Kaya Nutrisi, Ini 7 Rekomendasi Bone Broth untuk MPASI Bayi

Selain lezat, bone broth mengandung mineral dan vitamin yang dibutuhkan oleh bayi

20 Juli 2021

Kaya Nutrisi, Ini 7 Rekomendasi Bone Broth MPASI Bayi
Instagram.com/doctor_broth

Memasuki enam bulan, bayi mulai mengonsumsi makanan padat. Makanan padat yang diberikan untuk si Kecil harus memenuhi kebutuhan nutrisinya untuk tumbuh dan berkembang.

Salah satu bahan makanan yang dapat diberikan adalah bone broth atau kaldu tulang. Tidak hanya bermanfaat untuk orang dewasa, bone broth juga bermanfaat untuk bayi, Ma. Selain itu, bone broth juga dapat membuat cita rasa makanan menjadi lebih lezat sehingga dapat meningkatkan nafsu makan bayi.

Bone broth terbuat dari tulang hewan jaringan ikat yang direbus bersama bumbu, sayuran, dan rempah-rempah. Tulang dan bahan-bahan lainnya dimasak selama 24-48 jam dengan panci khusus. Kenapa pakai panci khusus? Tujuannya agar kaldu yang dihasilkan dari proses masak yang begitu lama adalah kaldu yang bernutrisi dan tidak ada unsur logam panci yang masuk ke kaldu.

Proses memasak ini yang kemudian akan menghasilkan kaldu yang kaya gizi. Bone broth kaya dengan berbagai macam mineral dan asam amino yang bermanfaat bagi tubuh. Konsumsi bone broth secara rutin akan membantu mendukung kesehatan usus, kulit, jantung, metabolisme, otak, memperbaiki suasana hati serta meningkatkan kekebalan tubuh.

Jika Mama tidak memiliki panci khusus untuk memasak bone broth, jangan khawatir karena di pasaran sudah banyak yang menjualnya.

Ulasan Popmama.com kali ini akan memberikan rekomendasi bone broth untuk MPASI bayi. Ayo dicoba, Ma!

1. Broth & Beyond Chicken Bone Broth

1. Broth & Beyond Chicken Bone Broth
Instagram.com/brothandbeyond

Kaldu Broth & Beyond dibuat dari ayam kampung organik serta sayuran organik. Dimasak perlahan dengan suhu rendah selama 24 jam menggunakan panci medical grade 316 titanium. Kemudian dikemas dengan toples kaca yang telah melewati proses steril terlebih dahulu. Semua bahan yang digunakan alami dan tanpa pewarna atau penambah rasa buatan.

Harga Rp 75.000 (250 ml).

2. Brothfairy Premium Beef Bone Broth

2. Brothfairy Premium Beef Bone Broth
Instagram.com/brothfairy

Kaldu buatan Brothfairy ini terbuat dari tulang sapi organik (grass-fed), sayur organik, dan air mineral alami. Tidak menggunakan perasa buatan serta bahan pengawet, jadi aman untuk dikonsumsi oleh bayi.

Setiap toples yang digunakan dibersihkan serta distrerilisasi menggunakan sinar UV sebelum proses pengemasan. Sehingga terjamin kebersihannya, Ma.

Harga Rp 200.000 (210 ml).

Editors' Picks

3. Doctor Broth Premium Chicken Bone Broth

3. Doctor Broth Premium Chicken Bone Broth
Instagram.com/doctor_broth

Terbuat dari tulang ayam organik yang masih memiliki sedikit daging. Selain itu, kaldu ini juga mengandung wortel, zucchini, bawang putih, seledri, jahe dan cuka apel.

Produk Doctor Broth ini tidak menggunakan susu, gula, MSG, non GMO, dan bahan perasa artifisial.

Selain dapat meningkatkan daya tahan tubuh bayi, bone broth juga dapat meningkatkan berat badan si Kecil, Ma.

Harga Rp 95.000/250 ml.

4. House of Organix Homemade Premium Beef Bone Broth

4. House of Organix Homemade Premium Beef Bone Broth
Shopee/houseoforganix

Bone broth sapi dari House of Organic ini dimasak secara perlahan selama 24 jam menggunakan panci titanium. Selain lezat, bone broth House of Organix juga memiliki banyak manfaat, terutama untuk memenuhi asupan nutrisi bayi.

Bone broth ini mengandung vitamin, mineral, antioksidan, asam amino, dan kolagen yang baik bagi tubuh.

Harga Rp 120.000/250 ml.

5. Mother Made Organic Chicken Bone Broth

5. Mother Made Organic Chicken Bone Broth
Instagram.com/mothermade.official

Bone broth Mother Made ini dibuat dari bahan-bahan pilihan dan berkualitas. Karena itu kaldu ini sangat cocok untuk dikonsumsi oleh segala usia, termasuk untuk MPASI bayi.

Proses pembuatannya juga menggunakan alat yang berkualitas dan metode slow-cooked selama 24 jam dengan suhu 95 derajat. Sehingga kandungan nutrisi tetap terjaga selama proses memasak.

Bone broth keluaran Mother Made ini mengandung bahan berkualitas seperti ayam organik free range, zucchini, wortel, bawang putih, bawang bombay, jahe, seledri, minyak zaitun, cuka apel, dan air filter bebas toksin.

Harga Rp 60.900 ukuran 275ml.

6. Organic Grass Fed Bone Broth Siesta

6. Organic Grass Fed Bone Broth Siesta
Tokopedia/Aruna Askara

Organic Premium Bone Broth Siesta adalah grass fed bone broth yang dibuat dari bahan-bahan organik. Kaldu dimasak selama 48 jam menggunakan panci titanium, dengan air mineral murni pada suhu 95 derajat.

Bone broth ini memiliki manfaat yang luar biasa dan dapat dikonsumsi bagi penderita alergi, mendukung kesehatan tulang, kulit, rambut, dan percernaan. Selain orang dewasa, bone broth ini juga bisa dikonsumsi oleh bayi sebagai makanan pendamping ASI.

Harga Rp 89.000 (250 ml).

    7. Pure Food Company Organic Chicken Bone Broth

    7. Pure Food Company Organic Chicken Bone Broth
    Tokopedia/Pure Foods Company

    Bone broth dari Pure Foods Company terbuat dari tulang ayam organik yang diternak secara alami dan tanpa obat-obatan. Tulang dimasak selama 24 jam penuh menggunakan alat berkualitas tinggi dan higienis.

    Bone broth dari Pure Food Company ini tidak dihaluskan menggunakan blender ya, Ma. Jadi murni sarinya yang diambil, sehingga tidak membuat "seret" atau gatal di tenggorokan saat mengonsumsinya.

    Harga Rp 80.000/400 ml.

    Nah itu dia beberapa rekomendasi bone broth untuk MPASI bayi. Semoga informasi ini bermanfaat ya, Ma.

    Baca juga:

    Topic:

    Tanya Ahli

    Mulai konsultasi seputar parenting yuk!

    Hai Ma, mama mulai bisa bertanya dan berbagi pengalaman dengan ahli parenting.