Apa yang Harus Dilakukan Jika Anak Menelan Koin dan Benda Asing Lain?

Karena rasa ingin tahu bisa menjadi bahaya jika tak segera ditangani

16 April 2019

Apa Harus Dilakukan Jika Anak Menelan Koin Benda Asing Lain
goodfreephotos.com

Dalam tahap perkembangannya, salah satu cara anak dalam belajar mengenal lingkungan sekitarnya dengan cara menyentuh, merasakan, dan memasukkan sesuatu ke dalam mulutnya. Di momen ini, rasa ingin tahu anak sangatlah besar. Tak heran, jika kemudian Mama sering mendengar kejadian seorang anak tak sengaja menelan benda-benda kecil, seperti kancing, baterai atau koin. Atau jangan-jangan Mama pernah mengalami kejadian seperti ini? 

Kejadian menelan benda-benda asing yang bukan makanan, misalnya seperti koin sebenarnya adalah masalah umum yang kerapkali dialami orangtua yang memiliki balita. Biasanya benda-benda yang berkilauan yang menarik bayi dan anak-anak. Bagi anak-anak, ini merupakan pengalaman baru yang menyenangkan. Namun, tidak demikian yang dirasakan orangtua.

Jika si Kecil menelan benda asing, apa yang sebaiknya dilakukan? Berikut saran yang kami lansir dari beingparents.com.

1. Memberi makanan yang lembut dan berserat

1. Memberi makanan lembut berserat
Pixabay/dhanelle
Mama bisa kok, menangani anak mama yang suka pilih-pilih makanan!

Langkah pertama saat Mama melihat si Kecil menelan koin adalah perhatikan gejalanya. Gejala yang tampak biasanya keluar air liur terus-menerus dari mulut, kesulitan menelan apapun, muntah, nyeri dada, dan sakit pada lehernya.

Jika hal ini terjadi, beri makanan yang lembut dan berserat seperti pisang. Hal ini bertujuan agar mempermudah benda asing tersebut bergerak dalam sistem pencernaan dan keluar melalui tinja si Kecil.

2. Periksa tinja si Kecil

2. Periksa tinja si Kecil
thestir.cafemom.com

Jika anak secara tidak sengaja menelan koin dan menyebabkan koin tersebut masuk ke dalam perut, ada kemungkinan benda tersebut akan melewati usus besar dan akan keluar bersama tinja.

Periksalah kotoran si Kecil, setidaknya dalam dua atau tiga hari ke depan. Ini dapat dilakukan dengan cara menempatkan kotoran di pispot dan menyemprotkan air panas ke atasnya untuk memastikan apakah benda asing atau koin yang tertelan telah keluar dengan baik dan tidak tersangkut dalam pencernaan anak. 

Memang sedikit kurang nyaman saat melakukannya, tetapi hal ini penting untuk mengidentifikasi adanya kejanggalan pada sistem pencernaan si Kecil ya, Ma.

Editors' Picks

3. Amati dengan cermat tanda gangguan kesehatan

3. Amati cermat tanda gangguan kesehatan
Freepik/shangarey

Pengamatan berkala dan cermat ini sangat penting untuk dilakukan orangtua saat anak kedapatan menelan koin atau benda asing lainnya. Pada kasus tertentu, meski ada koin yang terjebak dalam kerongkongannya, anak masih dapat menelan makanan tanpa kesulitan. Parahnya, kondisi seperti ini dapat menyebabkan terjadinya peradangan pada jaringan esofagus yang tentu saja sangat berbahaya jika tidak segera diatasi. 

4. Beri banyak air minum

4. Beri banyak air minum
Freepik/Rawpixel.com

Saat anak dalam kondisi menelan koin atau benda asing, pastikan Mama memberinya banyak minum air agar tubuhnya tidak mengalami dehidrasi. Tubuh yang terhidrasi dengan baik akan membuat koin mudah keluar dari dalam pencernaan. 
 

5. Cari bantuan medis

5. Cari bantuan medis
pixnio.com

Meskipun anak tidak menunjukkan gejala yang mengkhawatirkan, tetapi sangat berbahaya jika koin atau benda asing yang tertelan tidak kunjung keluar selama lebih dari 48 jam.

Saatnya Mama mencari bantuan medis. Dalam kondisi ini dokter mungkin akan membantu memberikan obat atau melakukan tindakan medis yang aman agar koin bisa cepat keluar. 

Pada usia tertentu, anak memiliki kecenderungan untuk mengamati segala sesuatu dengan menggunakan semua indranya. Jadi, sangat penting untuk tidak meninggalkan anak dengan benda-benda berukuran kecil yang mudah untuk diraihnya tanpa pengawasan orangtua. 

Baca Juga:

Berlangganan Newsletter?

Mau dapat lebih banyak informasi seputar parenting?
Daftar sekarang!