Benar Nggak Sih Pemberian Suplemen Dapat Cegah Corona? Ini Kata Dokter

Banyak ibu yang memberikan suplemen pada bayi untuk cegah corona, ini penjelasan dokter

15 April 2020

Benar Nggak Sih Pemberian Suplemen Dapat Cegah Corona Ini Kata Dokter
Bigstock

Virus corona menjadi sesuatu yang sangat menakutkan saat ini. Semua orang berusaha mencari cara bagaimana untuk mencegah penularan virus tersebut. Begitupun dengan para Mama yang memiliki buah hati.

Saat ini banyak Mama yang berbondong-bondong membeli suplemen vitamin dan memberikannya pada bayi mereka. Mereka percaya bahwa suplemen dapat menjauhkan buah hati mereka dari serangan virus corona.

Namun, benarkah pemberian suplemen dapat mencegah terjangkitnya virus corona? Berikut ini Popmama.com berhasil mendapatkan jawaban dari dr. Meta Hanindita, SpA (K), Dokter Spesialis Anak RS Sarjito, Surabaya.


 

Suplemen bukan untuk mencegah virus corona

Suplemen bukan mencegah virus corona
Unsplash/ Daily Nouri

Menurut dr. Meta, suplemen vitamin tidak diperlukan untuk mencegah virus corona.

“Suplemen diberikan untuk mengatasi kekurangan mikronutrien dalam asupan makanan, nggak perlu suplemen khusus untuk mencegah corona,” papar dr. Meta.

Apalagi saat ini, anak-anak merupakan kelompok usia yang paling sedikit tertular virus corona. Peneliti Wu melaporkan di tahun 2020,  kejadian Covid-19 pada anak usia di bawah 10 tahun hanya terjadi sebanyak 416 kasus dari total 72.316 kasus, atau hanya 0,9%.

Lalu bagaimana cara mencegah Covid-19 pada anak?

Lalu bagaimana cara mencegah Covid-19 anak
Unsplash/Peter Oslanec

Menurut dr. Meta, kekebalan terhadap penularan infeksi bisa diperoleh dari pemberian nutrisi yang lengkap dan seimbang, istirahat cukup, aktivitas fisik sesuai usia, penerapan hidup bersih dan sehat, dan usaha untuk pencegahan infeksi tersebut, misalnya rajin mencuci tangan.

Pastikan Mama mengajak si Kecil untuk melakukan itu semua, ya!

Editors' Picks

Nutrisi seperti apa yang dapat meningkatkan daya tahan tubuh bayi?

Nutrisi seperti apa dapat meningkatkan daya tahan tubuh bayi
Unsplash/The Honest Company

Pada bayi yang masih minum ASI, tetap berikan ASI sesuai takaran yang dibutuhkan. Bila sudah mulai MPASI, berikan MPASI dengan kandungan lengkap, yaitu sumber karbohidrat, protein, lemak, dan sayur. Pastikan bayi mengonsumsi MPASI sebanyak yang dibutuhkan.

Tetapkan jadwal makan yang teratur dan variasikan jenis makanan agar bayi mendapatkan beragam sumber nutrisi yang dibutuhkan.

Dengan asupan makanan yang cukup, daya tahan tubuh bayi akan semakin baik dan mampu menangkal virus.

Apakah aman menggunakan hand sanitizer untuk bayi?

Apakah aman menggunakan hand sanitizer bayi
Unsplash/Aditya Romansa

Mencuci tangan dengan sabun dan air secara berkala tetap menjadi cara terbaik untuk mencegah penyakit. Bila saat ini sabun cuci tangan langka dan sulit ditemukan, Mama boleh menggunakan jenis sabun lain, asalkan langkah dan durasi cuci tangan dilakukan dengan tepat.

Mama juga bisa menggunakan tisu basah yang aman untuk bayi.

Bayi kan nggak bisa pakai masker, lalu gimana mencegah agar tidak tertular?

Bayi kan nggak bisa pakai masker, lalu gimana mencegah agar tidak tertular
Unsplash/Minnie Zhou

Bayi memang tidak memungkinkan pakai masker, maka pastikan orang di sekitar bayi yang memakai masker, terutama saat sedang sakit atau saat bayi yang sakit. Bayi juga sebaiknya tidak dibawa ke tempat yang ramai. 

“Pastikan juga orang-orang di sekitar bayi melaksanakan etika batuk atau bersin dan menjaga kebersihan tangan,” tambah dr. Meta.

Sudah adakah vaksin untuk mencegah Covid-19?

Sudah adakah vaksin mencegah Covid-19
Unsplash/CDC

Hingga saat ini belum ada vaksin untuk mencegah Covid-19. Tapi bayi tetap perlu mendapatkan vaksin dasar untuk mencegah berbagai penyakit lainnya. 

Untuk anak di bawah 1 tahun, beberapa imunisasi dasar yang harus diberikan adalah Hepatitis B, Polio, DPT, Hib, dan MR. Bisa juga ditambah imunisasi PCV dan Influenza.

Pastikan Mama melakukan vaksinasi pada bayi sesuai jadwal yang sudah ditentukan. 

Itulah fakta mengenai kaitan suplemen dengan pencegahan virus corona dan cara mencegah penyakit Covid-19 pada bayi. Semoga sekarang Mama nggak bingung lagi, ya.

Baca Juga:

Tanya Ahli

Mulai konsultasi seputar parenting yuk!

Hai Ma, mama mulai bisa bertanya dan berbagi pengalaman dengan ahli parenting.