5 Manfaat Membiarkan Bayi Makan Berantakan, Jangan Dimarahi ya, Ma!

Meski kotor, ternyata bermanfaat juga lho untuk tumbuh kembangnya

7 April 2021

5 Manfaat Membiarkan Bayi Makan Berantakan, Jangan Dimarahi ya, Ma
Freepik/Pressfoto

Ketika bayi sudah memasuki usia sembilan bulan ke atas, umumnya mereka sudah memiliki kemampuan yang lebih kuat dalam menggenggam potongan makanan untuk di makan sendiri tanpa bantuan.

Namun, masih banyak orangtua yang menunda membiarkan bayi mereka makan sendiri lantaran takut kondisi rumah, pakaian, serta alat makan yang digunakan menjadi berantakan. 

Sebab ketika membiarkan si Kecil makan sendiri, tentu Mama sudah terbayang dong, bagaimana noda makanan akan menempel pada baju yang ia kenakan, pada alat makan, lantai, bahkan dinding rumah sekalipun.

Meski membuat kondisi sekitar rumah menjadi berantakan, nyatanya membiarkan anak makan berantakan justru memiliki manfaat tersendiri, Ma. Apa saja ya kira-kira manfaatnya?

Yuk, simak rangkuman yang sudah Popmama.com siapkan berikut ini. Jangan langsung dimarahi ya, Ma!

1. Mengurangi risiko anak suka memilih makanan

1. Mengurangi risiko anak suka memilih makanan
Freepik/senivpetro

Saat anak tumbuh lebih besar, tak jarang mereka akan mulai menjadi seseorang yang pemilih dalam hal makanan. Dengan membiarkan anak makan berantakan, justru ini akan membantu Mama untuk mengurangi risiko anak menjadi pemilih makanan saat sudah besar nanti, Ma.

Editors' Picks

2. Membantu anak agar terbiasa makan sendiri

2. Membantu anak agar terbiasa makan sendiri
Freepik/master1305

Meski makannya menjadi lebih lama, tetapi anak harus dibiasakan makan sendiri sejak usia dini, Ma. Hal ini agar anak terlatih untuk makan sendiri saat besar nanti tanpa perlu bantuan Mama lagi. Jadi, saat anak makan berantakan jangan dimarahi dulu ya, Ma. Justru ini akan membantu anak membiasakan diri untuk makan tanpa disuapi lagi.

3. Belajar mengeksplorasi makanan

3. Belajar mengeksplorasi makanan
Freepik/Gpointstudio

Selain belajar membiasakan diri untuk makan sendiri, anak juga menjadi lebih mengenal beragam jenis makanan yang Mama berikan padanya. Jadi saat anak makan berantakan, itu bisa jadi mereka tengah mengenali jenis makanan yang diberikan, Ma. 

4. Mengembangkan kemampuan motorik halus

4. Mengembangkan kemampuan motorik halus
Freepik/master1305

Makan berantakan juga bermanfaat untuk mengembangkan kemampuan motorik halus si Kecil, Ma. Mereka secara alamiah belajar tentang dunia sekitar melalui sentuhan dan indra perasa. Saat anak makan sendiri, mereka akan menggunakan ujung jari, bibir, serta lidahnya untuk menerima sentuhan tersebut ke otak dan memahami rasa pada makanan tersebut. 

5. Anak lebih menikmati waktu makan

5. Anak lebih menikmati waktu makan
Freepik

Tak hanya orang dewasa, anak-anak pun harus dibiasakan untuk menikmati makanannya. Saat anak makan berantakan, ini akan membuat mereka menjadi lebih menikmati waktu makannya. Meski menjadi lebih lama daripada saat disuapi, tetapi ini akan membuat mereka menghargai makanan dengan menikmatinya.

Nah, itu dia manfaat membiarkan bayi makan berantakan. Tak ada salahnya kok, Ma, sesekali membiarkan anak makan sendiri dan berantakan, justru ini bermanfaat untuk tumbuh kembangnya.

Jadi, mulai sekarang biarkan si Kecil makan berantakan tanpa harus dimarahi ya, Ma.

Baca juga:

Tanya Ahli

Mulai konsultasi seputar parenting yuk!

Hai Ma, mama mulai bisa bertanya dan berbagi pengalaman dengan ahli parenting.