5 Tips untuk Membuat Bayi Lebih Cerdas

5 cara sederhana ini merupakan persiapan dini untuk sekolah, Ma

2 September 2019

5 Tips Membuat Bayi Lebih Cerdas
Pixabay/DivvyPixel

Sebagai orangtua, kita semua menginginkan bayi yang bahagia dan sehat. Tidak hanya itu, Mama tentu ingin bayi menjadi cerdas juga.

Penelitian mengungkapkan bahwa beberapa hal dapat dilakukan oleh Mama untuk membesarkan bayi yang penuh rasa ingin tahu dan siap belajar.

Aktivitas pendidikan usia dini ini sangat sederhana dan yang terpenting, tidak membutuhkan gadget.

American Academy of Pediatrics (AAP) merekomendasikan orangtua untuk berkonsultasi dengan dokter tentang bagaimana menciptakan lingkungan yang mendukung dan merangsang untuk bayi sejak lahir. Tujuannya untuk meningkatkan perkembangan otak yang sehat dan membangun keterampilan sosial dan emosional. Semuanya ini dibutuhkan untuk persiapan mereka memasuki bangku sekolah nanti.

Simak ulasan Popmama.com mengenai aktivitas tersebut.

1. Jadikan membaca sebagian kegiatan keluarga yang menyenangkan

1. Jadikan membaca sebagian kegiatan keluarga menyenangkan
Pixabay.com/StockSnap

AAP merekomendasikan hal ini untuk membangun keterampilan bahasa, melek huruf, dan sosial-emosional yang bertahan seumur hidup. Tidak pernah terlalu muda untuk mulai membaca bersama bayi.

Menurut penelitian, membaca kepada bayi dapat meningkatkan aktivitas di bagian otak yang membentuk blok-blok pembangun bahasa, keterampilan membaca, dan imajinasi.

2. Lakukan rhyme: bermain, berbicara, bernyanyi, dan berpelukan bersama

2. Lakukan rhyme bermain, berbicara, bernyanyi, berpelukan bersama
Freepik/joaquincorbalan

AAP mendorong orangtua untuk menggunakan permainan untuk membantu memenuhi kesehatan dan tonggak perkembangan anak mereka, mulai dari kelahiran.

Butuh ide? Berikut adalah beberapa cara hebat untuk melakukan ini berdasarkan usia bayi. Obrolkan dengan bayi tentang hal-hal yang mereka lihat di sekitar mereka, di rumah, di toko, atau saat bepergian.

Daftarkan diri Mama dalam program dan kegiatan pendidikan dini yang berkualitas, luangkan waktu untuk mengunjungi museum anak-anak atau perpustakaan setempat, dan nikmati waktu bercerita.

Editors' Picks

3. Membangun rutinitas untuk makan, bermain, dan tidur

3. Membangun rutinitas makan, bermain, tidur
Freepik/yummypic

Ini membantu bayi dan anak untuk mengetahui apa yang diharapkan dari mereka untuk dilakukan. Membaca buku sebelum tidur atau bercerita adalah salah satu kegiatan yang baik untuk perkembangan anak. Menurut penelitian, makan bersama keluarga juga dapat membuat anak lebih sehat.

4. Beri penghargaan untuk bayi setelah melakukan sesuatu yang baik

4. Beri penghargaan bayi setelah melakukan sesuatu baik
Freepik

Bicarakan dengan dokter anak atau psikolog tentang cara membentuk dan mengelola perilaku bayi dan anak, membuat model perilaku yang baik, dan menguatkannya dengan menggunakan teknik disiplin positif yang membangun keterampilan pengaturan dirinya.

Dengan memberi pujian setelah bayi melakukan hal yang baik, beri pujian ya, Ma. Ini akan mendorongnya untuk terus melakukan hal ya baik.

Keterampilan sosial, emosional, dan perilaku anak Mama kelak sama pentingnya untuk keberhasilan sekolah.

5. Kembangkan hubungan saling menghormati

5. Kembangkan hubungan saling menghormati
Freepik/Freepic.diller

Hubungan orangtua- bayi yang kuat dapat melindunginya dari trauma masa kecil, yang dapat menurunkan peluang anak Mama kelak untuk berhasil di sekolah.

Ketika Mama berusaha untuk mengajar bayi tentang hubungan yang sehat, jangan lupa memberi contoh kepada mereka dalam kehidupan sehari-hari.

Menunjukkan keterampilan hubungan yang baik dengan pasangan dan meluangkan waktu untuk membina persahabatan dekat dengan orang lain, sama pentingnya dengan hanya membicarakan keterampilan ini.

Mama Adalah Guru Terbaik untuk Bayi Mama

Mama Adalah Guru Terbaik Bayi Mama
Freepik/Zilvergolf

Mainan tertentu tidak diperlukan bayi untuk mencapai tonggak perkembangan berikutnya. Tidak ada satu aplikasi yang akan mengajarkan anak membaca. Mama adalah apa yang bayi butuhkan untuk memulai di jalan menuju kesiapan sekolah dengan membaca setiap hari, berima, rutinitas, penghargaan, dan membangun hubungan.

Yuk dimulai dari sekarang.

Baca juga:

Tanya Ahli

Mulai konsultasi seputar parenting yuk!

Hai Ma, mama mulai bisa bertanya dan berbagi pengalaman dengan ahli parenting.