7 Manfaat Timun Suri Untuk Bayi

Bisa mencerdaskan otak si Kecil nih, Ma!

14 Agustus 2019

7 Manfaat Timun Suri Bayi
petaniindo.com

Timun suri, buah yang memiliki bentuk lonjong dan kulitnya berwarna kuning termasuk ke dalam jenis labu-labuan walaupun nama buahnya menggunakan nama timun. Timun suri masih tergolong keluarga dengan buah labu dan melon yang sama memiliki banyak manfaat bila dikonsumsi.

Buah yang ukurannya tidak terlalu besar ini ternyata mengandung beragam nutrisi seperti asam linoleat, fluktosa, vitamin A, vitamin C, kalium, potasium, dan magnesium yang berkhasiat baik untuk tubuh.

Jika pada bulan ramadhan buah ini menjadi primadona siapa saja untuk menu berbuka puasa, ternyata timun suri juga bisa dikonsumsi bayi sebagai tambahan makanan pendamping ASI (MPASI). Tidak hanya orang dewasa, bayi juga bisa mendapatkan manfaat dari buah ini.

Manfaat timun suri untuk bayi apa saja ya, Ma? Berikut Popmama.com telah merangkumnya.

1. Membantu mencerdaskan otak

1. Membantu mencerdaskan otak
Freepik/fwstudio

Selain rasanya yang lezat, bisa membantu mencerdaskan otak juga lho, Ma!

Jika pada ibu hamil dianjurkan mengonsumi buah timun suri untuk mencerdaskan otak janinnya, sama halnya dengan si Kecil ketika sudah lahir dan memasuki usia untuk makan.

Timun suri menjadi salah satu jenis buah yang disarankan sebagai bahan MPASI yang bisa Mama berikan. Dalam timun suri mengandung asam linoleat yang berfungsi dapat membantu mencerdaskan otak si Kecil.

2. Melancarkan pencernaan

2. Melancarkan pencernaan
Freepik/Kwanchaiudom

Jika memasuki waktu MPASI si Kecil mulai mengalami pencernaan yang tidak teratur seperti biasanya, Mama bisa menjadikan timun suri sebagai solusi yang bisa digunakan untuk bahan makanannya.

Mengandung banyak air, timun suri ternyata juga memiliki manfaat untuk memperlancar sistem pencernaan di dalam tubuh. 

3. Baik untuk kesehatan mata

3. Baik kesehatan mata
Freepik.com

Tidak hanya wortel, timun suri juga memiliki kandungan yang serupa dengan wortel nih, Ma!

Jika Mama terbiasa menggunakan wortel yang kaya akan vitamin A sebagai bahan makanan pendamping si Kecil, Mama bisa membuat variasi lain dengan menggunakan timun suri.

Selain baik untuk kesehatan mata, kandungan asam askorbat serta asam caffeic pada timun suri juga dapat mengurangi tingkat ritensi air sehingga sangat pas untuk mengatasi bengkak pada mata.

Editors' Picks

4. Baik untuk kesehatan gigi dan mulut

4. Baik kesehatan gigi mulut
Freepik/Kalinovskiy

Jika si Kecil menderita radang gusi atau sakit gigi, timun suri menjadi pilih terbaik yang bisa Mama berikan. Sama halnya ketika Si Kecil mulai menunjukan akan tumbuh gigi, Mama bisa coba berikannya timun suri yang memiliki manfaat untuk menetralkan PH dalam rongga mulut.

5. Sumber antioksidan

5. Sumber antioksidan
Freepik/Shangarey

Semua orang membutuhkan antioksidan yang berguna untuk melawan dari segala bentuk penyakit yang menyerang, termasuk juga bayi.

Mama bisa memberikan timun suri sebagai sumber antioksidan yang baik untuk tubuh. Kandungan kalium, mangan, magnesium, vitamin A, vitamin B, dan vitamin C sangat baik digunakan oleh tubuh untuk menangkal segala radikal bebas.

6. Memperlebat rambut

6. Memperlebat rambut
Freepik/freepic.diller

Dari usia dini, biasanya orangtua sudah mulai melakukan berbagai cara agar rambut bayi mereka bisa tumbuh dengan lebat.

Jika Mama menginginkan rambut lebat pada si Kecil, mengonsumi timun suri bisa menjadi solusinya. Kandungan silika di dalam timun yang satu ini mampu membuat rambut menjadi indah dan lebat. Selain memperlebat rambut, silika pada timun suri juga bermanfaat untuk mencegah kuku rusak dan pecah-pecah lho, Ma!

7. Menjaga sistem kekebalan tubuh

7. Menjaga sistem kekebalan tubuh
Freepik.com

Setiap orangtua tentu menginginkan kekebalan tubuh yang baik pada anaknya. Sebab dengan kekebalan tubuh yang baik, penyakit pun tidak mudah menyerang.

Jika si Kecil mudah terserang flu atau pilek, mungkin sistem kekebalan tubuhnya menurun. Mama bisa memanfaatkan timun suri sebagai cara untuk meningkatkan sistem kekebalan tubuhnya. Kandungan vitamin C yang terdapat pada timun suri memiliki kadar yang cukup untuk membantu sistem kekebalan tubuh.

Itulah 7 manfaat timun suri yang bisa Mama dapatkan untuk si Kecil. Selain enak dan menyehatkan, ternyata kandungan pada buah ini kaya akan manfaat ya, Ma. Selamat mencoba!

Baca juga: 

Berlangganan Newsletter?

Mau dapat lebih banyak informasi seputar parenting?
Daftar sekarang!

;