Sembuhkan Berbagai Masalah Kulit, Yuk Ajak Bayi Mandi Oatmeal

Tak hanya bergizi untuk dimakan, oatmeal juga bisa jadi perawatan kulit yang baik untuk bayi

13 April 2021

Sembuhkan Berbagai Masalah Kulit, Yuk Ajak Bayi Mandi Oatmeal
Freepik/jcomp

Sudah ratusan tahun lamanya oatmeal digunakan untuk mengatasi berbagai masalah kulit dan perawatannya. Karena sangat ringan dan alami, oatmeal aman untuk mengatasi berbagai masalah kulit pada bayi. Maka dari itu tak heran jika oatmeal digunakan sebagai bahan untuk berbagai sabun dan losion perawatan kulit bayi. 

Melihat manfaatnya, banyak orang menyertakan oatmeal dalam ritual mandi bayi sehari-hari. Apa manfaatnya dan bagaimana caranya? Berikut Popmama.com merangkum serba-serbi manfaat mandi oatmeal untuk bayi, dilansir dari Parenting Firstcry:

Mengenal tentang Mandi Oatmeal

Mengenal tentang Mandi Oatmeal
Pixabay/Fotoblend

Mandi oatmeal adalah metode mandi dengan cara mencampurkan air untuk berendam dengan oatmeal. Secara medis, oatmeal mengandung senyawa yang mengurangi rasa gatal dan peradangan, sekaligus melembapkan dan menenangkan kulit. 

Karena bayi memiliki kulit yang sangat lembut dan sensitif, maka penggunaan sabun atau losion obat-obatan dapat membahayakan karena bahan kimia tersebut dapat menyebabkan ruam, alergi, dan kulit kering. Oatmeal dapat membantu memelihara dan menjaga kesehatan kulit bayi. 

Lalu, apa saja sih manfaat mandi oatmeal untuk bayi? 

1. Mengobati kondisi kulit bermasalah

1. Mengobati kondisi kulit bermasalah
Freepik/Evening_tao

Mandi oatmeal adalah pengobatan efektif untuk kondisi kulit bayi dan balita yang bermasalah. FDA mencantumkan oatmeal koloid sebagai pelindung kulit. Oatmeal mengobati masalah kulit seperti dermatitis atopik, cacar air, ruam popok, eksim, psoriasis, reaksi terhadap tanaman, atau gigitan serangga. 

Editors' Picks

2. Antioksidan dan anti inflamasi

2. Antioksidan anti inflamasi
Freepik/evening_tao

Oatmeal mengandung avenanthramides dan polifenol. Kedua senyawa ini memiliki sifat antioksidan dan anti inflamasi. Nutrisi lain seperti magnesium, vitamin D, dan serat pada oatmeal bermanfaat untuk kulit bayi dan membantu memperbaiki struktur kulit yang rusak.

3. Menenangkan kulit

3. Menenangkan kulit
Freepik/racool_studio

Mandi oatmeal terbukti menenangkan kulit. Dengan semua sifat anti peradangannya, oatmeal membantu menenangkan kulit. Bahkan meski bayi mama sedang tidak mengalami masalah kulit serius. Apabila si Kecil mengalami iritasi ringan, sengatan matahari, gatal-gatal, dan alergi, mandi oatmeal adalah cara termudah untuk menyembuhkannya. 

4. Melembapkan kulit

4. Melembapkan kulit
Freepik/jcomp

Oatmeal juga mengandung polisakarida dan hidrokoloid. Kedua senyawa ini menciptakan pelindung pada kulit sehingga mencegah hilangnya kelembapan kulit. Tak perlu risih meski mandi dengan oatmeal karena faktanya oatmeal dapat membersihkan kulit seperti sabun dengan adanya kandungan saponin di dalamnya. 

Cara Mandi Oatmeal untuk Bayi

Cara Mandi Oatmeal Bayi
Freepik/pch-vector

Mandi oatmeal dapat dilakukan dengan mudah di rumah. Berikut ini beberapa bahan-bahan yang diperlukan untuk mandi oatmeal, yaitu:

  • 1/2 cangkir oatmeal koloid, yaitu oatmeal yang digiling halus. Mama bisa membuatnya sendiri dari oatmeal instan tanpa rasa dan organik yang digiling.
  • Air hangat untuk mandi
  • Bak mandi
  • Pelembap kulit

Campurkan air mandi dengan oatmeal. Pastikan tekstur oatmeal menjadi sangat halus dan air untuk mandi berubah warna menyerupai susu. Air mandi pun siap digunakan. 

Jangan lupa membilas tubuh bayi dengan air bersih yang hangat, keringkan tubuh bayi, dan aplikasikan pelembap kulit untuk menciptakan pelindung kulit yang mengikat kelembapan alaminya. 

Peringatan Alergi yang Mungkin Timbul

Peringatan Alergi Mungkin Timbul
Freepik/Luis-molinero

Meski tergolong sebagai bahan alami yang aman dan baik untuk merawat kesehatan kulit, nyatanya pada sebagian orang, oatmeal merupakan alergen yang harus dihindari.

Agar lebih aman, sebelum mempersiapkan mandi oatmeal, lakukan tes dengan mengaplikasikan sedikit oatmeal pada kulit bayi. Tunggu sekitar 10-15 menit untuk melihat jika adanya reaksi pada bayi. Jika tidak ada reaksi, Mama bisa melanjutkan mandi oatmeal.

Itulah informasi mengenai manfaat mandi oatmeal untuk bayi. Mandi oatmeal adalah perawatan yang cepat, mudah, murah, serta tidak memiliki efek berbahaya pada bayi. Untuk hasil yang efektif, Mama bisa memandikan bayi dengan cara ini satu sampai dua kali sehari, atau sesuai anjuran dokter anak.

Selamat mencoba, Ma!

Baca juga:

Tanya Ahli

Mulai konsultasi seputar parenting yuk!

Hai Ma, mama mulai bisa bertanya dan berbagi pengalaman dengan ahli parenting.