Nutrisi yang Berlimpah, Ketahui Ikan yang Bagus untuk Bayi 9 Bulan

Pilihlah ikan yang sesuai untuk si Kecil ya, Ma

24 Juni 2021

Nutrisi Berlimpah, Ketahui Ikan Bagus Bayi 9 Bulan
Unsplash/Dean Gonsalves

Ikan sebagai sumber protein hewani menjadi pilihan yang tepat jika ingin dikonsumsi oleh si Kecil. Kandungan nutrisi yang ada di dalam ikan juga sangat banyak, salah satunya adalah asam lemak omega-3, vitamin, mineral, dan zat besi yang bermanfaat untuk perkembangan otak, penglihatan anak, dan sistem saraf. 

Memasuki usia sembilan bulan, si Kecil sudah dapat diberikan MPASI dan Mama juga harus pintar-pintar memilih bahan makanan yang bisa memenuhi kebutuhan si Kecil. Banyak sekali macam-macam ikan yang bisa dikonsumsi oleh bayi, namun pilihlah yang terbaik ya, Ma. 

Yuk, Ma ketahui macam-macam ikan yang bagus untuk bayi sembilan bulan, yang Popmama.com telah rangkum dari berbagai sumber. 

Disimak, yuk Ma

1. Ikan salmon untuk daya ingat dan fungsi otak

1. Ikan salmon daya ingat fungsi otak
Rawpixel/Jakub Kapusnak

Ikan salmon dikenal sebagai ikan yang bergizi karena memiliki kandungan omega-3 yang tinggi. Berkat kandungan omega-3 di dalamnya, dapat membantu meningkatkan daya ingat dan fungsi otak. Selain itu, terdapat protein yang dapat membantu menjaga kesehatan tubuh. 

Editors' Picks

2. Ikan dori dengan mineral yang tinggi

2. Ikan dori mineral tinggi
Flickr/lolitadewi

Ikan dori mengandung protein yang tinggi, omega-3, dan EPA yang sangat bermanfaat untuk si Kecil. Selain itu, ikan dori juga mengandung mineral yang tinggi seperti vitamin D, vitamin B kompleks, fosfor, kalium, kalsium, zat besi, asam folat, zink, selenium, dan mangan. Dari kandungan yang banyak tersebut, dapat membantu pertumbuhan sel-sel otak dan kecerdasan si Kecil.

3. Ikan kembung yang ramah dikantong

3. Ikan kembung ramah dikantong
fitco.id

Ikan kembung merupakan ikan lokal yang dapat dikonsumsi oleh si Kecil juga, lho. Ikan kembung juga mengandung omega-3 dan DHA. Dengan harga yang ramah dikantong, ikan kembung juga kaya akan vitamin A, vitamin B1, vitamin D, vitamin E, vitamin C, kalsium, zat besi, dan fosfor. 

4. Ikan nila untuk kesehatan otak anak

4. Ikan nila kesehatan otak anak
Unsplash/azees math

Ikan nila juga mudah untuk ditemukan di pasaran. Di dalam ikan nila terdapat kandungan protein dan fosfor yang baik untuk si Kecil. Selain itu, terdapat juga protein, vitamin, asam lemak dan mineral. Ikan nila juga dapat menjaga kesehatan otak dan pencernaan anak. 

5. Ikan tongkol untuk daya tahan tubuh anak

5. Ikan tongkol daya tahan tubuh anak
grocerhelper.com

Selain ikan nila, ikan tongkol juga mudah untuk ditemukan di pasaran dengan harga yang cukup terjangkau. Namun tidak berarti kandungan yang ada di dalam ikan tongkol juga tidak ada, ikan tongkol kaya akan kalsium, protein, zat besi, vitamin A, dan vitamin C. Selain itu, ikan tongkol juga mengandung asam lemak omega-3 yang baik untuk perkembangan otak bayi. Manfaat lainnya adalah untuk menjaga kesehatan jantung dan menambah daya tahan tubuh. 

Itu dia kelima macam ikan yang bagus untuk bayi sembilan bulan. Mama bisa memberikannya sebagai MPASI sehari-hari. Semoga informasi ini bermanfaat ya, Ma!

Baca juga:

Tanya Ahli

Mulai konsultasi seputar parenting yuk!

Hai Ma, mama mulai bisa bertanya dan berbagi pengalaman dengan ahli parenting.