9 Rekomendasi Merek Balsam yang Aman untuk Bayi

Agar tubuh si Kecil hangat, pilihlah balsam yang aman dan tepat ya, Ma!

8 Februari 2021

9 Rekomendasi Merek Balsam Aman Bayi
Freepik/shurkin_son

Ketika sedang musim hujan, tubuh si Kecil akan lebih rentan terkena penyakit seperti pilek. Biasanya anak akan lebih rewel saat tubuhnya kurang sehat. Gejala pilek yang dialami si Kecil berupa batuk, bersin, demam, dan sulit tidur.

Saat ini sudah banyak cara yang perlu dilakukan orangtua ketika si Kecil mengalami pilek, salah satunya dengan memberikan balsam ke bagian tertentu agar terasa hangat. Balsam merupakan obat gosok yang sering dipilih oleh orangtua untuk meredakan gejala pilek pada bayi.

Namun, pemberian balsam pada bayi tentunya tidak boleh sembarangan. Hal ini dikarenakan kulit bayi cenderung masih sensitif dan mudah terkena iritasi, serta ruam. Oleh karena itu, Mama perlu memilih balsam bayi yang aman dan tepat.

Berikut ini Popmama.com telah merangkum beberapa rekomendasi merek balsam untuk bayi.

1. Balsam Telon Tresno Joyo

1. Balsam Telon Tresno Joyo
Tokopedia.com

Merek ini tentunya sudah tidak asing lagi karena sudah sejak lama diproduksi oleh Tresno Joyo. Balsam ini sangat populer di kalangan para mama karena dipercaya dapat meredakan gejala pilek dan batuk pada si Kecil.

Aromanya yang khas dan teksturnya yang lembut mampu menghangatkan tubuh si Kecil. Teksturnya yang seperti krim sangat aman untuk tubuh bayi dan tidak menimbulkan iritasi maupun ruam setelah pemakaian.

Balsam ini juga dapat mengobati masuk angin, perut kembung, dan mengurangi rasa gatal akibat terkena serangga. Jika Mama ingin memberikannya pada si Kecil, cukup mengoleskan balsam ini pada area leher, dada, dan punggung sebelum tidur maupun setelah mandi.

Harga balsam telon Tresno Joyo sekitar Rp 20.000 yang dapat dibeli di supermarket terdekat maupun di e-commerce.

2. Bambi Baby Telon Balm

2. Bambi Baby Telon Balm
Tokopedia.com

Cuaca yang dingin akan membuat kulit bayi menjadi kering. Bambi baby telon balm dapat menjaga kelembapan dan kelembutan kulit si Kecil. Balsam ini juga dipercaya bisa melindungi si Kecil dari gigitan serangga, seperti nyamuk.

Selain membuat kulit bayi menjadi lembut, balsam ini bisa menghangatkan tubuh, mengatasi pilek, dan batuk.

Bambi baby telon balm memiliki formula anti-irritant complex yang terdiri dari Licorice, Chamomile Oil and Pro Vitamin B5. Sehingga, kulit si Kecil terhindar dari adanya iritasi setelah memakai produk ini.

Harga bambi baby telon balm sekitar Rp 60.000 yang bisa dibeli di supermarket terdekat maupun di e-commerce.

3. Brauer Baby and Child Chest Rub

3. Brauer Baby and Child Chest Rub
Tokopedia.com

Brauer Baby and Child Chest Rub merupakan produk balsam yang berasal dari negara Australia. Balsam ini sudah dipercaya sejak lama sebagai obat herbal untuk meredakan gejala flu dan batuk bagi si Kecil.

Produk ini tidak mengandung bahan parafin dan paraben. Sehingga, aman untuk digunakan dan bayi akan terhindar dari iritasi.

Balsam dari brauer baby dan child chest rub memang dapat digunakan oleh bayi yang berusia di atas tiga tahun. Namun, untuk pemakaiannya tetap harus konsultasi ke dokter agar aman saat diberikan pada bayi.

Harga Brauer Baby dan Child Chest Rub sekitar Rp 250.000 yang bisa dibeli pada e-commerce.

Editors' Picks

4. Calming Rub Cream

4. Calming Rub Cream
Tokopedia.com

Apakah anak mama pernah mengalami kolik?

Kolik merupakan kondisi dimana si Kecil akan menangis secara terus menerus yang terkadang tidak diketahui penyebabnya. Biasanya bayi akan menangis ketika merasa dirinya tidak nyaman.

Saat si Kecil lapar, haus, gerah, dan badannya gatal tentunya dirinya akan sangat rewel. Kondisi seperti ini dapat dikatakan sebagai kolik.

Jika anak mama mengalami kondisi ini, Mama bisa mengoleskan dan menggosok perutnya secara perlahan dengan menggunakan calming rub cream. Balsam ini dipercaya mampu menghilangkan kolik pada bayi dan tidak menimbulkan iritasi di kulit setelah pemakaian.

Harga Calming Rub Cream sekitar Rp 210.000 yang bisa dibeli di e-commerce.

