Manfaat Blueberry sebagai MPASI Bayi, Bisa Menjaga Kesehatan Mata

Apa saja manfaat blueberry bagi kesehatan bayi?

31 Desember 2020

Manfaat Blueberry sebagai MPASI Bayi, Bisa Menjaga Kesehatan Mata
Freepik

Apakah Mama bingung mencari alternatif buah-buahan untuk dijadikan MPASI bayi? Apabila Mama mencari buah yang mengandung tinggi serat dan kaya nutrisi untuk tumbuh kembang si Kecil, maka blueberry adalah salah satu pilihan terbaik. 

Blueberry adalah varian buah yang tergolong dalam keluarga berry bersama dengan stroberi, raspberry, dan blackberry. Mama pun tak perlu khawatir karena blueberry tidak menimbulkan reaksi alergi terhadap bayi. Blueberry justru bisa menunjang tumbuh kembang si Kecil sekaligus menjaga kondisi kesehatannya. 

Berikut lima manfaat blueberry untuk bayi yang dirangkum Popmama.com dari beberapa sumber. 

1. Menjaga tekanan darah bayi

1. Menjaga tekanan darah bayi
Unsplash/veeterzy

Sebanyak 100 gram blueberry mengandung 77 miligram potasium, 14,49 gram karbohidrat, 2,4 gram serat, 9,96 gram gula alami, 0,74 gram protein, 12 miligram fosfor, dan sejumlah vitamin seperti vitamin C, E, serta K. 

Kandungan potasium bermanfaat untuk menjaga tekanan darah bayi sekaligus mencegah penumpukan plak di arteri. Selain itu, potasium juga bisa menjaga kadar kolesterol dalam darah. 

Bayi yang baru lahir umumnya belum memiliki sistem peredaran darah yang sempurna, sehingga dibutuhkan makanan bernutrisi tinggi untuk menyeimbangkan peredaran darah. Sementara itu, kandungan serat bermanfaat untuk melancarkan sistem pencernaan bayi sehingga si Kecil terhindar dari sembelit ataupun diare. 

Editors' Picks

2. Mencegah serangan radikal bebas

2. Mencegah serangan radikal bebas
Pexels/Kaboompics .com

Blueberry mengandung antioksidan yang dapat menangkal serangan radikal bebas, bakteri, maupun kuman. Kandungan antioksidan dalam blueberry bahkan lebih tinggi dibanding sayuran maupun keluarga berry lainnya. 

Kandungan antioksidan juga bisa melindungi si Kecil dari serangan sel kanker, penuaan dini, sekaligus menjaga kesehatan sistem saraf yang berpengaruh pada perkembangan kognitifnya. 

3. Menunjang kesehatan jantung

3. Menunjang kesehatan jantung
Pexels/Jessica Lewis

Seperti dijelaskan sebelumnya bahwa blueberry bermanfaat untuk melancarkan sistem peredaran darah. Bayi dengan sistem peredaran darah yang baik, maka secara otomatis si Kecil memiliki jantung yang sehat. 

Sebuah penelitian kesehatan dari Harvard University bahkan menganjurkan bayi mengonsumsi tiga cangkir blueberry dalam seminggu agar memiliki jantung yang sehat. Bayi yang rutin mengonsumsi blueberry juga bisa terhindar dari penyakit jantung di masa depan. 

4. Menjaga kesehatan tulang

4. Menjaga kesehatan tulang
Freepik/cookie_studio

Kandungan vitamin K dalam blueberry bermanfaat untuk menjaga kesehatan tulang si Kecil. Sebab, vitamin K bisa membantu kinerja sintesis osteocalcin atau protein tulang. 

Bayi yang rutin mengonsumsi blueberry bisa memiliki tulang yang kuat. Seperti Mama tahu, memasuki usia enam bulan, bayi akan aktif bergerak sehingga dibutuhkan tulang yang kuat untuk menunjang aktivitasnya. 

5. Menjaga kesehatan mata

5. Menjaga kesehatan mata
Freepik/Oleshkoart

Manfaat terakhir yang tak kalah pentingnya adalah menjaga kesehatan mata. Sebab, blueberry mengandung anthocyanin dalam pigmen biru yang dapat menjaga kondisi penglihatan bayi. Mata si Kecil akan terlihat segar setelah mengonsumsi blueberry. Sehingga, buah ini cocok diberikan kepada bayi yang sering terpapar sinar gadget. 

Itulah manfaat blueberry untuk bayi. Blueberry memang baik untuk kesehatan bayi, namun tak ada salahnya untuk konsultasi ke dokter terlebih dahulu guna memastikan buah ini tak menimbulkan alergi. Mama bisa memberikan blueberry sebagai camilan setelah makanan utama atau dijadikan sebagai finger food.

Namun, pastikan blueberry telah dipotong kecil-kecil agar bayi tidak tersedak ya, Ma. 

Baca juga :

Tanya Ahli

Mulai konsultasi seputar parenting yuk!

Hai Ma, mama mulai bisa bertanya dan berbagi pengalaman dengan ahli parenting.