Mengenal Pigg-O-Stat, X-Ray yang Dirancang Khusus untuk Bayi

Metode ini pernah viral di TikTok, Ma

20 Juni 2022

Mengenal Pigg-O-Stat, X-Ray Dirancang Khusus Bayi
Pinterest

Gambar di atas bukanlah penyiksaan terhadap bayi, ya, Ma. Namun, gambar di atas merupakan bagian prosedur medis untuk bayi yang akan melakukan rontgen.

Pigg-O-Stat adalah alat yang digunakan sejak tahun 1960 oleh profesional medis di seluruh dunia untuk melakukan X-Ray atau mengambil gambar bagian dalam tubuh bayi. Ketika menggunakan alat ini, bayi mama akan dimasukkan ke dalam tabung kaca dengan tangan terangkat.

Cara kerja Pigg-O-Stat ini unik banget lho, Ma. Untuk itu, yuk simak terus artikel dari Popmama.com untuk mengenal Pigg-O-Stat, metode X-Ray yang mengharuskan bayi masuk ke tabung kaca!

Editors' Picks

Apa Itu Pigg-O-Stat dan Fungsinya?

Apa Itu Pigg-O-Stat Fungsinya
Pinterest

Alat Pigg-O-Stat akan membuat bayi mama seperti terperangkap di sebuah tabung kaca. Namun jangan khawatir, sebab cara kerja dari alat rontgen untuk bayi memang seperti itu.

Pigg-O-Stat dirancang guna memposisikan bayi atau anak kecil ketika akan melakukan rontgen tanpa menimbulkan bahaya. Malah, alat ini akan memudahkan dokter melakukan pekerjaannya.

Bayi yang berada di dalam tabung tidak akan bisa bergerak karena ruang sempit dan adanya perlindungan kaca. Kaca tersebut juga berperan untuk melindungi si Bayi dari radiasi sehingga metode Pigg-O-Stat ini sangat aman digunakan.

Setelah mengetahui apa itu Pigg-O-Stat, Mama juga perlu tahu bagaimana cara kerja alat X-Ray yang unik ini. Mari, simak!

Cara Kerja Alat Pigg-O-Stat yang Unik

Cara Kerja Alat Pigg-O-Stat Unik
Pinterest

Beda seperti orang dewasa, bayi terkadang cepat rewel dan tidak bisa diam ketika sesuatu yang asing menempel di tubuhnya. Untuk itu, alat Pigg-O-Stat ini dibuat agar bayi berada di satu posisi tetap ketika melakukan rontgen.

Pigg-O-Stat bukanlah mesin atau teknologi otomatis, sehingga teknisi X-Ray atau dokter memiliki kendali penuh untuk memasukkan bayi mama ke dalam tabung ketika akan menggunakan alat ini.

Metode ini sangat aman dan membuat pekerjaan teknisi X-Ray atau dokter menjadi lebih efisien, sebab si bayi akan terkunci di dalam tabung yang akan meminimalisasi pergerakan.

Pigg-O-Stat yang digunakan untuk anak bayi hingga dua tahun ini memilki cara kerja yang sangat unik. Pertama-tama, teknisi X-Ray akan mempersiapkan alat Pigg-O-Stat dan mempertimbangkan apakah bayi mama akan menggunakan penyangga kecil atau besar.

Kemudian, saatnya menempatkan si bayi ke dalam tabung kaca Pigg-O-Stat. Pantat si Bayi akan didudukkan di kursi Pigg-O-Stat dengan kaki yang menggantung guna mengurangi kemampuan si Bayi untuk bergerak.

Di sini, lengan si Bayi akan diangkat tinggi-tinggi sehingga memperlihatkan posisi yang begitu menggemaskan. Posisi ini dilakukan untuk mencegah lengan si Bayi terekam alat X-Ray, maka dari itu hasil rontgen menggunakan alat Pigg-O-Stat begitu baik dan jelas.

Kemudian, bayi mama akan benar-benar terjebak di dalam tabung kaca ketika penyangga dikunci. Meskipun penyangga tersebut sangat erat ketika mengunci si Bayi, tetapi prosedur ini tidak akan menyebabkan cedera fisik, Ma.

Setelah semua terkunci dengan baik, langkah selanjutnya, yaitu melakukan X-Ray. Citra radiografi yang dihasilkan dengan menggunakan Pigg-O-Stat akan terlihat sempurna, sebab si Bayi tidak bisa melakukan banyak gerakan.

Nah, itu dia hal yang bisa Mama ketahui mengenai Pigg-O-Stat, metode X-Ray yang buat bayi harus masuk ke tabung kaca. Meskipun si Bayi perlu masuk ke dalam tabung kaca, tetapi metode ini nggak berbahaya sama sekali, ya, Ma.

Baca juga:

Tanya Ahli

Mulai konsultasi seputar parenting yuk!

Hai Ma, mama mulai bisa bertanya dan berbagi pengalaman dengan ahli parenting.

Mama CerdAZ

Ikon Mama CerdAZ

Panduan kehamilan mingguan untuk Mama/Ibu, lengkap dengan artikel dan perhitungan perencanaan persalinan

Cari tahu yuk