Lakukan sejak Dini, Ini Pentingnya Bermain untuk Bayi

Bermain sangat penting untuk pertumbuhan dan perkembangan si Kecil

7 Januari 2021

Lakukan sejak Dini, Ini Penting Bermain Bayi
Freepik/kristina_igumnova

Bermain adalah pusat pembelajaran sekaligus perkembangan bayi dan anak. Saat bermain, mereka akan mendapat banyak cara dan waktu yang berbeda untuk belajar.

Selain itu, bermain juga dapat membangun rasa percaya diri, perasaan dicintai, mengembangkan berbagai keterampilan, serta belajar mengenai orang lain dan lingkungan.

Karena banyak manfaatnya, bermain dapat dilakukan sejak dini, yaitu saat bayi. Tidak hanya balita, anak, atau remaja, bayi pun mendapatkan banyak manfaat baik dari bermain.

Apa saja manfaat bermain untuk perkembangan bayi mama? Dan permainan apa yang bisa Mama lakukan bersama si Kecil?

Yuk, temukan jawabannya pada ulasan Popmama.com berikut ini, Ma.

Manfaat Bermain untuk Bayi

Manfaat Bermain Bayi
Freepik/Zilvergolf

Bermain sangat penting untuk perkembangan, pembelajaran, dan kesejahteraan bayi secara keseluruhan.

Melalui permainan, bayi yang baru lahir belajar tentang dunia di sekitarnya dan bagaimana ia dapat berinteraksi dengannya.

Pengalaman bermain juga membantu bagian dari otak bayi yang baru lahir terhubung dan tumbuh. Permainan yang membuat bayi bergerak dapat membangun kekuatan otot serta keterampilan motoriknya.

Bermain dengan bayi membantunya belajar berbicara dan memahami kata-kata. Mama mungkin tidak selalu punya waktu untuk berhenti dan bermain, tetapi Mama masih bisa mengobrol dengan bayi. Ceritakan tentang apa yang terjadi, misalnya, saat memasak makan malam, berbelanja, atau melipat pakaian.

Bermain bersama membantu Mama dan bayi untuk mengenal satu sama lain. Itu karena permainan bisa memberi tahu Mama banyak hal tentang kepribadian bayi yang baru lahir. Selain itu, melalui bermain Mama juga dapat mengetahui apa yang disukai mereka.

Editors' Picks

Bagaimana Bermain Dapat Mendukung Perkembangan Bayi?

Bagaimana Bermain Dapat Mendukung Perkembangan Bayi
Freepik/odua

Saat bayi tumbuh, cara dia bermain akan berubah. Ia akan menjadi lebih kreatif dan lebih banyak bereksperimen dengan mainan, permainan, dan ide. Ini mungkin berarti bayi membutuhkan lebih banyak ruang dan waktu untuk bermain.

Selain itu, bayi pun bergerak melalui berbagai bentuk permainan saat mereka tumbuh. Ini termasuk bermain sendiri, bermain bersama orang lain, dan bermain secara interaktif.

Ide Permainan untuk Mendorong Perkembangan Bayi

Ide Permainan Mendorong Perkembangan Bayi
Pixabay/cimabue

Untuk bayi, mainan terbaik adalah Mama. Hanya melihat wajah dan mendengar suara mama adalah hal yang menyenangkan bagi bayi. Terutama ketika Mama tersenyum.

Mama dapat mencoba beberapa ide permainan berikut dengan bayi:

  • Musik, lagu, ketukan lembut pada perut bayi saat Mama bernyanyi. Aktivitas ini mengembangkan pendengaran dan gerakan.
  • Cilukba, ini bagus untuk perkembangan sosial dan emosional bayi.
  • Gelitik lembut atau objek dengan tekstur berbeda, seperti bulu, lumpur, logam atau busa. Permainan ini mengembangkan indra peraba.
  • Objek dengan ukuran, warna, dan bentuk yang berbeda dapat mendorong bayi untuk menggapai dan menggenggamnya.
  • Furnitur, bola, mainan atau kotak yang kokoh dapat membuat bayi merangkak, berdiri dan berjalan. Waktu tengkurap dan bermain di lantai secara teratur juga sangat penting. Tummy time membantu bayi mengembangkan kekuatan dan kontrol otot. Ini juga memungkinkan bayi melihat dan mengalami dunia dari perspektif yang berbeda.

Jika Bayi Tidak Ingin Bermain

Jika Bayi Tidak Ingin Bermain
Pixabay/Julita83
Payudara menyembul karena pengaruh hormon Mama.

Mungkin ada kalanya bayi tidak ingin bermain, misalnya, ia merasa lelah atau bosan karena melakukan aktivitas yang sama terlalu lama. Ini normal dan biasanya tidak perlu dikhawatirkan.

Tapi terkadang kurangnya bermain atau kurangnya minat bermain bisa menjadi tanda gangguan perkembangan. Pertimbangkan untuk berbicara dengan dokter jika bayi tampak tidak terlibat dalam permainan interaktif seperti cilukba.

Nah itulah pentingnya bermain untuk tumbuh kembang bayi. Permainan apa yang suka Mama lakukan dengan bayi? Yuk, komen di bawah, Ma!

Baca juga:

Tanya Ahli

Mulai konsultasi seputar parenting yuk!

Hai Ma, mama mulai bisa bertanya dan berbagi pengalaman dengan ahli parenting.