5 Kreasi Resep Jeruk Baby untuk MPASI Bayi

Yuk, Ma kreasikan agar si Kecil tidak merasa bosan

29 Agustus 2019

5 Kreasi Resep Jeruk Baby MPASI Bayi
Unsplash/Graphic Node

Momen menyenangkan saat menjadi seorang Mama baru adalah ketika anak mulai diperkenalkan dengan makanan pendamping ASI (MPASI). Dari sinilah seorang Mama bisa mengeluarkan idenya untuk mengkreasikan berbagai jenis makanan sehat untuk MPASI si Kecil.

Tetapi perlu diingat bahwa bayi yang baru saja memulai MPASI memang seharusnya diperkenalkan dengan rasa yang tidak terlalu kuat. Namun, Mama bisa memberikan rasa manis, asam, asin untuk dicobakan padanya sebagai pengenalan berbagai rasa.

Langkah pertama yang bisa Mama lakukan adalah memperkenalkannya dengan buah-buahan, sebab buah adalah salah satu jenis makanan yang mudah dicerna.

Salah satu buah yang biasa dianjurkan pada bayi yang baru memulai MPASI adalah buah jeruk baby. Dari namanya saja sudah menarik perhatian untuk diberikan pada si Kecil ya, Ma?

Tekstur dan rasa jeruk ini dirasa sangat pas untuk lidah bayi yang baru saja mulai mengenal makanan. Terlebih kandungan vitamin C pada jeruk ini cukup tinggi,  sehingga diharapkan bisa menjadi asupan yang menstimulasi daya tahan tubuh. Serta kandungan vitamin B6 yang mampu menjaga tekanan darah agar tetap normal,  juga kandungan antioksidan yang tinggi baik untuk tubuhnya.

Wah selain rasa enak, tentu memiliki banyak manfaat ya, Ma. Nah, untuk memberikan MPASI pada si Kecil dengan bahan jeruk baby, Mama bisa mengkreasikan 5 menu seperti yang sudah Popmama.com rangkum berikut ini.

1. Jeruk baby pasta pepaya

1. Jeruk baby pasta pepaya
Solusisehatku.com

Selain bisa memberikan perasan air jeruk baby langsung pada si Kecil, ada cara lain lho, Ma. Coba campurkan jeruk baby dengan pasta pepaya sebagai MPASI untuknya.

Rasa manis yang segar dari jeruk baby ini memang cocok dipadukan dengan buah pepaya yang legit. Tenang, Ma, paduan kedua bahan ini tentu tidak akan mengganggu perut bayi.

Bahan dan cara membuat:

  • Siapkan 2-3 potong pepaya yang sudah dikupas bersih. 
  • Haluskan dengan blender.
  • Tambahkan air perasan jeruk baby ke dalam pepaya halus.
  • Aduk rata dan siap dinikmati oleh si Kecil.

Kebutuhan serat, vitamin, dan mineral tentunya akan tercukupi dari menu perpaduan kedua bahan ini.

Editors' Picks

2. Jeruk baby kombinasi labu parang

2. Jeruk baby kombinasi labu parang
Mpasi.org

Labu parang dikenal memiliki kandungan karbohidrat yang baik untuk bayi. Selain itu, warna kuning pada labu parang juga mengandung beta karoten yang bagus untuk kesehatan mata si Kecil.

Mama bisa memadukan jeruk baby dengan labu parang. Kombinasi kedua bahan ini sangat bagus untuk membentuk imun tubuh bayi, serta kandungan beta-cryptoxanthin yang bisa menurunkan resiko serangan kanker paru-paru sejak dini.

Bahan dan cara membuat:

  • Kukus 2-3 potong atau setara 50 gram labu parang sampai matang.
  • Haluskan menggunakan blender.
  • Tambahkan air perasan jeruk baby pada labu parang halus.
  • Untuk menambah rasa, Mama juga bisa memberikan sedikit madu. 

Dijamin si Kecil lahap memakannya. Enak, sih!

3. Jeruk baby campuran mangga

3. Jeruk baby campuran mangga
Annabelkarmel.com

Selain jeruk baby, buah mangga juga cukup mudah diberikan pada bayi. Sebab rasanya yang tidak terlalu menyengat serta aromanya yang menyegarkan. Mama bisa mengkombinasi kedua buah ini sebagai MPASI untuk si Kecil.

Bahan dan cara membuat: 

  • Siapkan 2-3 potong mangga yang sudah matang. 
  • Setelah dihaluskan, tambahkan perasan jeruk baby.

MPASI satu ini dijamin bisa menjadi kesukaan si Kecil, karena perpaduan rasa keduanya yang pas sekali di mulut!

4. Bubur pisang jeruk baby

4. Bubur pisang jeruk baby
Epicurious.com

Selain labu parang, pisang juga bisa dijadikan bahan makanan yang mengandung karbohidrat nih, Ma. Selain itu, serat pada buah ini juga bisa melancarkan pencernaannya, serta membuat tulangnya kuat.

Manfaat pisang dan jeruk baby bisa Mama campurkan untuk bahan MPASI si Kecil, lho. Contohnya dengan membuat bubur pisang jeruk baby.

Bahan dan cara membuat:

  • Kerok halus daging buah pisang ambon.
  • Campurkan dengan tepung beras putih dan air.
  • Tambahkan perasan jeruk baby.
  • Aduk rata dan bubur ini siap untuk MPASI si Kecil.

5. Jeruk baby alpukat segar

5. Jeruk baby alpukat segar
Cookpad.com

Tentu Mama sudah mengetahui kandungan alpukat yang baik untuk tubuh. Dalam alpukat terdapat asam lemak omega 3 yang bermanfaat mendukung perkembangan otak bayi. Serta kandungan vitamin C dan K yang baik dan dibutuhkan untuk pertumbuhan, serta perbaikan jaringan tubuhnya.

Perpaduan kedua buah ini juga akan menjadi rasa yang menyegarkan dan nikmat lho, Ma.

Bahan dan cara membuat:

  • Kerok bagian daging buah alpukat.
  • Campur dengan perasan jeruk baby. 
  • Haluskan dengan blender kedua buah ini.
  • MPASI satu ini siap disajikan dan dijamin si Kecil pasti menyukainya!

Mudah sekali, bukan? Selain mudah, rasa yang nikmat serta kandungan yang berlimpah tentu sangat baik dikonsumsi sebagai MPASI. Yuk, Ma coba berikan jeruk baby dengan campuran buah dan sayuran lainnya.

Berikan komentar dibawah ini yuk, Ma, kreasi apa saja yang Mama telah buat untuk MPASI si Kecil dengan bahan jeruk baby?

Baca juga:

Tanya Ahli

Mulai konsultasi seputar parenting yuk!

Hai Ma, mama mulai bisa bertanya dan berbagi pengalaman dengan ahli parenting.