Cara Mengajarkan Bayi Mengerti Arti Kata Sebelum Bisa Bicara

Jangan anggap remeh! Ternyata, bayi berusia 6 bulan bisa membedakan arti kata benda-benda ini, Ma!

24 November 2019

Cara Mengajarkan Bayi Mengerti Arti Kata Sebelum Bisa Bicara
Pixabay/Iavaki

Pada usia 6 bulan, bayi sudah bisa berguling ke sana ke mari. Selain itu, bisa jadi pula ia sudah bisa duduk tanpa dipegangi lagi.

Walaupun pada usia ini kemampuan bayi masih jauh dari mengucapkan kata-kata bahkan yang sederhana sekalipun,  Mama jangan pernah sepelekan kemampuannya mengenali hubungan antara kata yang Mama ucapkan dengan benda yang ada di sekitar si Kecil. 

Elika Bergelson dari Duke University, AS, beserta rekan-rekannya, mempelajari sejumlah bayi yang berusia 6 bulan untuk mengetahui apakah mereka mengenali hubungan dari berbagai kata.

Berikut penjelasan selengkapnya yang telah Popmama.com rangkum untuk Mama ketahui.

Editors' Picks

1. Membedakan benda

1. Membedakan benda
Pixabay/PublicDomainPictures

Dengan menggunakan medote melacak gerakan mata, para peneliti menemukan bahwa bayi dengan tegas mengarahkan matanya pada gambar-gambar seperti "mobil", misalnya, saat objek tersebut dipasangkan dengan objek yang tidak terkait.

Hal ini terjadi saat sebuah gambar mobil dan jus, sama-sama diperlihatkan di depan matanya.

Namun, jika mobil ini dipasangkan dengan objek yang seperti stroller, bayi belum cukup piawai untuk melihat perbedaan jelasnya. Menurut Elika, bisa jadi bayi tidak yakin apakah stroller masuk dalam kategori mobil.

Dengan menggunakan rekaman video, para peneliti juga mengobservsi bahwa bayi belajar untuk mengenali kata-kata dengan lebih baik saat mereka bisa melihat objek yang digunakan.

Misalnya, saat orangtuanya mengatakan, "Ini sendok kamu," sambil benar-benar memberinya sendok.

Berdasarkan hasil penelitian yang ia lakukan, "Berdasarkan hasil lebih banyak kepada bayi  berfokus kepada apa yang mereka lihat, akan membentuk perkembangan bahasa dari awal," ungkap Elika.

2. Perlakukan bayi seperti orang dewasa

2. Perlakukan bayi seperti orang dewasa
Pixabay/947051

Walaupun tampaknya si Kecil belum bisa mengerti, namun Elika menyarankan agar Mama memperlakukan bayi seperti lawan bicara yang sudah bisa mengobrol.

Bahkan bayi mendengarkan dan belajar mengenai kata-kata dan dunia di sekitar mereka, jauh sebelum mereka menguasai kata-kata tersebut, paparnya.

Bahkan, dalam desertasinya yang berjudul Word Learning in 6-16 Month Old Infants, Elika menemukan bahwa pada usia 6 bulan, bayi sudah mengenal sekitar belasan kata untuk makanan dan bagian tubuhnya, seperti tangan dan kaki.

Jadi Mama harus ingat, bahwa pelajaran bukanlah dimulai dari hari pertama sekolah, namun dari hari pertama hidupnya. Oleh sebab itu perlakukanlah bayi sebagai teman mengobrol Mama.

Selain itu, jangan lupa, sentuhlah kaki atau tangannya sambil menyebutkan nama-nama bagian tubuh tersebut saat Mama memandikannya, mengganti bajunya, atau saat memberi si Kecil makan.

Hal ini akan membantunya untuk mengenali benda-benda yang ada di sekitar si Kecil dengan lebih cepat, dan pastinya membantu perkembangan penguasaan bahasanya.

Jika Mama ingin tahu perkembangan bahasa anak, baca artikel ini.

Keren ya, Ma!

3. Memberi stimulasi yang cukup

3. Memberi stimulasi cukup
mumsnet.com

Memberi stimulasi sering memperlihatkan barang-barang dan warna-warna sambil menyebutkan namanya. Kegiatan ini  sebagai tambahan untuk membantu bayi mama lebih memerhatikan banyak hal. 

Lama-lama si Kecil akan lebih mudah mengenali benda-benda yang sering dilihatnya. Bayi mama juga jadi lebih mudah memahami apa yang dikomunikasikan pada dirinya setiap kali Mama memperlihatkan benda tersebut ke si Kecil.

Itulah beberapa cara yang bisa Mama lakukan sehari-hari di rumah. Sudah dicoba belum Ma?

Tanya Ahli

Mulai konsultasi seputar parenting yuk!

Hai Ma, mama mulai bisa bertanya dan berbagi pengalaman dengan ahli parenting.