Perkembangan Bayi Usia 11 Bulan 2 Minggu: Main-main dengan Buku Anak

Seperti apa perkembangan bayi usia 11 bulan 2 minggu? Mengapa semakin sulit ditinggal?

27 September 2019

Perkembangan Bayi Usia 11 Bulan 2 Minggu Main-main Buku Anak
Freepik/V.ivash

Buku adalah benda yang sangat menarik perhatian bayi mama akhir-akhir ini. Ia kini senang melihat gambar-gambar yang ada dalam buku dan membalik halaman-halamannya dengan antusias, meski belum bisa membaliknya satu per satu. Berikan buku yang didominasi gambar dengan warna-warni beragam dan obyek benda sehari-hari. 

Di sisi lain, bayi mama telah bergulat dengan kegelisahan akan perpisahan selama beberapa minggu belakangan. Ini wajar: Dia menyayangi dan bergantung pada Mama, jadi ia merasa sedih saat Mama pergi.

Untuk memudahkan proses ini, lakukan dengan cepat dan tanpa drama. Jangan memperpanjang kesedihan dengan perpisahan yang lama. Si Kecil akan segera teralihkan segera setelah Mama hilang dari pandangan. 

Bantu ia belajar lebih mandiri dengan tidak membayang-bayanginya setiap saat. Tentu, ia masih perlu tahu Mama berada di sekitarnya dan bisa membantunya. Jadi, jika ia berjalan ke ruangan lain, tunggu beberapa menit sebelum menyusulnya. Jika Mama pergi ke area lain rumah, panggillah namanya, tetapi jangan terburu-buru menghampiri tiap kali ia bersuara.

Editors' Picks

Kehidupan Orangtua: Merayakan Ulangtahun si Kecil

Kehidupan Orangtua Merayakan Ulangtahun si Kecil
Freepik

Tinggal dua minggu lagi sebelum ulangtahun pertama si Kecil. Momen ini tentu sangat membanggakan dan membahagiakan. Hari bersejarah yang ingin dirayakan dengan seluruh orang yang mencintainya. Berikut ini beberapa ide merayakan ulangtahun pertama si Kecil agar dapat selalu dikenang:

  • Pesta di rumah

Buat perayaan tetap sederhana dengan mengadakannya di rumah atau halaman rumah. Bayi akan merasa nyaman di sana dan Mama lebih mudah menangani dekorasi, makanan dan persiapan lainnya. Undang beberapa anak lainnya yang merupakan kerabat atau teman Mama dan Papa.

  • Rayakan dengan keluarga

Rencanakan makan siang atau makan malam bersama keluarga. Bayi mama akan merasa lebih nyaman melihat wajah-wajah yang akrab. Dan jika Mama mengabadikan gambar, nantinya ia akan ingat momen berharga bersama keluarga yang mencintainya.

  • Ajak anak jalan-jalan

Tak perlu liburan ke luar kota atau luar negeri, sesederhana menikmati waktu berkualitas bersama keluarga ke taman kota atau piknik di taman pastinya sangat menyenangkan.

  • Merayakan ulangtahun bersama-sama

Mungkin ada anak-anak lain yang berulangtahun di waktu bersamaan dengan bayi mama. Tak ada salahnya merayakannya bersama-sama. Tetapi perlu diingat untuk sepakat membatasi jumlah tamu agar orangtua dan bayi tak kewalahan.

Apakah Bayi 11 Bulan Sudah Siap Disapih?

Apakah Bayi 11 Bulan Sudah Siap Disapih
Freepik/Freepic.diller

Sebagian bayi mulai menyapih pada usia ini. Kesiapannya ini terlihat dari tanda-tanda hilangnya minat saat menyusui. Bagi Mama, menyapih ini bisa jadi dilema. Di satu sisi merasa lega karena akhirnya bayi sudah bisa mandiri, tetapi di sisi lain muncul rasa tidak rela melepaskan ikatan dengan bayi. Namun pada umumnya, orangtua menyapih anaknya di usia satu tahun.

Supaya menyapih bisa berjalan lebih mudah, kurangi frekuensi sesi menyusui perlahan-lahan dan gantikan dengan susu formula. Jika si Kecil menolak minum dari botol, Mama bisa memberinya sippy cup. 

Lihat tandanya saat si Kecil siap untuk disapih. Sebagai ganti bonding saat menyusui, berikan perhatian lebih padanya. Alihkan perhatian bayi jika ia ingin menyusu dengan mengajaknya bermain dan berikan susu formula dalam botol atau sippy cup

Seiring dengan proses menyapih, payudara Mama mungkin akan bengkak karena ASI tidak dikeluarkan dan butuh penyesuaian. Segera kompres dengan air dingin dan perah menggunakan pompa ASI. Ibuprofen juga dapat meringankan rasa sakit akibat payudara bengkak ini.

Baca Juga:


 

Tanya Ahli

Mulai konsultasi seputar parenting yuk!

Hai Ma, mama mulai bisa bertanya dan berbagi pengalaman dengan ahli parenting.