian belai atau tepuk pelan bayi sampai mereka tertidur. Ketika mereka tertidur, tinggalkan ruangan. Ulangi tahap ini setiap kali mereka tiba-tiba terbangun.

Biasanya, dibutuhkan waktu tiga malam hingga bayi dapat membiasakan diri tertidur dengan cara ini.

3. Tahap kedua

3. Tahap kedua
Freepik/comp

Ketika bayi sudah mulai terbiasa dengan tahap awal, mulailah mengurangi waktu mama untuk mengelus atau menepuk bayi sampai tertidur secara bertahap.

Intinya adalah agar bayi belajar untuk dapat tertidur kembali hanya dengan keberadaan mama yang duduk atau berbaring dengan tenang di samping mereka, tanpa menyentuh. Ulangi tahap ini setiap kali mereka tiba-tiba terbangun.

4. Tahap ketiga

4. Tahap ketiga
Pixabay/BellamiPhotography

Apabila si Kecil sudah beradaptasi untuk tidur dengan minimum atau tanpa sentuhan mama sama sekali, pindahkan matras atau kursi yang biasa Mama taruh di sampingnya menjauh hingga 50cm. Duduklah disana dengan tenang sampai bayi tertidur.

Kembalikan matras atau kursi pada posisi awal apabila si Kecil terbangun tiba-tiba dan tetaplah disana sampai si Kecil tertidur kembali.

5. Tahap lanjutan

5. Tahap lanjutan
Pixabay/PublicDomainPictures

Lakukan tahap ketiga selama beberapa minggu, sesuai dengan tingkat toleransi bayi. Pindahkan posisi matras dan kursi semakin menjauh dari tempat tidur bayi, hingga ke luar ruangan.

Sepanjang proses, yakinkan bahwa Mama tidak akan meninggalkan bayi sampai ia tertidur, tapi usahakan untuk tidak berinteraksi terlalu banyak. Pastikan siapapun yang bertugas menidurkan bayi melakukan metode yang sama dengan suasana kamar yang tenang dan pencahayaan yang redup.

Meski proses adaptasi bayi berbeda-beda, metode camping out untuk membiasakan bayi tidur sendiri ini umumnya berhasil apabila dilakukan konsisten selama 2-3 minggu. Tidak menutup kemungkinan metode ini berhasil untuk beberapa hari sebelum bayi kembali pada kebiasaan lama. Tidak perlu terburu-buru, karena kunci keberhasilan metode ini adalah dengan tetap konsisten. Selamat mencoba, Ma!

Baca juga:

Tanya Ahli

Mulai konsultasi seputar parenting yuk!

Hai Ma, mama mulai bisa bertanya dan berbagi pengalaman dengan ahli parenting.