Jangan Salah, Ma! Ini Tanda Bayi Sudah Kenyang saat Makan MPASI

Kenali tanda-tandanya agar tidak kelebihan memberikan makanan padanya, Ma

11 Mei 2021

Jangan Salah, Ma Ini Tanda Bayi Sudah Kenyang saat Makan MPASI
Pexels/AMSW Photography

Umumnya, orang dewasa atau usia anak-anak akan berhenti makan dengan sendirinya jika sudah merasa kenyang. Tidak sama dengan orang dewasa dan anak-anak, bayi memiliki tanda tersendiri saat sudah merasa kenyang.

Ketika si Kecil sudah memasuki waktu MPASI tetapi ia belum lancar berbicara, maka Mama perlu mengetahui tanda-tanda saat ia sudah minta berhenti makan. Mulai dari gerak-gerik khusus, hingga tertidur, ketahui tandanya yuk, Ma!

Untuk mengetahui tanda si Kecil kenyang saat makan MPASI-nya, berikut Popmama.com telah merangkum beberapa tanda yang perlu Mama ketahui.

1. Menjauhi sendok dan memalingkan wajahnya

1. Menjauhi sendok memalingkan wajahnya
Freepik/cookie_studio

Tanda yang paling khas saat si Kecil mulai merasa kenyang dan mau berhenti makan MPASI adalah ketika Mama menyuapinya, ia akan menjauhi sendok, memalingkan wajah, serta menolak untuk membuka mulutnya.

Jika sudah seperti ini, jangan dipaksakan untuk anak menghabiskan makanannya ya, Ma. Ini bisa menjadi tanda bahwa anak mama sudah kenyang dan mau berhenti makan.

Editors' Picks

2. Menggerakkan bagian tubuhnya

2. Menggerakkan bagian tubuhnya
Freepik

Tanda lainnya saat si Kecil ingin berhenti makan atau sudah merasa kenyang adalah mulai menggerakkan anggota tubuhnya. Misalnya dengan menggerakkan tanggannya dan menggelengkan kepalanya. Jika seperti ini, Mama juga bisa menghentikan menyuapinya. Sebab bisa jadi anak mama sudah merasa kenyang dengan MPASI-nya.

3. Tertidur saat makan

3. Tertidur saat makan
Freepik

Pernah melihat atau mengalami si Kecil tiba-tiba tertidur saat setengah jalan makan? Jangan bingung, Ma. Ini bisa jadi tanda lainnya bahwa ia sudah cukup makan. Saat merasa kenyang, bayi juga akan merasa ngantuk dan bisa langsung tertidur begitu saja.

Jika anak seperti ini, hentikan pemberian makannya ya, Ma. Sebab banyak orangtua terus memaksakan menyuapi anaknya karena merasa sang Anak masih mengunyah dalam tidurnya. Justru saat seperti ini, anak bisa saja alami tersedak saat tengah tertidur.

4. Bersendawa, atau gumoh sedikit

4. Bersendawa, atau gumoh sedikit
Freepik/master1305

Sama seperti orang dewasa, bayi juga bisa bersendawa ketika sudah merasa kenyang akan susu atau MPASI yang sedang dikonsumsinya. Ketika bayi sudah bersendawa atau gumoh, sebaiknya hentikan pemberian makan padanya ya, Ma. Ini bisa jadi tanda lain bahwa ia sudah kenyang dan ingin berhenti makan.

5. Melepeh makanannya berkali-kali

5. Melepeh makanan berkali-kali
Freepik/freepik

Jika sebelumnya si Kecil makan dengan lahap, lalu tiba-tiba ia terus melepeh makanannya, ini bisa jadi tanda bahwa ia ingin berhenti makan atau sudah kenyang, Ma. Mama bisa menghentikan menyuapi MPASI-nya ketika si Kecil sudah menyemburkan atau melepeh makanannya keluar. 

Itulah beberapa tanda bayi sudah merasa kenyang saat makan MPASI yang diberikan. Jika anak mama sudah memberikan tanda-tanda di atas, sebaiknya hentikan pemberian makannya ya!

Jangan memaksa anak untuk terus menghabiskan makannya bila ia sudah kenyang. Jadi, perhatikan tandanya agar tak salah yuk, Ma!

Baca juga:

Topic:

Tanya Ahli

Mulai konsultasi seputar parenting yuk!

Hai Ma, mama mulai bisa bertanya dan berbagi pengalaman dengan ahli parenting.