6 Kegiatan Sehari-hari untuk Meningkatkan Perkembangan Otak si Kecil

Tidak perlu cara yang rumit dan susah untuk menstimulasi perkembangan otak si Kecil, Ma

15 Juni 2020

6 Kegiatan Sehari-hari Meningkatkan Perkembangan Otak si Kecil
freepik.com/pch.vector

Setiap orang tua pasti ingin memberikan yang terbaik bagi anaknya di setiap fase tumbuh kembangnya. Pada saat otaknya tumbuh dan berkembang, ini menjadi fase yang yang sangat penting untuk memberikan stimulasi terbaik bagi perkembangan otaknya.

Tidak perlu cara yang rumit dan susah untuk menstimulasi perkembangan otak si Kecil. Kegiatan sehari-hari sederhana yang dilakukan bersama si Kecil bisa Mama lakukan untuk mendukung perkembangan otaknya.

Apa saja kegiatan sehari-hari yang dapat meningkatkan perkembangan otak si Kecil? Berikut Popmama.comtelah merangkum informasinya untuk Mama yang dilansir dari Todaysparent.com.

1. Menyusui langsung atau menyusui dengan botol

1. Menyusui langsung atau menyusui botol
freepik.com/yanalya

Menyusui si Kecil adalah salah satu waktu bonding terbaik, dan ini juga kesempatan baik untuk membuat otaknya bekerja. Saat si Kecil menyusu, ia bisa fokus melihat wajah mama lebih dekat. Mama pun bisa memerhatikan si Kecil sehingga bisa saling bertukar ekspresi selama menyusui.

Jika si Kecil terdengar mengeluarkan suara, Mama bisa mengajak si Kecil bicara juga. Saat menyusu dengan botol, Mama bisa menggendong si Kecil dekat dada mama dan biarkan ia memerhatikan wajah mama.

2. Bernyanyi

2. Bernyanyi
freepik.com/yanalya

Nyanyikan sebuah lagu dengan nada suara yang beragam sehingga kegiatan ini sangat menarik bagi si Kecil. Lagu juga bisa mengenalkan si Kecil pada kata-kata baru dan pola berulang yang penting bagi perkembangan bahasanya. Bernyanyi juga mengajarkan si Kecil tentang rima yang penting bagi keberhasilannya dalam membaca.

Editors' Picks

3. Waktu ganti popok

3. Waktu ganti popok
reportazh

Mama bisa mengajak si Kecil bicara dengan menceritakan apa yang terjadi dan apa yang Mama lakukan selama mengganti popok. Ini bisa jadi waktu yang ideal untuk melatihnya berbahasa, yang tentunya juga akan mendukung perkembangan otaknya.

4. Waktu mandi

4. Waktu mandi
freepik.com/freepik

Kegiatan mandi sambil main air dan main dengan mainan mandinya bisa sangat menyenangkan bagi si Kecil. Selain itu si Kecil juga bisa bereksperimen dengan berbagai mainan dan air saat ia mandi. Selama bermain, ia bisa belajar tentang sebab-akibat, memerhatikan jumlah air di sekitarnya, bahkan Mama juga bisa bernyanyi ketika memandikan si Kecil.

5. Waktu makan

5. Waktu makan
freepik.com/freepik

Selama makan si Kecil yang sudah bisa memegang makanannya sendiri akan melatih motorik halusnya. Selain itu Mama juga bisa mengenalkan si Kecil dengan berbagai tekstur makanan yang berbeda. Kenalkan juga si Kecil pada perbedaan panas dan dingin karena hal itu bukan hanya menarik bagi si Kecil tapi juga membantu perkembangan otaknya.

6. Waktu tidur

6. Waktu tidur
freepik.com/prostooleh

Mendongeng sebelum tidur bisa jadi kegiatan rutin yang Mama dan si Kecil lakukan. Mendongeng sangat baik bagi perkembangan otak bayi, bila bayi dibiarkan untuk melihat gambar warna-warni di buku dongeng dan mendengarkan suara mama dengan nada yang berbeda-beda saat membacakan cerita. Mendongeng juga merupakan waktu terbaik untuk menciptakan ikatan batin yang lebih kuat dengan si Kecil.

Itulah beberapa kegiatan sehari-hari yang bermanfaat untuk meningkatkan perkembangan otak si Kecil. Kegiatan mana yang jadi favorit si Kecil di rumah, Ma? Selamat bermain dan belajar bersama si Kecil!

Baca juga:

Tanya Ahli

Mulai konsultasi seputar parenting yuk!

Hai Ma, mama mulai bisa bertanya dan berbagi pengalaman dengan ahli parenting.