5 Manfaat Wortel untuk Bayi 

Ada beragam manfaat wortel untuk bayi

28 Juli 2019

 5 Manfaat Wortel Bayi 
Maxpixel.net/ CC0 Public Domain

Saat memasuki masa MPASI, ada beragam pilihan makanan yang bisa Mama berikan kepada si Kecil. Salah satunya adalah wortel. 

Wortel masuk ke dalam makanan yang perlu untuk diberikan pada bayi semasa MPASI karena mengandung vitamin A, vitamin B, Vitamin C, vitamin E, Vitamin K, mangan, fosfor, kalium, sodium, kolin, magnesium, dan  zat besi. Kandungan nutrisi pada wortel tersebut diyakini mampu menunjang kesehatan si Kecil, bahkan juga mendukung tumbuh kembangnya.

Mama ingin tahu apa saja manfaat wortel untuk bayi? Dilansir dari Mom Junction dan beberapa sumber lainnya, Popmama.com tuliskan berapa manfaat yang diperoleh dari umbi ini. 

1. Meningkatkan daya tahan tubuh

1. Meningkatkan daya tahan tubuh
Freepik/waqassha

Memasukkan wortel ke dalam menu MPASI bayi membawa manfaat dalam menunjang daya tahan tubuhnya.Penelitian menunjukkan bahwa konsumsi wortel secara teratur dapat meningkatkan jumlah limfosit dan trombosit, yaitu  sel darah yang membantu mengatur imunitas.

Jadi, tak ada salahnya untuk memasukkan wortel secukupnya ke dalam menu MPASI yang Mama berikan kepada si Kecil.

2. Baik untuk kesehatan mata

2. Baik kesehatan mata
Pixabay/logesdo

Selain mampu meningkatkan imunitas tubuh anak, wortel juga baik untuk kesehatan matanya. Kandungan vitamin A dan beta-karoten pada mata mampu menunjang kesehatan mata anak dengan baik. Anak yang mengonsumsi wortel mungkin untuk memiliki penglihatan yang lebih tajam dibandingkan yang tidak mengonsumsi wortel.

Bahkan pada bayi, kandungan vitamin A dan beta-karoten pada wortel diyakini mampu membantu pertumbuhan retina mata bayi, lho!

Editors' Picks

3. Baik untuk kesehatan saluran cerna

3. Baik kesehatan saluran cerna
Freepik

Wortel masuk ke dalam makanan yang mengandung serat yang tinggi sehingga baik untuk kesehatan saluran cerna. Pemberian wortel pada bayi lewat MPASI diyakini mampu mengatasi dan mencegah sembelit pada bayi. 

Nah, yang perlu Mama tahu pula bahwa pencernaan yang sehat berpengaruh terhadap tumbuh kembangnya. Bahkan, pencernaan yang sehat juga berdampak terhadap imunitas tubuh anak.

4. Menyembuhkan luka lebih cepat

4. Menyembuhkan luka lebih cepat
pixabay.com/yalehealth
Varian menu MPASI bayi

Konsumsi wortel juga dapat mendukung pertumbuhan sel sehat sehingga mampu membantu proses penyembuhan luka lebih cepat. Hal ini karena  wortel mengandung sifat-sifat tertentu yang secara langsung memengaruhi mekanisme pertumbuhan sel.

Adapun selain mampu mengandung proses penyembuhan luka,  kandungan flavonoid pada wortel juga diyakini dapat menunjang kesehatan jantung dan ginjal si Kecil lho, Ma.

5. Mampu meningkatkan memori otak

5. Mampu meningkatkan memori otak
Freepik.com

Mama harus tahu, pemberian wortel pada bayi mampu menunjang perkembangan kognitif anak. Hal ini karena dalam wortel terkandung senyawa bernama luteolin Ma. 

Nah, kandungan luteolin pada wortel ini dapat mencegah peradangan otak dan meningkatkan memori otak.

Baca Juga:

Topic:

Tanya Ahli

Mulai konsultasi seputar parenting yuk!

Hai Ma, mama mulai bisa bertanya dan berbagi pengalaman dengan ahli parenting.