Enak dan Menyehatkan, Bolehkah Bayi Minum Yakult?

Selain lezat ternyata banyak manfaatnya lho, Ma

23 Juni 2021

Enak Menyehatkan, Bolehkah Bayi Minum Yakult
Popmama.com/Rianti
This article supported by vivo as Official Journalist Smartphone Partner IDN Media

Yoghurt merupakan salah satu produk olahan susu yang menyehatkan. Yoghurt telah terbukti dapat melancarkan pencernaan karena mengandung banyak bakteri baik.

Salah satu merek yoghurt yang banyak dikonsumsi adalah Yakult. Mama mungkin pernah terpikir untuk memberikan yakult pada si Kecil.

Namun, bolehkah bayi minum yakult? Mungkin ada rasa khawatir, apakah yakult aman dan tidak akan memberikan efek samping negatif bila dikonsumsi oleh bayi mama?

Nah, untuk Mama yang penasaran, kali ini Popmama.com akan menjawab pertanyaan tersebut di bawah ini:

Editors' Picks

1. Kandungan yang terdapat di dalam yakult

1. Kandungan terdapat dalam yakult
Unsplash/Gabriel Yuji

Yakult adalah susu yang difermentasikan. Untuk memfermentasikan susu menjadi yakult dibutuhkan bakteri baik lactobacillus casei. Selain itu terdapat bakteri hidup (probiotik) yang berfungsi untuk melancarkan sistem pencernaan.

Selain bakteri baik dan hidup, yakult terbuat dari air, sukrosa, perasa tambahan, dan susu bubuk skim. 

2. Bolehkah bayi minum yakult?

2. Bolehkah bayi minum yakult
Popmama.com/Rianti
This article supported by vivo as Official Journalist Smartphone Partner IDN Media

Dilihat dari kandungan dan komposisinya, yakult boleh saja diberikan untuk si Kecil untuk melancarkan pencernaan. Yakult juga bisa dijadikan variasi MPASI lho, Ma. Namun, jumlah yang diberikan tidak boleh lebih dari satu botol dalam sehari. Mama cukup memberikan sedikit sampai setengah botol saja setiap kali mengonsumsinya.

Namun, pastikan Mama memberikannya secara bertahap. Di masa awal pemberian, Mama bisa memberikannya satu sendok makan, lalu lihat reaksi bayi. Tingkat sensitivitas setiap bayi tentu berbeda-beda. Segera hentikan pemberian yakult bila si Kecil menunjukkan reaksi alergi.

3. Manfaat yakult bagi kesehatan

3. Manfaat yakult bagi kesehatan
Popmama.com/Rianti
This article supported by vivo as Official Journalist Smartphone Partner IDN Media

Dengan adanya probiotik yang terkadung di dalamnya, yakult memiliki manfaat yang baik untuk kesehatan. Selain meredakan diare, yakult juga bisa meningkatkan daya tahan tubuh sehingga bisa mencegah pilek, alergi, dan meringankan radang usus atau infeksi usus.

Tak hanya itu, yakult juga memberikan kesehatan pada rongga mulut dan mencegah infeksi pernapasan pada bayi dan orang dewasa.

Nah, itulah tingkat keamanan bayi mengonsumsi yakult. Perlu diingat bahwa kondisi bayi berbeda-beda. Untuk itu jika menemukan efek buruk setelah minum yakult, pastikan Mama segera memeriksakannya ke dokter!

Baca juga:

Tanya Ahli

Mulai konsultasi seputar parenting yuk!

Hai Ma, mama mulai bisa bertanya dan berbagi pengalaman dengan ahli parenting.