TUTUP
SCROLL UNTUK MELANJUTKAN MEMBACA

5 Penyebab Anak Rewel Saat Perjalanan Jauh, Mama Harus Tahu

Nggak sulit kok mengatasi kerewelan anak, Ma

23 Juli 2019

5 Penyebab Anak Rewel Saat Perjalanan Jauh, Mama Harus Tahu
Shutterstock/ucchie79

Namanya anak kecil pasti nggak bisa lepas dari kerewelannya. Apalagi kalau Mama sedang dalam perjalanan jauh dengan bayi yang masih berusia di bawah satu tahun. Pasti ada saja hal yang membuatnya merajuk. Terkadang, ketika anak sedang rewel membuat Mama merasa nggak enak dengan orang lain ya?

Maka dari itu, sebelum Mama berangkat bersama si Kecil, perlu tahu 5 penyebab anak rewel berikut ini ya. 

1. Dia baru saja buang air

1. Dia baru saja buang air
Shutterstock/Nanausop

Di usia yang masih dini, anak belum mampu untuk berkomunikasi lewat bahasa. Sehingga, satu-satunya cara untuk menunjukkan ketidaknyamanannya adalah dengan menangis. Ketika ia baru saja buang air hingga popoknya penuh, pasti timbul ketidaknyamanan yang akan membuatnya rewel. Jadi, kalau si Kecil bisa tiba-tiba rewel, langsung saja cek popoknya deh Ma. Itulah mengapa Mama harus membawa popok cadangan beserta kantong plastik sampah saat bepergian jauh.

Editors' Picks

2. Nggak nyaman selama perjalanan

2. Nggak nyaman selama perjalanan
Shutterstock/Yaoinlove

Saat perjalanan jauh, ada banyak hal yang terjadi. Contohnya apabila Mama traveling dengan pesawat, perbedaan tekanan udara bisa membuat telinga anak sakit. Biasanya inilah yang membuat anak rewel selama penerbangan. Nah, salah satu cara untuk mengatasinya adalah dengan menyusui si Kecil selama penerbangan atau membiarkan ia mengempeng. Kalau si Kecil punya reaksi alergi atau flu, coba konsultasikan dulu ke dokter apakah si Kecil membutuhkan obat untuk meredakan sumbatan di hidungnya. 

Nah, kalau Mama bepergian dengan moda transportasi darat, rasa gerah juga bisa membuat anak rewel lho. Coba gunakan kipas elektrik yang praktis untuk mengatasi rasa gerah dan sesekali mengubah posisi duduk atau tidur anak supaya nggak timbul ruam.

3. Kelaparan

3. Kelaparan
Shutterstock/Natee K Jindakum

Anak juga akan rewel ketika ia merasa lapar. Nah, itulah mengapa Mama harus siapkan cemilan untuk mengganjal rasa lapar anak. Tapi sebaiknya jangan sembarang cemilan ya Ma. Salah-salah, nanti malah bikin anak tambah rewel lagi. Siapkan saja cemilan lezat yang juga bisa sebagai tambahan #MPASI. Contohnya, seperti NUTRIPUFFS dari CERELAC.

Dengan empat pilihan rasa lezat seperti Banana & Strawberry, Banana & Orange, dan dua rasa baru: Spinach & Onion dan Tomato & Onion, CERELAC NUTRIPUFFS sangat cocok untuk jadi cemilan bayi pengusir rasa bosan sekaligus #MPASI6BULAN. Apalagi cemilan ini mudah dipegang oleh si Kecil, terbuat dari gandum utuh dan buah asli, serta tinggi zat besi dan Vitamin B1. Jadi, bukan cuma bisa mengatasi kerewelannya tapi juga bisa jadi sumber nutrisi untuk anak, Ma. Makanya, yuk siapkan CERELAC NUTRIPUFFS ke mana pun Mama bepergian dengan si Kecil. Untuk informasi lebih lengkap soal promo, resep, dan tips soal MPASI dari CERELAC, Mama bisa klik di sini ya. 

4. Ketakutan dengan tempat baru

4. Ketakutan tempat baru
Shutterstock/Comzeal Images

Saat traveling, pasti ada momen di mana si Kecil berada di lingkungan baru. Ketika Mama sekeluarga menginap di hotel, bermain ke pantai, atau pun menaiki wahana atraksi pastilah si Kecil akan merasa ragu terlebih dahulu. Ia juga akan bertemu dengan orang-orang baru yang bisa membuatnya merasa kurang nyaman sendirian. Untuk mengatasinya, Mama nggak boleh jauh-jauh darinya. Selalu dampingi si Kecil sambil memperkenalkan situasi di sekelilingnya. Lama kelamaan, pasti ia akan merasa nyaman di lingkungan baru sehingga nggak rewel lagi. 

5. Bosan selama perjalanan

5. Bosan selama perjalanan
Shutterstock/Yaoinlove

Selama perjalanan, memang nggak banyak yang bisa dilakukan oleh anak. Dengan ruang terbatas, si Kecil jadi nggak bisa bebas bergerak lagi deh. Untuk itu, Mama sebaiknya bawa mainan yang selama ini jadi favoritnya ya. Mama juga bisa sambil menunjukkan pemandangan sepanjang perjalanan. Kalau ini cukup sulit untuk dilakukan, Mama bisa akali dengan memilih jam perjalanan yang sesuai dengan jam tidurnya. Bisa juga dengan mengajak si Kecil main cukup lama sebelum berangkat, sehingga ia bisa terlelap dengan lebih cepat lagi.

Itu dia 5 penyebab anak rewel saat traveling yang perlu Mama ketahui. Dengan cara-cara yang tepat, pasti Mama bisa menjaga mood si Kecil selama perjalanan kok. Jadi, mau ajak si Kecil jalan-jalan ke mana nih Ma? Tenang, kini Mama nggak perlu bingung lagi tentang cara mengatasi kerewelan anak selama traveling, 'kan ada CERELAC. Yuk coba ikuti hashtag #TenangAjaBunda dan #CERELACMamamYuk di media sosial untuk menemukan beragam inspirasi traveling bersama anak. 

Tanya Ahli

Mulai konsultasi seputar parenting yuk!

Hai Ma, mama mulai bisa bertanya dan berbagi pengalaman dengan ahli parenting.

Mama CerdAZ

Ikon Mama CerdAZ

Panduan kehamilan mingguan untuk Mama/Ibu, lengkap dengan artikel dan perhitungan perencanaan persalinan

Cari tahu yuk