10 Rekomendasi Butter untuk MPASI, Bikin Masakan Jadi Creamy

Berbagai merek butter ini bisa Mama gunakan untuk mengolah MPASI si Kecil

17 April 2024

10 Rekomendasi Butter MPASI, Bikin Masakan Jadi Creamy
Pexels/Felicity

Butter adalah salah satu produk olahan susu yang banyak digunakan dalam proses pembuatan makanan. Tak hanya makanan untuk keluarga, butter juga dapat ditambahkan pada MPASI atau makanan si Kecil.

Pada MPASI, butter berperan menambahkan lemak dalam makanan sebagai pelengkap nutrisi. Lemak ini akan amat penting untuk menunjang perkembangan sel dan otak bayi dan penyerapan vitamin yang bermanfaat dalam menjaga sistem kekebalan tubuh.

Jadi, selain menambah rasa, butter juga dapat berfungsi sebagai tambahan nutrisi bagi bayi, Ma.

Berikut ini Popmama.com akan memberikan beberapa rekomendasi butter untuk MPASI.

1. Anchor Unsalted Pure New Zealand Butter

1. Anchor Unsalted Pure New Zealand Butter
Shopee.co.id

Unsalted butter yang satu ini mengandung 110 kcal dan 12 gr lemak pada 1 porsinya. Anchor Unsalted Pure New Zealand Butter akan memberikan tambahan rasa pada makanan MPASI menjadi lebih rich dan juga creamy.

Mama bisa mendapatkan unsalted butter ini dengan harga sekitar Rp 40.000 – Rp 45.000.

2. Arla Unsalted Butter

2. Arla Unsalted Butter
Shopee.co.id

Arla Unsalted Butter diklaim dibuat dari bahan-bahan alami berkualitas yang diproduksi dari susu sapi Denmark asli. Butter yang satu ini telah tersertifikasi halal, dan memiliki rasa yang muni, aromatik, dan lezat tanpa rasa asin berlebih.

Mama dapat membeli butter yang satu ini dengan harga sekitar Rp 47.000 – Rp 51.000.

3. Bumbu Bunda Elia Garlic Butter MPASI

3. Bumbu Bunda Elia Garlic Butter MPASI
Shopee.co.id

Bumbu Bunda Elia Garlic Butter MPASI adalah pilihan butter selanjutnya yang bisa Mama pilih untuk pelengkap menu MPASI si Kecil. Diklaim ibuat dari 100% bahan alami dan tanpa MSG dan pengawet, butter ini tetap dapat Mama simpan selama 8 bulan lamanya.

Dilengkapi dengan tambahan campuran potongan bawang putih, menjadikan butter ini dapat menjadi tambahan rasa pada menu makanan bayi.

Butter ini dibanderol dengan harga sekitar Rp 44.000 – Rp 90.000.

4. Elle & Vire Beurre Gastronomique Unsalted Butter

4. Elle & Vire Beurre Gastronomique Unsalted Butter
Shopee.co.id

Elle & Vire adalah salah satu merek unsalted butter yang sudah tidak asing lagi. Diolah melalui proses pasteurisasi, menjadikannya bebas dari bakteri, protozoa, dan organisme lainnya yang merugikan.

Unsalted butter yang diproduksi di Prancis ini juga menjadi rasa yang kaya dengan 82% kandungan lemak di dalamnya. Elle & Vire Beurre Gastronomique Unsalted Butter dapat Mama dapatkan dengan harga sekitar Rp 77.000.

Editors' Pick

5. Gogofield Ghee Cultured Clarified Butter

5. Gogofield Ghee Cultured Clarified Butter
Shopee.co.id

Gogofield Ghee Cultured Clarified Butter adalah butter yang kaya akan lemak serta tidak mengandung air. Diklaim memiliki kelebihan bisa menambah berat badan si Kecil, butter ini juga aman dikonsumsi untuk bayi yang alergi susu sapi.

Telah melalui proses pasteurisasi, butter ini aman untuk disimpan pada suhu ruang dan tidak perlu dimasukkan ke dalam kulkas. Sudah dipastikan halal, Gogofield Ghee Cultured Clarified Butter dijual dengan harga sekitar Rp 50.000 – Rp 150.000.

