Jangan Panik! Ini Pertolongan Pertama Luka Bakar pada Bayi

6 langkah sederhana untuk menolong si Kecil yang terkena luka bakar

24 Agustus 2021

Jangan Panik Ini Pertolongan Pertama Luka Bakar Bayi
Pixabay/amandacatherine

Luka bakar yang tidak segera ditangani dapat menjadi semakin parah atau meninggalkan bekas pada kulit yang sulit untuk hilang. Satu hal yang pasti, siapapun yang terkena luka bakar pasti merasa sangat kesakitan, apalagi bayi.

Jika si Kecil terkena api, benda panas atau air panas di bagian kecil tubuhnya jangan panik. Segera tenangkan diri dan lakukan pertolongan pertama dengan enam langkah sederhana untuk merawat luka bakar bayi. Apa saja yang perlu dilakukan? Baca selengkapnya dalam artikel Popmama.com berikut ini mengenai pertolongan pertama luka bakar pada bayi.

1. Amankan bayi

1. Amankan bayi
Freepik/shurkin_son

Hal pertama yang perlu dilakukan adalah mengamankan area sekitar bayi dan menjauhkannya dari pemicu luka. Pindahkan bayi ke tempat yang lebih aman dan tenangkan.

Sangat normal bagi bayi untuk menangis kencang karena panik dan kesakitan. Jangan terbawa panik, Mama harus lebih tenang dan fokus untuk segera merawat luka bayi.

2. Bersihkan area luka

2. Bersihkan area luka
Pexels/wildlittlethingsphoto

Agar dapat ditangani seluruhnya, pastikan area yang terkena luka bakar terlihat jelas dan tidak tertutupi pakaian atau aksesoris apapun. Jika ada bagian tubuh yang lecet, biarkan saja untuk sementara dan fokus pada penanganan luka bakar terlebih dahulu.

Editors' Picks

3. Alirkan air dingin

3. Alirkan air dingin
Pixabay/drfuenteshernandez

Siram luka bakar dengan air bersuhu dingin yang mengalir selama 20 menit. Jika bayi rewel atau kedinginan, hentikan aliran air setiap beberapa menit sekali dan ulangi hingga tiga jam ke depan.

Ingat, yang menjadi prioritas adalah mendinginkan area yang terkena luka bakar saja, bukan seluruh tubuh si Kecil. Jika Mama sudah menyirami air dingin selama 20 menit, segera berhenti untuk mencegah bayi terkena hipotermia karena kedinginan.

4. Hindari memberi macam-macam produk

4. Hindari memberi macam-macam produk
Freepik/freepik

Jangan balurkan es batu, air es, krim pelembap, minyak, salep, mentega, losion, atau produk lainnya dulu pada area yang baru saja terkena luka bakar untuk mencegah kondisi semakin parah. Tunggu luka bakar mereda dan konsultasi ke dokter terlebih dahulu sebelum memberikan produk apapun.

5. Bungkus area yang terbakar

5. Bungkus area terbakar
Pexels/AnnaShvets

Terakhir, tutup luka bakar dengan bungkusan yang longgar, ringan dan tidak lengket seperti kantong plastik dan pastikan area yang terbakar tidak tertekan untuk mencegah pembengkakan dan mengurangi rasa sakit.

6. Bawa ke rumah sakit

6. Bawa ke rumah sakit
Freepik/rawpixel.com

Segera larikan ke rumah sakit jika bayi terkena luka bakar pada bagian wajah, area saluran pernapasan, kemaluan, seluruh tangan, atau jika ukuran luka bakar lebih besar dari ukuran tangan bayi. Hal tersebut guna mencegah infeksi yang parah akibat luka bakar yang dialami si Kecil.

Itu dia enam pertolongan pertama luka bakar pada bayi yang bisa Mama lakukan. Ingat, jangan panik dan fokus saja untuk meringankan rasa sakit. Semoga informasi ini membantu!

Baca juga:

Tanya Ahli

Mulai konsultasi seputar parenting yuk!

Hai Ma, mama mulai bisa bertanya dan berbagi pengalaman dengan ahli parenting.

Mama CerdAZ

Ikon Mama CerdAZ

Panduan kehamilan mingguan untuk Mama/Ibu, lengkap dengan artikel dan perhitungan perencanaan persalinan

Cari tahu yuk