4 Ide Mainan untuk Bayi Mandi yang Bisa Mama Buat Sendiri

Mainan sederhana ini mudah dibuat, Ma

21 Mei 2020

4 Ide Mainan Bayi Mandi Bisa Mama Buat Sendiri
Freepik/senivpetro

Ketika bayi bertambah besar, ia akan siap untuk bersenang-senang saat mandi. Untuk menambah keseruan, Mama dapat membuat sendiri mainan untuk teman mandi.

Memandikan bayi selain memberikan berfungsi untuk membersihkan, ini juga merupakan saat yang tepat untuk bonding antara Mama dan bayi.

Untuk menambah keseruan saat mandi, sediakan beberapa mainan untuk bayi. Bayi yang belum bisa duduk sendiri tidak memerlukan mainan yang rumit. Bahkan permainan sederhana bernuansa air dapat membuat bayi tertawa riang.

Begitu bayi mulai bisa duduk sendiri, waktu mandi menjadi saatnya untuk bereksplorasi dan bermain. Nah, Mama dapat menyiapkan beberapa mainan untuk mendorong bayi bereksplorasi.

Mama dapat membuat sendiri mainan sederhana untuk waktu mandi si Kecil. Selain kreatif, mainan ini juga mudah dibuat serta murah, lho.

Berikut empat ide mainan yang dapat Mama buat sendiri. Apa saja ya?

1. Pancuran hujan

1. Pancuran hujan
tevespanglerscience.com

Mama dapat membuat hujan buatan di kamar mandi. Gunakan botol yang sudah tidak terpakai, kemudian lubangi di beberapa bagian.

Minta si Kecil untuk mengisi botol tersebut dengan air, dia akan melihat dan merasakan ada tetesan air yang keluar melalui lubang.

Mama juga dapat menempatkan botol di atas kepala bayi dan biarkan air menetes seolah-olah sedang hujan. Jika Mama mandi bersama bayi, biarkan bayi melakukan hal yang sama pada Mama.

Editors' Picks

2. Balon air

2. Balon air
dhgate.com

Apa yang membuat mainan mandi bayi itu menarik? Apabila mainan itu dapat dipahami dan dapat ditiru oleh bayi.

Itu sebabnya balon air buatan sendiri ini pasti akan menjadi salah satu kesukaan si Kecil. Untuk membuat mainan ini, biarkan bayi membantu Mama menuangkan air ke dalam kantong plastik sampai 3/4 penuh, kemudian ikat dan berikan kepada bayi.

Balon mandi ini dapat dipegang, diguncang-guncang, bahkan dilemparkan ke dalam air. Bayi akan tertawa melihat cipratan air setelah ia melemparkan balon ke dalam bak mandi.

Untuk menambah kesenangan, Mama dapat meletakkan ember di ujung bak dan tunjukkan kepadanya caranya melempar balon masuk ke dalam ember.

Ketika balon sudah kempes, awasi agar tidak dimakan oleh bayi ya, Ma.

3. Tembakan air

3. Tembakan air
Freepik/User6740038

Ketika mandi, bayi menyukai efek air. Mama dapat menepuk-nepuk air untuk menghasilkan cipratan, membuat hujan buatan, atau membuat tembakan air. Mama dapat membeli tembakan air berbentuk binatang laut yang lucu. Atau membuatnya sendiri dari barang-barang yang ada di rumah.

Mama bisa mendapatkan efek semprot yang sama dengan mainan buatan ini dari pipet plastik. Biarkan bayi melihat Mama saat Mama memencet ujung pipet, memasukkannya ke dalam air, kemudian tabung pipet terisi dengan air.  

Tembak air ke tangan atau perutnya dan tunjukkan kepada bayi bagaimana caranya. Bayi bahkan dapat menggunakan pipet untuk membuat gelembung di bawah air.

Permainan ini melatih otot-otot tangannya saat menggenggam dan meremas ujung pipet.

4. Perahu spons

4. Perahu spons

Apa yang menyenangkan saat berendam di dalam bak mandi? Mainan yang mengapung!

Mungkin terlihat biasa saja bagi Mama namun bagi bayi ini adalah mainan terbaik yang dapat menarik perhatiannya.

Satu mainan mandi yang mudah dibuat dan dapat mengapung adalah perahu spons. Gunakan spons cuci piring yang baru, lalu potong sesuai bentuk perahu. Mama juga dapat membuat aneka bentuk yang lain, seperti ikan atau bintang laut.

Awasi bayi saat bermain dengan spons karena spons mudah dirobek oleh bayi dan potongannya bisa tertelan olehnya.

Spons juga dapat menjadi alat untuk latihan meremas. Mama dapat menunjukkan kepada bayi bagaimana spons menyerap air dan bagaimana Mama mengeluarkan air dengan cara meremasnya.

Itulah empat ide mainan untuk mandi yang bisa Mama buat sendiri di rumah. Mainan apa yang paling disukai bayi mama ketika mandi?

Baca juga:

Tanya Ahli

Mulai konsultasi seputar parenting yuk!

Hai Ma, mama mulai bisa bertanya dan berbagi pengalaman dengan ahli parenting.