Bayi Mama Takut Mandi? Ini 5 Tips untuk Mengatasi Masalahnya

Yuk, buat rutinitas mandi menjadi menyenangkan untuk bayi

27 Juli 2019

Bayi Mama Takut Mandi Ini 5 Tips Mengatasi Masalahnya
Pexels/Henley Design Studio

Menjaga kebersihan bayi sangat penting. Salah satu cara memastikan bayi selalu bersih adalah dengan rutin memandikan bayi. Namun rutinitas ini tentu sulit dilakukan jika bayi Mama takut mandi. Mungkin bayi Mama bertingkah seakan ia dapat tenggelam di bak mandinya.

Ketakutan ini adalah hal yang biasa terjadi. Jika tidak diatasi, mandi menjadi hal yang merepotkan Mama dan menakutkan bayi. Bagaimana cara mengatasinya? Popmama.com mengulas beberapa tips yang dapat dilakukan Mama.

1. Mandi dengan bayi

1. Mandi bayi
Freepik

Ini dapat membantu menenangkan reaksi panik awal atau keinginan untuk keluar dari bak mandinya dan menggenggam pinggiran bak.

Biarkan bayi bergantung pada Mama dan bersabarlah. Kemudian coba untuk mengalihkan perhatiannya dengan beberapa mainan atau gelembung atau mendorongnya untuk meniru Mama masuk ke dalam air.

Editors' Picks

2. Menyediakan mainan

2. Menyediakan mainan
User3802032 / Freepik

Apa mainan kesukaan bayi Mama? Mama dapat menyediakan mainan serupa untuk di kamar mandi. Atau cari mainan lain yang kira-kira dapat menarik perhatiannya. Jadikan mainan tersebut hanya untuk mainan di kamar mandi. Letakkan di bak mandi dan pastikan mainan tersebut hanya bisa dimainkan saat waktu mandi

Selain itu, Mama juga bisa mencoba meletakkan bayi di bak mandi yang kosong, biarkan bayi bermain di sana. Beri waktu bagi bayi untuk beradaptasi dengan bak mandinya sehingga saat diisi dengan air, bayi akan terbiasa.

3. Ganti jadwal mandi

3. Ganti jadwal mandi
freepik.com/zilvergolf

Jika Mama memandikan bayi sebelum ia tidur, bayi mungkin sudah lelah atau sedikit rewel dan mandi hanya membuatnya semakin stres. Coba pindahkan jadwal mandinya dan lakukan sebelum bayi tidur. Mungkin kelelahan menyebabkan bayi menjadi rewel dan takut mandi. Mama bisa memandikan bayi di pagi atau siang hari. Sedangkan di sore hari, cukup lap bayi dengan menggunakan handuk dan air hangat.

4. Berenang

4. Berenang
Pixabay/McStone

Coba ajak bayi ke kolam renang. Beberapa bayi tidak menyukai rutinitas mandi tapi suka dengan kolam. Lakukan kegiatan ini selama beberapa kali dan amati hasilnya, apakah bayi Mama mulai lebih santai di bak mandinya?

Mama juga dapat menyediakan kolam kecil atau bak mandi di halaman rumah. Mungkin bayi akan menganggapnya sebagai suatu permainan di halaman, bukan sebagai rutinitas harian yang menakutkan.

5. Gunakan kursi mandi

5. Gunakan kursi mandi
Pixabay/nguyenhuyentrang17280

Biarkan bayi merasakan suasana kamar mandi. Saat bayi menemani Mama mandi, letakkan bayi di kursi mandinya. Ajak bayi ngobrol agar ia merasakan bahwa kamar mandi sama dengan ruangan lainnya di rumah. Kemudian gendong bayi dan buat dia sedikit basah tanpa harus berendam di bak mandinya. Kembalikan bayi ke kursinya dan bilas dengan sedikit air. Nah, bayi Mama tidak menyadari kalau ia sudah mandi.

Apakah Mama memiliki pengalaman dengan bayi yang takut mandi? Apa yang Mama lakukan untuk mengatasinya? Yuk komen di bawah!

Baca juga:

Tanya Ahli

Mulai konsultasi seputar parenting yuk!

Hai Ma, mama mulai bisa bertanya dan berbagi pengalaman dengan ahli parenting.