TUTUP
SCROLL UNTUK MELANJUTKAN MEMBACA

Si Kecil Menunjukkan Gejala Masuk Angin? Lakukan 5 Hal Ini!

Lima cara alami mengatasi masuk angin pada bayi

30 Januari 2021

Si Kecil Menunjukkan Gejala Masuk Angin Lakukan 5 Hal Ini
Freepik/Cookie Studio

Perhatikan ketika bayi mulai rewel setiap selesai sesi menyusu, bisa jadi udara yang tertelan selama menyusu menimbun gelembung gas di perutnya! Meski terlihat sepele, kumpulan gas di perut bayi sangat mudah membuatnya merasa tidak nyaman, kesakitan, dan kesal.

Jangan khawatir, Mama bisa melakukan metode alami efektif ini di rumah untuk mengatasi masuk angin pada bayi. Simak informasi Popmama.com berikut ini ya!

1. Menjaga makan

1. Menjaga makan
Freepik/Jcomp

Mencegah selalu lebih baik dari pada mengobati. Setiap kali bayi menangis sebelum atau selama menyusui, dia akan menelan udara berlebih yang akan membuat gelembung gas terkumpul di perutnya. Pastikan Mama memberi makan bayi saat dia berada dalam kedaaan tenang, ya.

Selain itu, bayi juga dapat menimbun gas di dalam perutnya jika enzim dari makanan yang mengandung gas ditransfer melalui ASI. Coba kurangi kacang-kacangan dan kembang kol serta makanan lainnya yang dapat memicu gas dari menu makanan mama.

Editors' Picks

2. Pijatan lembut

2. Pijatan lembut
Freepik/a3pfamily

Pencernaan bayi yang belum sempurna akan terdampak dengan angin yang tertelan, membuatnya terperangkap dalam bentuk gelembung di perut bayi. Coba lakukan pijatan lembut padanya selama 15 menit!

Pijatan pada perut bayi dapat membantu meredakan nyeri karena gas. Letakkan dua jari di bawah pusar bayi dan tekan perlahan ke arah bawah. Kemudian tahan selama tiga sampai lima detik sebelum melepaskan tekanan. Hindari menekan terlalu keras ya, Ma!

3. Buat bayi bersendawa dengan benar

3. Buat bayi bersendawa benar
Freepik/shurkin_son

Memberi bayi mama waktu untuk bersendawa setelah menyusu dapat membantu mengeluarkan udara berlebih melalui mulut sebelum terperangkap dalam sistem pencernaan.

Sering-seringlah beristirahat dalam sesi menyusui untuk menepuk punggungnya dengan lembut sampai dia bersendawa dan kemudian mulai menyusu kembali.

4. Hangatkan tubuhnya

4. Hangatkan tubuhnya
Unsplash/KhoaPham

Ketika si Kecil masuk angin, sangat penting untuk menghangatkan tubuhnya dan membuatnya lebih rileks. Mama bisa mencoba mengusap hingga memandikan bayi dengan air hangat.

Cara lain yang bisa Mama lakukan adalah dengan membalurkan minyak telon atau baby oil ke tubuh bayi, terutama di area perut dan punggungnya.

Apabila si Kecil tetap menunjukkan ketidaknyamanan dan gejala masuk angin tak kunjung membaik, jangan ragu untuk segera periksakan kondisinya ke dokter kepercayaan mama, ya!

Semoga cara alami mengatasi masuk angin pada bayi tadi bisa bermanfaat ya, Ma.

Baca juga:

Tanya Ahli

Mulai konsultasi seputar parenting yuk!

Hai Ma, mama mulai bisa bertanya dan berbagi pengalaman dengan ahli parenting.

Mama CerdAZ

Ikon Mama CerdAZ

Panduan kehamilan mingguan untuk Mama/Ibu, lengkap dengan artikel dan perhitungan perencanaan persalinan

Cari tahu yuk