5 Makanan Tinggi Kalori yang Baik untuk Bayi

Enak, mudah didapat, dan bermanfaat!

17 Desember 2018

5 Makanan Tinggi Kalori Baik Bayi
Freepik/user3802032

Sudah mulai diberikan MPASI, tetapi berat badan bayi Mama masih tergolong kurang? Jika berat badan si Kecil membuat Mama khawatir, maka Mama perlu memberinya makanan tinggi kalori yang baik untuk bayi.

Menurut American Academy of Pediatrics (AAP), umumnya bayi usia 8 sampai 12 bulan membutuhkan sekitar 750 hingga 900 kalori per hari. Sekitar 400 sampai 500 kalori tersebut harus didapat dari ASI (atau susu formula jika ASI tidak memungkinkan). Untuk mendapatkan kalori sebanyak itu, kira-kira ASI yang harus diberikan ke anak adalah 720mL per hari.

Namun pada bayi dengan berat badan kurang, dokter mungkin akan merekomendasikan asupan kalori yang lebih besar lagi.

Nah, jika Mama mau memberikan makanan kaya kalori dan energi yang baik untuk bayi, beberapa pilihan di bawah ini bisa menjadi solusi yang tepat. Apa saja sumber kalori tersebut? Simak di bawah ini yuk, Ma.

1. Alpukat

1. Alpukat
Freepik/dashu83

Tak hanya enak dan mudah didapat, alpukat atau avokad adalah buah yang dikenal kaya kalori. Memberikan buah ini untuk bayi adalah cara termudah (dan mungkin terlezat) untuk menambah berat badan si Kecil.

Berikut beberapa alasan Mama perlu memberikan alpukat untuk anak:

  • Kaya akan nutrisi dan lemak sehat.
  • Mama bisa memberikan alpukat langsung dari kulitnya, tanpa perlu memprosesnya dengan rumit. Cara praktis lainnya adalah melumatkan alpukat dan mencampurnya dengan ASI. Mudah kan, Ma?
  • Sehat, mudah, dan enak dicampur dengan bahan makanan lainnya. Mama bisa mencampur puree alpukat dengan pisang atau bahkan tofu. Rasa alpukat cukup netral untuk dikreasikan menjadi makanan manis atau gurih.

2. Mentega

2. Mentega
Freepik/vectorpocket

Memberikan mentega (butter) dan minyak pada MPASI si Kecil adalah cara cepat untuk meningkatkan kalori pada asupannya.

Mama bisa memberikan butter pada hampir semua makanan yang disukai anak. Rasa gurih mentega sangat tepat untuk meningkatkan kelezatan makanan. Si Kecil pasti suka deh, Ma!

Oh ya, saat memberikan mentega untuk bayi, sebaiknya pilih yang unsalted butter, ya. Jenis mentega yang satu ini tidak diberi tambahan garam, sehingga tentu lebih baik untuk bayi.

Editors' Picks

3. Ubi manis

3. Ubi manis
Freepik/dashu83

Makanan yang mudah ditemukan di pasaran ini juga menjadi sumber kalori yang lezat. Ubi manis memiliki banyak manfaat juga lho untuk kesehatan anak. Dan tentu saja, efektif untuk menambah berat badan si Kecil.

Ini beberapa alasan ubi manis baik untuk anak Mama:

  • Ubi manis kaya akan kandungan gula dan beta karoten, yang keduanya tepat untuk meningkatkan berat badan.
  • Cara menyiapkannya sangat mudah. Bisa sekadar dilumatkan saja, atau bisa juga dicampur buah dan sayuran lainnya.
  • Walau manis, tetapi makanan yang satu ini bisa dikreasikan menjadi menu gurih juga lho, Ma.

4. Pisang

4. Pisang
blenderbabes.com

Buah khas negara tropis ini memang sangat mudah ditemukan di pasaran ya, Ma. Dan sepertinya semua anak suka pisang, tentu karena rasanya yang lezat dan mudah dikunyah.

Baik anak dengan berat badan normal pun, pisang adalah menu yang tepat untuk diberikan karena ini memberikan energi dan karbohidrat.

5. Telur

5. Telur
Pixabay/Congerdesign

Menurut Ikatan Dokter Anak Indonesia (IDAI), telur merupakan sumber protein hewani yang murah, mudah didapat, dan bergizi karena mengandung asam amino esensial lengkap. Satu buah telur rebus mengandung 77 kilo kalori, terdiri dari protein sekitar 6 gram, dan lemak total 5,3 gram.

Bolehkah bayi diberikan telur? Tentu saja boleh, tetapi pastikan telurnya matang sempurna ya, Ma. Ingat, telur setengah matang berpotensi menyebabkan infeksi salmonella, lho!

Selamat berkreasi dengan aneka menu lezat kaya kalori ya, Ma.

Berlangganan Newsletter?

Mau dapat lebih banyak informasi seputar parenting?
Daftar sekarang!