Proses Pertumbuhan Gigi Bayi, Ada Berapa Banyak di Usia 1 Tahun?

Jangan panik dulu jika gigi bayi lambat tumbuh

21 Juni 2019

Proses Pertumbuhan Gigi Bayi, Ada Berapa Banyak Usia 1 Tahun
rawpixel.com

Mengikuti tumbuh kembang anak sejak hari pertama kelahirannya tentu sangat menyenangkan ya, Ma? Ada banyak hal yang bikin takjub, bagaimana mereka mulai membuka mata, mengembangkan senyum, memiringkan badan, tengkurap, merangkak, dan tentu saja saat bayi tumbuh gigi.

Mama pasti menunggu hal-hal baru dari si kecil setiap harinya. Tak jarang Mama juga panik saat bayi belum menunjukkan tanda-tanda perkembangan seperti pada umumnya. Pun untuk pertumbuhan gigi, kira-kira seperti apa sih prosesnya? Agar tak panik, Popmama.com beri gambaran berikut.

Gigi seri tengah bawah tumbuh di bulan ke-6

Gigi seri tengah bawah tumbuh bulan ke-6
Pexels.com/Craig Adderley

Tahap demi tahap, gigi susu tumbuh dimulai dari usia bayi 6 bulan. Yang pertama terlihat, biasanya gigi depan tengah bagian bawah atau yang disebut gigi seri sentral. Pada umumnya, dua gigi ini bisa tumbuh bersama-sama, atau kadang salah satunya lebih lambat. 

Nah, jika di usia 6 bulan si kecil belum ada tanda-tanda tumbuh gigi seri tengah sama sekali, jangan khawatir, Ma. Gigi depan bagian bawah ini biasanya tumbuh di rentang usia 6 hingga 10 bulan. So, Mama tak perlu panik, karena masih ada 4 bulan lagi.

Gigi seri tengah atas tumbuh di bulan ke-8

Gigi seri tengah atas tumbuh bulan ke-8
Pixabay

Setelah gigi seri tengah bawah tumbuh, biasanya akan diikuti pertumbuhkan gigi seri tengah bagian atas. Sama seperti sebelumnya, Mama juga tak perlu panik jika sampai di usia 8 bulan si Kecil belum tumbuh gigi bagian ini, karena rentang waktu tumbuhnya sampai 12 bulan.

Editors' Picks

Gigi seri lateral atas tumbuh di bulan ke-9

Gigi seri lateral atas tumbuh bulan ke-9
Pexels.com/Hasan Albari

Letak gigi seri lateral ini tepat di sebelah gigi seri tengah. Sesuai urutannya, gigi bagian ini tumbuh setelah gigi tengah tumbuh terlebih dahulu. Pada umumnya, gigi seri lateral bagian atas tumbuh di usia bayi 9 bulan. Namun pertumbuhannya bisa terlambat sampai bulan ke-13.

Gigi seri lateral bawah tumbuh di bulan ke-10

Gigi seri lateral bawah tumbuh bulan ke-10
Pexels.com/Pixabay

Tidak seperti gigi seri tengah, gigi seri lateral memang tumbuh bagian atas terlebih dahulu. Setelah itu, baru disusul gigi seri lateral bagian bawah yang seharusnya tumbuh di usia bayi 10 bulan. Untuk toleransi keterlambatan, Mama bisa menunggu sampai bulan ke-16.

Gigi bayi bulan ke-12

Gigi bayi bulan ke-12
parents.com

Merunut proses pertumbuhan gigi susu pada bayi seperti di atas, maka seharusnya ada 4 gigi yang sudah tumbuh di usia pertama si Kecil nih, Ma. Namun seperti yang juga sudah dijelaskan di atas, setiap gigi punya toleransi keterlambatan tumbuh. So, Mama tak perlu panik, ya.

Nah, jika sampai usia 16 bulan nanti gigi si Kecil masih belum genap 4 buah, Mama bisa langsung saja konsultasi dengan dokter anak. Atau sebelum keterlambatan itu terjadi, Mama bisa mencari tahu dan mempelajari cara merangsang pertumbuhan gigi bayi lebih dulu.

Baca Juga:

Berlangganan Newsletter?

Mau dapat lebih banyak informasi seputar parenting?
Daftar sekarang!

;