6 Tips Menciptakan Rumah yang Aman Bagi Bayi Belajar Merangkak

Ayo siapkan lingkungan yang aman bagi bayi mama

12 Maret 2019

6 Tips Menciptakan Rumah Aman Bagi Bayi Belajar Merangkak
Freepik/Bearphotos

Merangkak merupakan salah satu tonggak penting dalam tumbuh kembang bayi. Sebagai orangtua, Mama pasti senang melihat bayi berkembang, melihat bayi Mama yang sebelumnya sebatas tidur atau duduk, sekarang sudah mulai belajar merangkak.

Bayi menikmati merangkak dan menjelajahi berbagai hal di sekitar mereka. Tentunya sangat menyenangkan melihat bayi menjelajah dunia sekitarnya. Tetapi penting bagi Mama untuk mengamati bayi saat melakukan perayapan karena mungkin saja bayi melakukan sesuatu yang berbahaya secara tidak disengaja.

Bayi hanya bergerak maju tanpa memperhatikan benda-benda di sekitar dan akhirnya melukai diri sendiri. Bagaimana membuat rumah yang aman untuk bayi Mama yang sudah mulai merangkak?

Simak tips dari Popmama.com berikut ini.

1. Membuat batasan tempat-tempat yang boleh dijelajahi

1. Membuat batasan tempat-tempat boleh dijelajahi
aliexpress

Semua tempat tampat menarik bagi bayi Mama. Misalnya dapur atau tangga. Bayi menyukai dapur karena Mama sering berada di sana. Selain itu di dapur juga terdapat banyak barang dan suara yang memancing rasa penasaran bayi. Tetapi di dapur banyak benda yang berbahaya bagi bayi seperti pisau, piring atau kompor.  

Bayi juga sangat menyukai tangga, mereka selalu mencoba naik dan turun tangga. Untuk bayi berumur 8 bulan sampai 1,5 tahun, sangat berbahaya menaiki atau menuruni tangga sendiri tanpa diawasi.

Mama bisa memasang pintu pengaman di ujung tangga dan di pintu dapur untuk mencegah bayi menaiki tangga atau memasuki dapur tanpa pengawasan Mama atau orang dewasa.

2. Simpan benda-benda tajam seperti pisau dan perkakas di rak yang terkunci

2. Simpan benda-benda tajam seperti pisau perkakas rak terkunci
Pexels/Markus Spiske Temporasuch.com

Sangat penting untuk menjaga barang-barang ini dari jangkauan bayi karena mereka dapat berbahaya dan mengancam jiwa. Rasa penasaran bayi sangat besar dan ini normal ya, Ma. untuk mencegah mereka terluka, sebaiknya simpan benda tajam di luar jangkauan bayi.

3. Jangan gunakan taplak meja

3. Jangan gunakan taplak meja
Freepik/ Yanalya

Taplak meja terlihat mewah tetapi ketika bayi mulai belajar berdiri, sebaiknya Mama menyingkirkannya untuk sementara. Bayi meraih segala yang berada dalam jangkauan tangannya. Sambil menarik penutup meja, mereka mungkin akhirnya menjatuhkan barang pecah belah atau masakan yang masih panas.

Editors' Picks

4. Hindari bermain mobil atau mainan beroda lainnya

4. Hindari bermain mobil atau mainan beroda lainnya
Freepik

Bayi berpegangan pada benda-benda ini karena mereka terpesona dengan rodanya. Roda mobil mainan berbahaya bagi bayi saat digerakkan ke depan dan tidak ada yang dapat menopang bayi sehingga ia jatuh.  

5. Tutup saklar dan amankan perangkat listrik

5. Tutup saklar amankan perangkat listrik
Pixabay/ Monfocus

Bayi suka bermain dengan saklar. Sebaiknya saklar ditutup dan usahakan tidak menarik perhatian mereka untuk bermain dengan saklar.

6. Jaga kebersihan rumah

6. Jaga kebersihan rumah
Freepik

Bayi akan menghabiskan waktu di lantai. Pastikan lantai bersih sehingga bayi Mama merasa nyaman untuk menjelajah. Selain itu, bayi juga suka memasukkan tangan ke mulut. Bayangkan tangannya habis memegang lantai dan dimasukkan ke mulut. Mama tentu tidak mau bayi kesayangan menjadi sakit perut karena lantai kotor.

Nah selamat menjelajah!

Baca juga:

Berlangganan Newsletter?

Mau dapat lebih banyak informasi seputar parenting?
Daftar sekarang!