Menurut Pakar! Ini 5 Manfaat Bermain Bola untuk Bayi

Bola adalah mainan pertama yang harus banget diberikan kepada si Kecil. Hmm, buat apa ya?

29 Maret 2020

Menurut Pakar Ini 5 Manfaat Bermain Bola Bayi
Pixabay/Counselling

Bola untuk mainan anak-anak banyak banget macamnya. Ada yang terbuat dari karet, kain, dan bahan lainnya, misalnya silikon. Bola juga ada yang diisi kerincingan sehingga berbunyi ketika digulirkan, berbentuk padat, atau kopong diisi angin.

Si Kecil punya yang mana nih?

Nah, Mama bisa lho menciptakan banyak permainan dengan memakai bola. Sebenarnya, bukan cuma senang, si Kecil juga akan berlatih fisik saat bermain. Oh ya, bola bukan hanya permainan anak laki-laki, anak perempuan mama juga perlu kok bermain bola.

Ini permainan dengan bola dan manfaatnya.

1. Mengenal tekstur, mengasah kepekaan sensoris

1. Mengenal tekstur, mengasah kepekaan sensoris
Flickr/Christina Vlinder

Dalam artikel yang ditulis di situs Livestrong, Mama disarankan menyediakan berbagai macam bola dengan tekstur, bentuk, ukuran, dan berat yang berbeda-beda.

Keberagaman bola ini akan melatih kepekaan sensoris anak. Ia akan belajar kasar-halus, berat-ringan, padat-kosong, dan lainnya. Ia juga akan belajar memperkuat otot-otot lengan dan jarinya ketika memencet bola-bolanya.

Editors' Picks

2. Menggulirkan bola, melatih keseimbangan

2. Menggulirkan bola, melatih keseimbangan
Pixabay/ganarganar

Permainan yang bisa dilakukan oleh bayi-bayi adalah menggulirkan bola. Permainan sepele ini ternyata sulit dilakukan oleh bayi, lho.

Menggulirkan bola melibatkan banyak otot dan koordinasi tubuh. Si Kecil akan belajar juga menyeimbangkan tubuhnya.

Ya, gemas sih kalau melihat si Kecil terjatuh dalam gerakan lambat ketika ia berusaha menggulirkan bola. Tapi, jika ia tidak terjatuh, artinya keseimbangannya sangat baik.

3. Menendang bola, mempertajam fokus dan konsentrasi

3. Menendang bola, mempertajam fokus konsentrasi
Pixabay/techlecuk

Kalau si Kecil sudah bisa berdiri dan mulai berjalan, ajarkan ia menendang bola. Melakukan ini akan membuat fokus dan konsentrasi anak lebih tajam. Ini karena mereka harus melihat sasaran tendangan, menggerakan anggota tubuh yang sesuai, dan melatih keseimbangan tubuhnya karena gerakan menendang.

4. Memantulkan bola, membuat anak paham matematika

4. Memantulkan bola, membuat anak paham matematika
Flickr/Jim Champion

Salah satu fungsi bola adalah untuk dipantul-pantulkan. Buatlah permainan menghitung pantulan bola. Dengan demikian, si Kecil akan belajar berhitung.

Lalu, jika ia sudah semakin mantap bergerak, buat permainan melempar sasaran, misalnya karpet hurufnya. Sambil menembak sasaran, katakana huruf apa yang dituju. Sambil bermain, si Kecil akan belajar mengenal huruf juga, deh!

5. Menggiring bola, melatih keberanian

5. Menggiring bola, melatih keberanian
Flickr/Sergio Vassio Photography

Jika si Kecil sudah lebih seimbang dan mantap berjalan, ia bisa diajarkan menggiring bola. Mungkin, di awal permainan ia akan ragu, tetapi tak usah khawatir, dukung ia untuk terus berani bergerak.

Beri pujian ketika ia berhasil menggiring bola menuju sasaran. Anggap saja latihan goal celebration. Ya siapa tahu, anak mama bakal jadi The Next Christiano Ronaldo!

Baca juga:

Tanya Ahli

Mulai konsultasi seputar parenting yuk!

Hai Ma, mama mulai bisa bertanya dan berbagi pengalaman dengan ahli parenting.