Hindari Konsumsi Makanan ini agar Ruam Popok Bayi Tidak Makin Buruk

Bukan hanya faktor dari bahan popok yang bikin gatal, makanan pun bisa memperburuk kondisinya

11 Juli 2019

Hindari Konsumsi Makanan ini agar Ruam Popok Bayi Tidak Makin Buruk
Freepik/tisiple

Pemakaian popok sekali pakai, bagi mama modern, merupakan hal yang memudahkan hidup. Tak perlu repot-repot mencuci, popok bisa langsung dibuang dan dikenakan, bahkan dalam kondisi yang mendesak. Dalam perjalanan di mobil, misalnya.

Namun, di sisi lain, popok sekali pakai diciptakan menggunakan material campuran yang berisiko alergi dan ruam pada kulit bayi. Ruam popok merupakan iritasi yang sering dialami bayi terutama di area yang tertutup popok seperti bokong, paha, maupun alat kelamin.

Ada beberapa hal yang dapat menyebabkan bayi terkena ruam popok, termasuk karena pemakaian popok yang terlalu lama dan dalam keadaan lembab. Bukan hanya itu saja lho, Ma. Ternyata, ruam popok yang dialami bayi juga dapat disebabkan oleh jenis makanan tertentu seperti buah-buahan yang memiliki rasa asam.

Lalu, makanan apa saja sih yang harus dihindari oleh bayi agar ruam popok tidak semakin parah? Berikut Popmama.com bagikan daftarnya.

Editors' Picks

1. Tomat

1. Tomat
Freepik/Dashu83

Dilansir dari livestrong.com, tomat adalah salah satu jenis buah yang sebaiknya tidak diberikan pada bayi yang mengalami ruam popok. Sebab, kandungan asam dalam buah tomat akan memperburuk rasa gatal dan peradangan. 

Bukan hanya bayi yang harus mengurangi mengonsumsi tomat. Jika bayi masih ASI, sebaiknya Mama pun mengurangi konsumsi tomat maupun produk olahannya (saus tomat, misalnya).

2. Jeruk

2. Jeruk
Pexels/Pixabay

Tak hanya tomat, golongan buah jeruk yang mengandung rasa asam disinyalir juga dapat memperburuk kondisi ruam popok pada bayi. Hal ini dapat Mama amati ketika si Bayi mengonsumsi makanan atau minuman yang mengandung buah jeruk, seperti jus jeruk atau bubur yang mengandung jeruk.

Feses bayi akan cenderung asam, sehingga saat terjebak dalam popok, bereaksi dengan kulit yang sensitif. Karena itu, usahakan Mama mengurangi pemberian makanan atau minuman yang mengandung jeruk pada si Kecil untuk mencegah agar ia tidak mengalami ruam popok lagi.
 

3. Jenis buah berry

3. Jenis buah berry
Freepik/Jcomp

Ada lagi golongan buah-buahan yang meski memiliki kandungan yang baik bagi tubuh, tetapi dapat memperparah kondisi ruam popok pada bayi. Ya, golongan buah beri, seperti stroberi, raspberry, blueberry, atau pun blackberry. Meskipun rasanya enak, tetapi mengandung kandungan asamnya mengubah kondisi feses. Sebagian besar bayi yang mengonsumsinya pertama kali, ruam popoknya semakin parah karenanya.

Pada intinya, ruam popok pada bayi terjadi karena sistem pencernaan tubuh bayi belum mampu mencerna bahan makanan dengan baik sehinga memengaruhi kondisi tinja yang menempel pada kulit di area yang tertutup popok. Karena itu, disarankan bagi Mama untuk menghindari jenis-jenis makanan tersebut hingga bayi berusia sembilan bulan.

Baca Juga:

Tanya Ahli

Mulai konsultasi seputar parenting yuk!

Hai Ma, mama mulai bisa bertanya dan berbagi pengalaman dengan ahli parenting.