Perkembangan Bayi Usia 12 Bulan 4 Minggu: Mencoba Meniru Orangtuanya

Seperti apa perkembangan bayi usia 12 bulan 4 Minggu? Ia pura-pura menelepon, pergi bekerja. Gemas!

27 September 2019

Perkembangan Bayi Usia 12 Bulan 4 Minggu Mencoba Meniru Orangtuanya
sheknows.com

Menjajaki usia 12 bulan 4 minggu alias jelang usia 2 tahun, si Kecil kini sangat senang memperhatikan sekitarnya. Termasuk apapun yang dilakukan orangtuanya. Tak hanya memperhatikan, kini ia juga menirukan perilaku dan kebiasaan sekitarnya. Beginilah caranya mempelajari perilaku dasar manusia.

Mama akan melihat si Kecil menyisir rambut, mengelap meja dengan kain, menggunakan smartphone orangtua dan seolah-olah menelepon, memakai kacamata Anda atau mengenakan sepatu berhak tinggi mama. Akhirnya, dia juga akan menangkap kata-kata dan pola bicara mama. Menggemaskan banget deh!

Namun, perilaku mengimitasi ini juga perlu diperhatikan baik-baik. Si Kecil mungkin melihat orangtua mengonsumsi vitamin atau pil dan kemudian, ketika tidak ada orang yang memperhatikan, ia akan melakukan hal yang sama. Jadi waspadalah terhadap keamanan di sekitar rumah. Simpan obat-obatan di tempat yang terkunci dan jangan biarkan berserakan. Jangan sampai anak melihat bagaimana cara mama membuka kait-kait pengaman. Ia bisa saja melakukannya sendiri tanpa terduga.

Belum Bisa Berjalan Hingga Jelang Usia 2 Tahun, Normalkah?

Belum Bisa Berjalan Hingga Jelang Usia 2 Tahun, Normalkah
Freepik

Melihat anak-anak seusianya sudah mampu berjalan tetapi si Kecil belum bisa? Mama tak perlu terlalu khawatir. Kisaran normal anak bisa berjalan ini sangatlah luas, dan beberapa anak belum berjalan sampai umur 16 atau 17 bulan.

Usia 12 bulan adalah waktu yang tepat mengingat bahwa setiap anak itu unik dan memiliki waktunya masing-masing dalam mencapai milestonenya. Yang penting adalah perkembangan lainnya juga terus menunjukkan progres. Ia terus mengembangan dan mempelajari ketrampilan baru.

Pedoman perkembangan hanya menunjukkan potensi-potensi yang sekiranya dapat dicapai anak Anda. Jika tidak sekarang, maka segera si Kecil akan mencapainya. Percayai insting mama, dan jangan ragu menyampaikan kekhawatiran mama pada dokter anak Anda jika Mama merasa khawatir atau ingin tahu apa yang harus diperhatikan.

Baca Juga:

Tanya Ahli

Mulai konsultasi seputar parenting yuk!

Hai Ma, mama mulai bisa bertanya dan berbagi pengalaman dengan ahli parenting.