Mengandung Racun, Ini 7 Tanaman yang Berbahaya bagi Si Kecil

Bayi senang bermain di kebun atau taman? Waspadai 7 tanaman ini, Ma!

9 Agustus 2021

Mengandung Racun, Ini 7 Tanaman Berbahaya bagi Si Kecil
Pexels/LauraGarcia

Kebun atau taman adalah tempat yang menyenangkan dan menarik bagi bayi untuk ekplorasi dan bermain. Tapi tidak semua kebun atau taman dibuat dengan mempertimbangkan keamanannya untuk anak-anak dan bayi.

Penting bagi Mama untuk menjaga bayi tetap aman selama bermain di taman atau kebun dengan mengetahui jenis-jenis tanaman yang berbahaya dan harus dijauhi dari jangkauan si Kecil.

Apa saja tujuh jenis tanaman berbahaya untuk bayi yang harus dihindari tersebut? Yuk, cari tahu dalam artikel Popmama.com berikut ini!

1. Daun Bahagia

1. Daun Bahagia
Instagram.com/piep.co
dumb cane

Tanaman dengan nama latin Dieffenbachia yang kerap dikenal juga sebagai Dumb Cane atau Sri Rejeki ini banyak ditemui di kebun rumah karena corak cantik pada daunnya yang lebar. Memakan daun ini dapat mengiritasi mulut dan menyebabkan bengkak.

Untuk itu, Mama hanya perlu waspada agar si Kecil tidak memakan atau mendekatkan mulutnya pada tanaman ini, ya.

2. Bunga Trompet

2. Bunga Trompet
Instagram.com/sarehs_photography
Bunga trompet

Jangan terkecoh dengan keunikan bunganya yang menyerupai trompet, seluruh bagian dari tanaman ini mulai dari biji, nektar, hingga bunganya sangat beracun. Mama sangat disarankan untuk tidak membiarkan si Kecil bermain di area dekat tanaman ini.

Editors' Picks

3. Jamur Payung

3. Jamur Payung
Instagram.com/aussiebushguide

Terdapat sangat banyak jenis jamur yang beracun seperti jenis Jamur Galerina dan Jamur Amanita. Meski lebih sering ditemui di kebun luas atau hutan, Mama tetap harus waspada agar bayi tidak melakukan kontak dengan tanaman beracun kecil yang satu ini.

4. Kala Lili

4. Kala Lili
Instagram.com/the_pond_guys
bunga kala lili

Waspadai si Putih yang umumnya ditemui di dekat area kolam ini, Ma. Pasalnya, tanaman berbunga cantik ini dapat menyebabkan iritasi dan rasa sakit luar biasa pada mulut jika dikunyah.

Pastikan si Kecil tidak kontak dekat apalagi sampai memakan bunga ini, ya!

5. Pohon Rhus

5. Pohon Rhus
Instagram.com/fastdeckhb
pohon rhus poison ivy

Pohon Rhus atau yang populer dengan sebutan Poison Ivy ini sangat berbahaya bagi anak-anak maupun orang dewasa. Kontak dengan tanaman ini dapat memicu reaksi alergi berat seperti ruam, kemerahan, gatal, hingga kulit melepuh selama seminggu atau lebih.

Sangat disarankan untuk tidak membiarkan buah hati bermain di area tanaman ini.

6. Kaktus

6. Kaktus
Instagram.com/_green.guy

Tanaman kaktus sangat menarik bagi anak-anak karena beragam bentuk dan warnanya yang unik. Namun karakter tanaman kaktus yang cenderung tajam berpotensi melukai dengan menggores, menusuk, atau mencolok bagian tubuh si Kecil.

Mama perlu memberi penjagaan ekstra jika membiarkan si Kecil bermain di area sekitar kaktus.

7. Pohon Cabai

7. Pohon Cabai
Instagram.com/greenplantsnorway

Pohon cabai menjadi berbahaya jika si Kecil memakan cabainya atau menyentuh area vital seperti mata setelah memegang cabai dari pohon. Tetap waspada dan pastikan untuk membersihkan tangan bayi setelah bermain di area dekat tanaman ini ya, Ma.

Itulah tujuh tanaman yang berbahaya untuk bayi. Pastikan Mama mencegah si Kecil agar tidak bermain dekat tanaman-tanaman tersebut. Jangan lupa untuk selalu menjaga kebersihan mama dan buah hati setiap sebelum dan sesudah bermain di area kebun atau taman.

Baca juga:

Tanya Ahli

Mulai konsultasi seputar parenting yuk!

Hai Ma, mama mulai bisa bertanya dan berbagi pengalaman dengan ahli parenting.