The Power of Bonding: Lakukan 5 Stimulasi Ini Bersama Si Kecil Ma

Terutama saat si Kecil newborn hingga toddler, Ma!

21 Mei 2021

The Power of Bonding Lakukan 5 Stimulasi Ini Bersama Si Kecil Ma
Shutterstock/Cat Box

Membangun bonding atau ikatan dengan si Kecil sangat perlu dilakukan ya, Ma. Menurut John Bowlby dengan teorinya mengenai attachment behavior mengatakan bahwa perilaku yang menyebabkan seseorang dekat dengan individu tertentu secara mencolok ditemui pada periode awal kehidupan, terutama pada 9 bulan pertama hingga usia 3 tahun.

Inilah kesempatan emas Mama untuk bonding dengan si Kecil sejak dini, agar tumbuh kembangnya semakin optimal. Mulai dari masa newborn, infant, hingga toddler. Caranya mudah kok, ikuti langkah berikut ini ya Ma!

1. Lakukan skin-to-skin sesering mungkin

1. Lakukan skin-to-skin sesering mungkin
Shutterstock/ucchie79

Skin-to-skin contact merupakan bagian penting dari Unicef UK Baby Friendly Initiative Standart. Dikutip dari website resminya, stimulasi ini dapat membantu bayi untuk menyesuaikan diri dengan kehidupan di luar rahim dan sangat penting untuk mendukung Mama untuk mulai menyusui serta mengembangkan hubungan yang dekat dan penuh kasih dengan si Kecil.

2. Sering berkontak mata dengan si Kecil

2. Sering berkontak mata si Kecil
Shutterstock/Hananeko_Studio

Melakukan kontak mata dengan si Kecil memang hal yang sederhana, Ma. Namun, aktivitas ini punya banyak sekali manfaat. Meningkatkan kemampuan berkomunikasi, meningkatkan hubungan emosional antara Mama dan si Kecil, serta dapat meningkatkan proses belajarnya. Oh iya, saat si Kecil sedang melakukan kontak mata, Mama bisa lakukan stimulasi dengan tersenyum, bernyanyi atau bercerita ya.

Editors' Picks

3. Melakukan pijatan saat si Kecil mandi

3. Melakukan pijatan saat si Kecil mandi
Shutterstock/Odua Images

Menurut dr. Fitri Hartanto, SpA(K), Ketua Penyusun Modul Pelatihan Stimulasi Pijat Bayi dari IDAI menjelaskan bahwa waktu yang tepat bagi Si Kecil untuk melakukan pijat yakni ketika senang, tidak menolak saat mau dipijat hingga dalam keadaan sehat.

Salah satunya, bisa Mama lakukan saat memandikan si Kecil. Hal ini akan memberikannya efek rileks. Hal yang perlu Mama perhatikan adalah pijatan tidak perlu dengan tekanan. Cukup berupa usapan atau sentuhan lembut yang bisa Mama mulai dari badan hingga kaki si Kecil.

The Power of Bonding Lakukan 5 Stimulasi Ini Bersama Si Kecil Ma
Instagram/cussonsbabyid

Nah, pastikan juga Mama menggunakan produk Cussons Baby Mild & Gentle - Hair & Body Wash yang dapat membersihkan dan melembabkan rambut dan badan si Kecil, dari kepala sampai ke kaki, dengan wangi khas bayi yang lembut. Diperkaya dengan 10x pelembap, honey & chamomile untuk menutrisi dan melembapkan kulit si Kecil. 

Selain itu, produk ini punya pH Seimbang dan lulus uji dokter kulit, jadi aman untuk kulit si Kecil. Ingat Ma, setiap bayi membutuhkan produk perawatan kulit yang sesuai dengan tahap perkembangan usianya, karena Cussons Baby ahli yang mengerti kulit bayi di tiap tahapnya.

4. Ajak si Kecil ngobrol dengan lembut

4. Ajak si Kecil ngobrol lembut
Shutterstock/Makistock

Menurut psikolog, director dan founder Perth Psychology Collective, Kristin Bouse mengatakan bahwa secara alami, cara bicara yang lembut dan hangat memang lebih disukai bayi. Ketika diajak ngobrol dengan cara ini, bayi bisa merasa aman dan tenang. Mengobrol, bernyanyi, bermain, berpelukan, menggelitik, menyentuh, dan memijat adalah cara yang baik untuk terhubung dan berkomunikasi dengan bayi juga, Ma

5. Tidur di dekat si Kecil

5. Tidur dekat si Kecil
Shutterstock/Kdonmuang

Langkah selanjutnya, pastikan Mama selalu ada didekat si Kecil sebelum tidur dan saat bangun. Sebab, hal ini akan membuat si Kecil merasa tetap dekat dan aman selama ada Mama di sampingnya. Sebelum si Kecil tidur, Mama bisa bacakan dongeng sambil mengusap lembut kepalanya. Dan setelah ia bangun, Mama bisa berikan pelukan dan ciuman hangat.

Semakin berkembangnya ilmu pengetahuan dan ilmu parenting, Mama bisa pelajari aktivitas bonding lainnya juga ya! (WEB)

Tanya Ahli

Mulai konsultasi seputar parenting yuk!

Hai Ma, mama mulai bisa bertanya dan berbagi pengalaman dengan ahli parenting.