Meningkatkan Percaya Diri, Ini 7 Tips Mendukung Bayi Bermain Mandiri

Bermain mandiri meningkatkan kreativitas dan imajinasi bayi, Ma

31 Mei 2021

Meningkatkan Percaya Diri, Ini 7 Tips Mendukung Bayi Bermain Mandiri
Freepik/Bearfotos

Saat Mama beranjak dari samping si Kecil dan ke luar dari ruangan, apakah ia resah dan menangis? Bisa jadi bayi mama takut untuk ditinggal.  

Salah satu cara untuk mengatasinya adalah melatih bayi untuk bermain secara mandiri atau bermain sendiri tanpa Mama berada di sampingnya terus. Selain membuat bayi lebih percaya diri untuk ditinggal, bermain mandiri baik untuk perkembangannya.

Apa saja manfaatnya dan bagaimana cara melatih bayi mandiri? Yuk, simak ulasan Popmama.com berikut ini, Ma.

Bermain Mandiri Penting untuk Perkembangan Bayi

Bermain Mandiri Penting Perkembangan Bayi
Freepik/kristina_igumnova

Mama tidak dapat menyalahkan bayi karena ingin bermain dengan Mama sepanjang hari. Mama adalah salah satu orang favoritnya, jadi seharusnya Mama bangga dengan hal itu.

Namun, tidak sehat bagi Mama maupun si Kecil jika ia tidak bisa bermain sendirian untuk waktu yang singkat.

Bermain mandiri sangat bagus untuk perkembangan bayi. Ini meningkatkan kreativitas, kepercayaan diri, kesabaran, rentang perhatian, dan banyak lagi.

Keuntungan tambahannya adalah Mama dapat mengerjakan hal lain di rumah sementara bayi menyibukkan dirinya dengan bermain.

Mama tidak perlu merasa bersalah karena ingin mendorong permainan mandiri selama Mama dapat mengatur waktu yang seimbang.

Bermain mandiri adalah keterampilan yang dipelajari yang dapat Mama ajarkan kepada bayi. Ini tidak akan dicapai dalam semalam dan ada banyak langkah untuk membantu bayi secara bertahap menemukan betapa indahnya imajinasi dan kemandiriannya.

Berikut beberapa cara penting untuk mendorong bayi agar lebih mandiri:

1. Jangan menyelinap menjauh dari bayi secara tiba-tiba

1. Jangan menyelinap menjauh dari bayi secara tiba-tiba
Freepik/kristina_igumnova

Ini akan membuat perhatiannya terganggu, Ma. Begitu bayi menyadari bahwa Mama pergi, dia mungkin panik. Hal ini membuatnya selalu berpikir bahwa Mama akan menghilang kapan saja, yang membuatnya semakin 'nempel' dengan Mama.

Taktik terbaik adalah dengan memberi bayi penjelasan yang tenang dan cepat. Cukup katakan dengan santai, "Mama akan membawa keranjang ini ke dapur," atau, "Mama akan mengambil kacamata di kamar ya."

Bernyanyi, bicara, atau bersenandung saat beranjak dari ruangan juga dapat membantu. Bayi dapat tetap merasakan kehadiran mama meski tidak berada di ruangan yang sama

2. Bermain cilukba

2. Bermain cilukba
Maxpixel.net

Jadikan permainan cilukba menjadi permainan yang sering dilakukan bersama bayi di rumah. Penting bagi bayi untuk mengetahui bahwa Mama masih di sana meskipun dia tidak dapat melihat Mama.

Bermain petak umpet juga bagus, karena penting juga baginya untuk belajar bahwa bahkan jika Mama pergi, Mama akan kembali.

Editors' Picks

3. Buat rutinitas bermain mandiri setiap hari

3. Buat rutinitas bermain mandiri setiap hari
Pixabay/cimabue

Mama dapat membuat rutinitas harian yang mencakup waktu singkat untuk bermain mandiri bagi si Kecil.

Atur aktivitas rutin pada waktu-waktu tertentu di mana Mama terbiasa menyelesaikan tugas-tugas kecil dalam penglihatan bayi. Maka ia akan terbiasa bermain sendiri selama waktu-waktu singkat itu sambil menemani Mama bekerja.

4. Jangan ganggu saat bayi asyik bermain sendiri

4. Jangan ganggu saat bayi asyik bermain sendiri
Freepik/Peoplecreations

Jika bayi mulai bermain sendiri-sendiri, manfaatkanlah! Hal ini tampaknya sering terjadi di saat yang tidak diduga.

Cobalah untuk tidak mengganggunya jika ia tenggelam dalam suatu aktivitas karena bahkan kehadiran Mama dapat membuatnya kehilangan fokus.

5. Jaga keseimbangan antara waktu bersama dan waktu bermain mandiri

5. Jaga keseimbangan antara waktu bersama waktu bermain mandiri
Freepik/Prostooleh

Bermain mandiri perlu memiliki keseimbangan yang sehat antara waktu bermain bersama Mama dan bermain sendiri.

Sisihkan waktu bermain khusus di mana Mama memberikan perhatian penuh kepada bayi. Mama dapat menetapkan waktu, misalnya 10 menit, untuk bermain berdua dengan bayi. Kemudian Mama pergi untuk menyiapkan makan malam. Bayi akan menghargai waktu bermain yang terfokus dan memahami apa yang terjadi.

6. Siapkan lingkungan yang aman untuk bayi bermain mandiri

6. Siapkan lingkungan aman bayi bermain mandiri
Freepik/wuttichai1983

Rumah yang benar-benar aman bagi bayi memungkinkan ia menjelajah. Jika Mama selalu menariknya dari barang berbahaya atau sensitif, ia kemungkinan akan meningkatkan perilakunya yang melekat.

Memastikan lingkungan rumah yang aman dapat membuat Mama lebih tenang dan memungkinkan untuk mengalihkan pandangan sebentar. Beri bayi kebebasan untuk bereksplorasi dengan bahagia dan mandiri.

7. Jangan memaksa

7. Jangan memaksa
Freepik/cookie_studio

Memaksakan kemandirian biasanya tidak efektif dan dapat membuat bayi jadi lebih melekat. Jika Mama mendorong bayi menjauh saat dia tidak ingin berpisah, ini akan meningkatkan perasaan tidak berdaya dan frustrasi.

Sebaliknya, berikan pelukan ekstra dan libatkan dia dalam aktivitas yang menyenangkan atau dengan mainan yang menyenangkan. Mama dapat secara alami menjauhkan diri dari aktivitas tersebut begitu bayi menikmatinya.

Itulah beberapa cara untuk mendorong bayi lebih mandiri. Bermain mandiri penting untuk perkembangan bayi dan meningkatkan rasa percaya dirinya. Apa yang Mama lakukan untuk mendorong bayi bermain mandiri?

Baca juga:

Tanya Ahli

Mulai konsultasi seputar parenting yuk!

Hai Ma, mama mulai bisa bertanya dan berbagi pengalaman dengan ahli parenting.