6. Grouu Grassfed Ghee Butter

6. Grouu Grassfed Ghee Butter
Shopee.co.id

Grouu Grassfed Ghee Butter adalah mentega rendah laktosa yang dapat berperan sebagai BB booster untuk si Kecil. Diklaim dibuat dari susu sapi grass fed, menjadikannya tinggi akan kandungan lemak sehat di dalamnya.

Butter ini cocok digunakan untuk lemak tambahan MPASI, serta dapat digunakan untuk menumis ataupun menggoreng. Grouu Grassfed Ghee Butter dibanderol dengan harga sekitar Rp 58.500 – Rp 65.000.

7. Plum & Blum Ghee Butter MPASI BB Booster

7. Plum & Blum Ghee Butter MPASI BB Booster
Shopee.co.id

Plum & Blum Ghee Butter MPASI BB Bosster adalah ghee butter yang tidak mengandung laktosa karena telah melalui proses penjernihan. Oleh karenanya, butter ini dapat menjadi sumber lemak yang baik untuk si Kecil yang alergi susu atau laktosa.

Kandungan air dan padatan susu yang rendah dalam ghee butter ini, menjadikan lemak yang terkandung adalah lemak murni. Diolah kembali dengan proses pemanasan dalam waktu yang lama, sehingga diperoleh lemak murni ini.

Dibuat tanpa MSG, ghee butter dibanderol dengan harga sekitar Rp 55.000.

8. Pureland 7 Days Butter

8. Pureland 7 Days Butter
Shopee.co.id

Pureland 7 Days Butter dapat digunakan untuk bayi berusia 6 bulan ke atas. Butter ini dapat diolah sebagai campuran bubur atau dijadikan bahan untuk menumis.

Telah tersertifikasi halal, butter MPASI ini dapat tahan selama 4 bulan di freezer. Mama bisa mendapatkannya dengan harga sekitar Rp 45.000.

9. Pureeland Ghee Butter

9. Pureeland Ghee Butter
Shopee.co.id

Pureland Ghee Butter adalah grass fed ghee butter yang diformulasikan khusus untuk si Kecil yang sedang memulai masa MPASI. Berfungsi sebagai tambahan lemak serta dilengkapi dengan vitamin A, vitamin D, vitamin E, dan vitamin K.

Dapat digunakan untuk berbagai varian masakan, seperti menumis, membuat pasta dan bubur, serta lainnya. Butter ini dibanderol dengan harga sekitar Rp 42.000 – Rp 45.000.

10. Sincere Foods Grass Fed Ghee Classic Butter

10. Sincere Foods Grass Fed Ghee Classic Butter
Shopee.co.id

Sincere Foods Grass Fed Ghee Classic Butter adalah certified butter yang diolah dari susu sapi grass fed dari New Zealand. Diperkaya dengan kandungan omega 3 yang baik untuk kesehatan jantung, butter ini juga bersifat lactose dan casein free sehingga aman untuk bayi.

Diklaim dibuat tanpa garam dan GMO, menjadikannya aman untuk tambahan memasak MPASI atau membuat kue. Butter ini dijual dengan harga sekitar Rp 62.000 – Rp 135.000. 

    Manfaat Butter untuk Si Kecil

    Melansir dari Journal of Nutrition, lemak dalam makanan bayi berfungsi untuk membantu proses neurologis dang fungsi otaknya. Tentu saja, kandungan lemak ini dibutuhkan untuk membantu penambahan berat badan bayi, karena kalori di dalamnya cukup besar.

    Oleh karenanya, memberikan lemak dalam jumlah yang cukup dapat diperoleh dari berbagai sumber makanan yang bergizi, salah satu diantaranya adalah butter.

    Bayi membutuhkan setengah kalori harian mereka dari lemak. Karenanya, saat bayi berusia 10 – 12 bulan, ia akan membutuhkan sekitar 1.000 kalori per hari. Artinya 500 kalori yang didapatkannya berasal dari lemak.

    Kebutuhan lemak perhari pada seorang bayi sekitar 56 gr lemak per hari. Tentunya lemak ini tak melulu datang dari butter. Mama cukup memberikan si Kecil 1 sdt – 1 sdm butter dalam MPASI hariannya. 

    Itu tadi 10 rekomendasi butter untuk MPASI serta manfaatnya untuk si Kecil, Ma. Apakah si Kecil juga suka dengan butter?

    Baca juga:

    The Latest