Agar Tidur Lebih Nyenyak, Coba 7 Makanan untuk MPASI Bayi Ini

Tidur yang berkualitas sangat penting untuk pertumbuhan dan perkembangan bayi

23 Juli 2021

Agar Tidur Lebih Nyenyak, Coba 7 Makanan MPASI Bayi Ini
Unsplash/Henley Design Studio

Beberapa bayi mungkin lebih sensitif daripada bayi lain. Misalnya dalam hal tidur, bayi mama mungkin membutuhkan suasana tenang agar dapat tidur nyenyak tanpa sering terbangun. Perjuangan untuk membuat si Kecil tidur nyenyak tanpa harus sering terbangun mungkin cukup sulit. Sebab, mendengar suara kecil saja, si Kecil bisa langsung terbangun dan membuat Mama kesulitan untuk menidurkannya kembali.

Tidur berkualitas sangat penting untuk mendukung tumbuh kembang bayi. Selain lingkungan yang tenang, beberapa jenis makanan dapat meningkatkan kualitas tidur si Kecil, Ma.

Apa saja MPASI yang membuat bayi tidur nyenyak? Popmama.com membuat daftarnya khusus untuk Mama.

1. Pisang

1. Pisang
unsplash/Ioana Cristiana

Salah satu buah yang sangat baik untuk dijadikan MPASI adalah pisang. Buah ini akan memberikan banyak manfaat karena mengandung karbohidrat, protein, lemak, serat, kalium, kalsium, vitamin B9, vitamin B6, dan lain-lain

Buah pisang dapat merangsang pengeluaran hormon melatonin. Melatonin adalah hormon yang membuat tidur lebih cepat.

Pisang memiliki kandungan magnesium yang baik. Magnesium mampu melemaskan otot dan membuat tubuh menjadi lebih rileks. Alhasil, si Kecil dapat lebih cepat mengantuk dan tidur lebih nyenyak.

2. Salmon

2. Salmon
Unsplash/Oxana Kolodina

Salah satu jenis makanan MPASI yang menjadi primadona bagi para mama adalah salmon. Selain kaya akan nutrisi untuk tumbuh kembang si Kecil, rasanya yang lezat juga membuat si Kecil lebih lahap dalam menyantap makanannya.

Selain itu, salmon juga memiliki zat yang memicu keluarnya hormon melatonin agar bayi tidur lebih lelap. Memasukkan salmon dalam menu MPASI bayi dapat meningkatkan kualitas tidurnya, Ma.

Editors' Picks

3. Nanas

3. Nanas
Unsplash/Go to Vino Li's profile Vino Li

Nanas juga menjadi salah satu makanan yang bisa  memberikan efek tidur nyenyak. Karena di dalam buah nanas terdapat kandungan melatonin yang cukup membantu merangsang tubuh untuk mengantuk. 

Nanas juga kaya akan vitamin C yang dapat meningkatkan daya tahan tubuh bayi agar tidak mudah sakit, Ma.

Amati reaksi alergi saat Mama memberikan nanas untuk pertama kalinya, ya.

4. Anggur

4. Anggur
Unsplash/Andra Ion

Anggur mengandung berbagai macam nutrisi penting yang mulai dari protein, serat, vitamin A, vitamin C, vitamin K, zat besi, kalsium, riboflavin, fosfor, dan seng. Vitamin yang ada pada anggur dapat meningkatkan daya tahan tubuh bayi dan mendukung tumbuh kembangnya.

Selain baik untuk perkembangan jantung dan pencernaan, Mama juga dapat memberikan anggur agar bayi tidur lebih nyenyak. Alasannya sama, karena buah ini mengandung melatonin yang dapat memicu kantuk.

Namun, pastikan Mama memberikan anggur yang sudah dipotong kecil dan kupas kulitnya agar bayi tidak tersedak ya, Ma.

5. Oatmeal

5. Oatmeal
Unsplash/Melissa Di Rocco

Oatmeal adalah makanan yang baik untuk bayi yang sudah mulai diberikan makanan padat. Butiran gandumnya kaya akan nutrisi penting, seperti serat, protein, dan vitamin.

Oatmeal dapat menjadi makanan yang membuat bayi usia enam bulan ke atas tidur lebih nyenyak. Selain merupakan sumber melatonin yang baik, Oatmeal juga membantu memicu produksi insulin. Insulin ini dapat membantu bayi tertidur.

6. Bayam

6. Bayam
Unsplash/Amanda Frank

Sayur bayam adalah makanan bernutrisi tinggi. Di dalam sayur bayam terdapat gizi, seperti zat besi, vitamin, dan mineral. Maka tidak heran jika bayam disarankan untuk dijadikan menu MPASI bayi.

Sayuran hijau ini merupakan sumber vitamin A dan K yang baik, sekaligus sumber asam folat, vitamin C, zat besi, kalsium, zinc, serat, dan magnesium. Di samping itu, terdapat pula kandungan tryptophan di dalam sayur bayam.  

Tryptophanadalah asam amino yang melepas hormon melatonin dan serotonin. Kedua hormon tersebut dapat memicu kantuk dan membuat bayi tidur nyenyak.

7. Nasi putih

7. Nasi putih
Unsplash/Faris Mohammed

Nasi putih merupakan sumber karbohidrat utama bagi orang di daerah tropis, termasuk diantaranya Indonesia. Selain karbohidrat, beras juga mengandung vitamin B seperti tiamin, niasin, serta asam folat dan zat besi.

Nasi putih juga mengandung indeks glikemik (IG) tinggi. Nah, makanan yang mengandung IG tinggi dapat membuat seseorang mengantuk dan  tidur lebih cepat, termasuk bayi.

Itulah MPASI yang membuat bayi tidur nyenyak. Memasuki usia enam bulan, bayi mulai mengonsumsi makanan padat. Bukan hanya untuk kenyang, makanan ini juga dibutuhkan untuk tumbuh kembangnya. Selain itu juga untuk membuat bayi tidur lebih nyenyak.

Jika bayi mama mengalami kesulitan untuk tidur nyenyak, terutama di malam hari, Mama dapat mencoba beberapa makanan yang sudah disebutkan di atas.

Selamat mencoba, Ma!

Baca juga:

Topic:

Tanya Ahli

Mulai konsultasi seputar parenting yuk!

Hai Ma, mama mulai bisa bertanya dan berbagi pengalaman dengan ahli parenting.