Tahukah Mama, Ini Dia 5 MPASI Pertama Favorit si Kecil!

Apa salah satunya juga jadi favorit si Kecil di rumah?

16 Juni 2020

Tahukah Mama, Ini Dia 5 MPASI Pertama Favorit si Kecil
freepik.com/2jarchitecture

Saat si Kecil sudah siap makan MPASI, Mama mungkin bingung makanan apa yang sebaiknya diperkenalkan pada si Kecil. Apakah harus buah dulu, atau sayuran dulu?

Sebenarnya tidak ada aturan mana yang harus lebih dulu dikenalkan antara buah dan sayuran. Jika Mama suka makan buah dan sayuran selama hamil, ternyata itu juga bisa jadi makanan favorit si Kecil setelah ia dilahirkan.

Berikut ini beberapa makanan favorit bayi sebagai MPASI pertama mereka. Mama bisa mencoba membuat puree buah atau memotong-motongnya menjadi finger foods. Yuk simak infonya berikut ini yang sudah Popmama.comsiapkan untuk Mama, dilansir dari Babycenter.com.

1. Alpukat

1. Alpukat
freepik.com/user9294434

Alpukat kaya akan lemak sehat, vitamin, dan serat yang baik bagi pencernaan si Kecil. Mama bisa memilih buah alpukat matang dan membuat puree alpukat untuk si Kecil. Mama juga bisa mencampurkan alpukat dengan ASI, susu formula, atau air secukupnya. Jika si Kecil sudah bisa makan dengan sendok, Mama bisa potong-potong buah alpukat supaya si Kecil bisa belajar menggigit dan mengunyahnya.

Editors' Picks

2. Ubi

2. Ubi
freepik.com/dashu83

Ubi yang rasanya manis dengan tekstur yang lembut mengandung banyak vitamin, antioksidan, dan nutrisi lain yang baik untuk si Kecil. Mama bisa mengukus ubi untuk si Kecil, tapi pastikan teksturnya lembut untuk ia konsumsi ya, Ma. Selain disajikan dalam bentuk potongan, ubi juga bisa Mama tumbuk untuk mendapatkan tekstur lebih halus buat si Kecil.

3. Pisang

3. Pisang
freepik.com/freepik

Pisang adalah buah populer pilihan banyak orangtua untuk MPASI. Teksturnya yang lembek dan mudah untuk dihancurkan menjadikan pisang buah yang mudah untuk dikonsumsi si Kecil. Namun demikian, pisang bisa menyebabkan sembelit pada beberapa bayi. Baiknya Mama berikan sedikit pisang lebih dulu untuk melihat reaksi si Kecil. Jika si Kecil mengalami sembelit setelah makan pisang, Mama bisa berikan buah lain lebih dulu baru kemudian berikan pisang lagi nanti.

4. Pir Hijau

4. Pir Hijau
freepik.com/roberiomb

Pir hijau mempunyai tekstur lebih empuk dan juga rasa yang manis jika matang. Bayi yang punya masalah pencernaan seperti sembelit bisa diberikan pir hijau lebih dulu sebelum ke buah lain seperti pisang. Kandungan pestisida pada buah pir hijau cenderung tinggi.

Untuk menghindari pestisida pada buah ini, Mama bisa pilih buah organik sebagai MPASI si Kecil. Jika si Kecil baru pertama kali makan MPASI, baiknya Mama kupas kulit pir hijau dan kukus supaya teksturnya lebih lembut untuk ia konsumsi.

5. Oatmeal

5. Oatmeal
freepik.com/sashakochetkova

Dibandingkan dengan sereal, oatmeal lebih bernutrisi dan teksturnya juga lebih lembut untuk si Kecil karena mirip bubur. Oatmeal juga mempunyai banyak serat sehingga baik untuk pencernaan si Kecil. Mama bisa menyeduh oatmeal dengan ASI, susu formula, atau air secukupnya. Saat si Kecil mampu mengunyah tekstur makanan yang lebih kasar, Mama bisa campurkan oatmeal utuh bersama dengan puree buah.

Itulah lima makanan yang jadi favorit kebanyakan bayi sebagai MPASI pertamanya. MPASI si Kecil juga harus diselingi dengan pemberian ASI agar kebutuhan energi dan nutrisi sehari-harinya bisa terpenuhi. MPASI apa yang jadi favorit si Kecil di rumah, Ma?

Baca juga:

Tanya Ahli

Mulai konsultasi seputar parenting yuk!

Hai Ma, mama mulai bisa bertanya dan berbagi pengalaman dengan ahli parenting.