4 Alasan Kenapa MPASI Penting Bagi Bayi, Kapan Diberikannya?

ASI eksklusif saja tidak cukup

24 Juli 2019

4 Alasan Kenapa MPASI Penting Bagi Bayi, Kapan Diberikannya
Shutterstock/Oksana Kuzmina

Makanan pendamping ASI atau MPASI sering menjadi kebingungan tersendiri bagi para Mama muda. Banyak Mama yang belum tahu lebih lengkap tentang makanan untuk bayi ini. Padahal pemberian MPASI ini penting banget buat bayi yang tengah dalam masa pertumbuhan. Buat Mama dan calon Mama yang masih bingung soal MPASI, yuk simak fakta-faktanya berikut ini.

1. Kapan saat yang tepat memberikan MPASI?

1. Kapan saat tepat memberikan MPASI
Shutterstock/Antonyshyn Anna

MPASI sangat penting bagi tumbuh kembang bayi sehat lho ma. Namun pemberian MPASI ini harus sesuai dengan jadwal yang ditentukan, dan diberikan secara bertahap. Kenapa? Rupanya, pemberian makanan pendamping yang yang terlalu cepat atau lambat bisa menimbulkan masalah kesehatan pada bayi. Lalu kapan waktu yang tepat bagi bayi untuk diberikan MPASI? 

Menurut Kanya Fidzuno, Sp.A, dokter spesialis anak, menjelaskan bahwa waktu yang tepat untuk memberikan MPASI pada bayi adalah pada usia 6 bulan, hal ini diikuti dengan pemberian ASI hingga usia 2 tahun. Pemberian MPASI ini untuk memenuhi kekurangan energi, dan gizi lainnya pada bayi. Zat gizi tersebut didapat dari MPASI karena tidak terdapat pada ASI yang diberikan Mama. Dikutip dari Hello Sehat, pemberian MPASI sebaiknya disesuaikan dengan kebutuhan nutrisi, kemampuan, serta kesiapan organ bayi untuk menerima makanan tambahan. Terlalu cepat atau lambat bisa memberikan efek yang kurang diinginkan bagi kesehatan bayi.

2. Bagaimana cara memberikan MPASI?

2. Bagaimana cara memberikan MPASI
Shutterstock/Romanova Anna

Tapi Mama bingung bagaimana cara memberikan MPASI yang baik? Balik lagi nih ma, semua disesuaikan pada usia bayi. Jika usia bayi 6-8 bulan, MPASI bisa diberikan 2-3 kali sehari, dengan makanan selingan 1-2 kali. Disarankan Mama menggunakan bahan-bahan yang lembut dan mudah dicerna oleh bayi.

3. Harusnya hanya menggunakan satu bahan saja, benarkah?

3. Harus ha menggunakan satu bahan saja, benarkah
Shutterstock/FamVeld

Selama ini Mama fokus memberikan MPASI dengan menggunakan satu bahan saja? Ternyata itu salah lho ma. Menurut dr. Kanya Fidzuno Sp.A, dalam acara Promina Homemade Cooking Class menjelaskan bahwa memberikan satu menu tunggal ternyata tidak pernah direkomendasikan oleh WHO (World Health Organization). Mama bisa memberikan MPASI yang berasal dari berbagai bahan untuk memenuhi gizi pada bayi, yang penting dihaluskan hingga lembut dan mudah dicerna ya ma.

Editors' Picks

4. Menu MPASI yang cocok untuk anak

4. Menu MPASI cocok anak
Shutterstock/Oksana Kuzmina

Lalu kira-kira menu apa yang cocok untuk bayi ya? Semua disesuaikan dengan pencernaan bayi Mama ya. Jika pencernaan bayi sudah lebih kuat, Mama bisa mencoba memberikan makanan seperti bubur saring nasi tim, biskuit, atau finger foods. Tapi Mama masih bingung bagaimana mengolahnya? Mama bisa mencoba bubur bayi pabrikan kok. Pemberian MPASI pabrikan ternyata direkomendasikan pula oleh dokter spesialis anak, Kanya Fidzuno, Sp.A dalam acara 'Solusi Simpel Masak MPASI' oleh Promina di Almond Zucchini Cooking Studio, Jakarta, Minggu (14/7/2019).

4 Alasan Kenapa MPASI Penting Bagi Bayi, Kapan Diberikannya
Popmama/Tisa Ajeng

"Kadang-kadang dalam mengolah makanan itu Mama masih suka kebingungan, seberapa jumlah daging, hati, sayuran yang harus masuk. Sudah balance kah, atau terlalu banyak sayur, atau apa kadang kita suka miss disitu. Jadi, kadang-kadang nutrisi yang kita berikan justru tidak seimbang. Nah, disitulah ada yang namanya MPASI pabrikan yang melengkapi," jelas Kanya.

4 Alasan Kenapa MPASI Penting Bagi Bayi, Kapan Diberikannya
Popmama/Tisa Ajeng

Popmama merekomendasikan Promina Homemade. Promina Homemade ini adalah produk bubur MPASI siap masak untuk bayi 8 bulan ke atas. Mama nggak perlu khawatir karena bubur ini bebas MSG dan terdiri dari beras utuh dan sayuran asli. Mama hanya perlu memasaknya selama 10 menit aja. Promina Homemade memiliki dua rasa yang digemari bayi yaitu rasa Salmon Kentang Wortel dan Ayam Brokoli Labu Kuning.

Terdapat kandungan omega 3, omega 6, zat besi, protein, kalsium, 11 vitamin, dan 6 mineral dalam Promina Homemade ini. Jadi sudah pasti dapat melengkapi kebutuhan nutrisi untuk buah hati Mama. Dengan Promina Homemade Mama bisa membuat MPASI bergizi tapi dalam waktu singkat. Untuk info lebih lengkap, Mama bisa cek di sini

Jadi, Mama siap memberikan MPASI untuk Si Kecil?

Tanya Ahli

Mulai konsultasi seputar parenting yuk!

Hai Ma, mama mulai bisa bertanya dan berbagi pengalaman dengan ahli parenting.