5. Chiby baby balm

5. Chiby baby balm
Tokopedia.com

Chiby Baby Balm merupakan balsam berbentuk krim yang diproduksi oleh Gelenium Pharmasia Laboratories. Balsam ini dapat membuat penapasan menjadi lega dan mengobati flu yang dialami oleh si Kecil.

Selain itu, Chiby Baby Balm mengandung bahan eucalypol dan chamomile yang mampu menghangatkan tubuh bayi. Kandungan bunga chamomile yang berada di dalam produk ini membuat balsam memiliki aroma menenangkan dan nyaman pada bayi.

Harga Chiby Baby Balm ini sekitar Rp 35.000 yang bisa didapatkan pada e-commerce maupun supermarket terdekat.

6. Kinderen Baby Balsam

6. Kinderen Baby Balsam
Tokopedia.com

Kinderen Baby Balsam merupakan salah satu balsam yang bisa digunakan untuk meredakan gejala perut kembung dan mengurangi rasa gatal akibat serangga. Balsam ini memiliki kandungan eucalyptus oil yang mampu menghangatkan tubuh dan meredakan batuk, serta flu pada bayi.

Kinderen Baby Balsam juga mengandung chamomile yang dapat mengurangi terjadinya iritasi dan kemerahan pada kulit bayi setelah memakainya. Penggunaannya mudah sekali, yaitu usapkan balsam ini ke dada, punggung, dan leher bayi sebanyak 2 hingga 3 kali dalam sehari.

Mama bisa memberikan balsam ini saat menjelang tidur agar tubuhnya hangat dan menjadi nyaman. Namun, hindari terkena area muka karena dapat mengalami iritasi.

Harga Kinderen Baby Balsam ini sekitar Rp 25.000 dan dapat dibeli di supermarket terdekat maupun di e-commerce.

7. Transpulmin Baby Balsam

7. Transpulmin Baby Balsam
Tokopedia.com

Transpulmin Baby Balsam mengandung eucalyptus oil dan ekstrak chamomile yang mampu menghangatkan tubuh si Kecil. Balsam ini juga dapat mengatasi hidung tersumbat, nyeri punggung, dan mengatasi perut kembung.

Transpulmin memiliki dua varian yang berbeda, yaitu transpulmin baby untuk usia 0 hingga 2 tahun dan transpulmin kids untuk anak mulai usia 2 tahun ke atas.

Balsam ini akan menyerap ke kulit secara cepat, sehingga tidak menimbulkan lengket dan berminyak. Aroma yang dikeluarkan dari balsam ini juga tidak menyengat, justru akan membuat tenang.

Pemakaian balsam ini sangat mudah, yaitu cukup menggosokannya ke bagian dada, punggung, dan leher bayi secara perlahan sebanyak 2-4 kali dalam sehari.

Harga Transpulmin Baby sekitar Rp 60.000 yang bisa didapatkan pada e-commerce.

8. Vicks Baby Balsam

8. Vicks Baby Balsam
Tokopedia.com

Vicks Baby Balsam merupakan salah satu merek balsam yang cukup terkenal di kalangan masyarakat. Balsam ini mengandung eucalyptus yang dapat menghangatkan tubuh bayi saat mengalami gejala flu.

Selain itu, Vicks Baby Balsam juga mengandung petroletum dan aloe vera yang mampu melembapkan, serta melembutkan kulit bayi. Adanya kombinasi antara aroma kayu putih, rosemary, dan lavender akan membuat bayi menjadi tenang saat batuk dan flu.

Untuk penggunaannya, Mama dapat mengusapkan balsam ini pada area leher, dada, dan punggung secara perlahan. Mama juga bisa sambil memijitnya dengan pelan untuk meredakan batuk dan flu pada si Kecil.

Harga Vicks Baby Balsam ini sekitar Rp 60.000 dan bisa dibeli di supermarket terdekat ataupun di e-commerce.

9. Zarbee’s Naturals Baby Soothing Chest Rub

9. Zarbee’s Naturals Baby Soothing Chest Rub
Tokopedia.com

Zarbee’s Naturals Baby Soothing Chest Rub merupakan balsem untuk bayi yang digunakan sebagai obat herbal dalam mengatasi batuk dan gejala flu. Balsem ini tidak mengandung zat gluten, laktos, perwarna, dan perasa buatan. Sehingga, balsem zarbee aman untuk digunakan pada bayi usia di bawah satu tahun.

Balsem ini juga tidak mengandung petroleum dan menthol, sehingga bayi terlindungi dari munculnya iritasi pada kulit.

Saat menggunakannya, Mama dapat mengoleskan sekaligus memberi pijatan pelan pada area leher, dada, punggung, dan bawah telapak kaki sebanyak tiga kali dalam sehari.

Harga Zarbee’s Naturals Baby Soothing Chest Rub sekitar Rp 220.000 yang dibeli pada e-commerce.

Itulah sembilan rekomendasi merek balsam untuk bayi yang aman digunakan. Semoga informasi di atas dapat membantu Mama dalam memilih balsam yang tepat untuk si Kecil ya.

Baca juga:

Tanya Ahli

Mulai konsultasi seputar parenting yuk!

Hai Ma, mama mulai bisa bertanya dan berbagi pengalaman dengan ahli parenting.