Aktivitas Belajar Sambil Bermain Menyenangkan untuk Bayi Usia 11 Bulan

Jelang usia setahun, bayi sudah mulai bergerak aktif. Main apa yang cocok untuknya?

21 Maret 2019

Aktivitas Belajar Sambil Bermain Menyenangkan Bayi Usia 11 Bulan
pxhere.com

Selalu saja ada hal-hal ajaib yang dilakukan si Kecil di masa tumbuh kembangnya. Meskipun masih sangat kecil, bayi ternyata memiliki kemampuan yang luar biasa, yang terkadang membuat Mama berdecak kagum bukan?

Tiap bulan usianya, bayi memiliki tahapan perkembangan diri yang berbeda-beda. Di usia 11 bulan, bayi sudah mulai bergerak aktif menjelajahi dunia di sekitarnya. Ia mulai merangkak sendiri atau pun berpegangan pada tembok dan orang di dekatnya. Si Kecil pun mulai bisa minum sendiri dari cangkirnya dan membuat gestur tubuh tertentu saat ingin melakukan sesuatu.

Di usia 11 bulan ini, Mama mulai bisa mengombinasikan aktivitas belajar dan bermain yang menyenangkan untuk merangsang motorik anak. Berikut tiga aktivitas yang bisa dilakukan bersamanya. 

1. Bermain tebak warna dan rasa makanan

1. Bermain tebak warna rasa makanan
Pixabay.com

Si Kecil sudah bisa makan sendiri nih, Ma, baik itu menggunakan tangannya langsung atau memakai sendok. Mama bisa mulai memperkenalkan aneka rasa, bentuk dan warna lewat makanan lewat cara berikut ini:

  1. Berikan cemilan aneka bentuk di pagi dan siang hari. Cemilan ini bisa divariasikan, mulai dari biskuit, aneka buah-buahan yang dipotong dengan berbagai bentuk atau menggunakan cookie cutter. Sambil makan, ajak si Kecil "bermain" misalnya dengan makan makanan warna merah atau bentuk bulat sebelum ia memakan makanan warna lain. Sebutkan bentuk dan warna makanan dan biarkan si Kecil menebaknya. Ingat! Pujilah dirinya jika ia jawabannya benar. 
  2. Indra perasa anak mulai berkembang di usia ini. Mama bisa menyajikan aneka rasa makanan supaya acara makan jadi lebih menyenangkan. Bacalah ekspresi si Kecil saat makan kemudian komunikasikan rasa yang diperolehnya, misalnya, "Apelnya manis ya Nak?" 

Editors' Picks

2. Mendongeng dengan boneka tangan

2. Mendongeng boneka tangan
Pexels.com

Jelang usia 1 tahun, bayi mulai mengerti bahwa dirinya adalah pribadi yang unik. Ia menyadari apa yang disukai dan tidak disukainya. Nah, momen ini jadi momen yang tepat bagi Mama untuk mengasah kemampuan komunikasinya.

Mama bisa mengajak si Kecil terus mengobrol dan bercerita. Bermain boneka tangan bisa merangsang anak untuk merespon dan berkomunikasi dengan orang lain di luar dirinya. Mama bisa mengombinasikan antara narasi cerita dengan pertanyaan-pertanyaan sederhana, meskipun di usia ini bayi memang belum sepenuhnya memahami maksud pertanyaan Mama.

3. Membaca buku cerita bergambar

3. Membaca buku cerita bergambar
Pixabay.com

Sebagian besar bayi usia 11 bulan mulai tertarik dengan benda-benda di sekitarnya. Tak terkecuali buku. Seaktif apapun si Kecil, biasanya ia akan tertarik dengan kegiatan membaca buku bersama orangtuanya. 

Apa sih manfaat membaca buku untuk bayi usia 11 bulan? Di momen ini bayi akan belajar bagaimana caranya membalik halaman buku, menyimak gambar-gambar yang menarik perhatian, merasakan tekstur kertas dan elemen lain pada buku bahkan menirukan suara mama saat membacakan cerita dalam buku. 

Jangan keburu kecewa ya, Ma, jika si Kecil tampak bosan saat Mama mengajaknya membaca buku bersama karena di usia ini rentang konsentrasinya masih sangat pendek. Tak perlu pula memaksanya untuk terus menyimak. Tetaplah sabar dan terus menumbuhkan kebiasaan membaca ini. Seiring bertambahnya usia bayi, rentang konsentrasinya semakin panjang dan lambat laun ia akan menyadari bahwa membaca adalah kegiatan yang menyenangkan.

Ketika Mama mencatat milestone-milestone yang dialami bayi mama, ingatlah bawa setiap bayi berkembang dengan kecepatan dan cara yang berbeda-beda. Teruslah memberikan rangsangan melalui variasi aktivitas yang menyenangkan untuknya. Semoga artikel ini memberikan inspirasi ya, Ma!

Baca Juga:

Berlangganan Newsletter?

Mau dapat lebih banyak informasi seputar parenting?
Daftar sekarang!