Jadi Pahlawan! Anak Ini Selamatkan Balita yang Hampir Tewas Kepanasan

Heroik banget nih aksi anak 12 tahun menyelamatkan balita yang hampir tewas terkunci di dalam mobil

28 Agustus 2019

Jadi Pahlawan Anak Ini Selamatkan Balita Hampir Tewas Kepanasan
kfor.com

Ben Theriot, 12 tahun dianugerahi Lencana Keberanian karena aksi heroiknya menyelamatkan balita berusia 2 tahun yang nyaris tewas. Lencana itu didapat Ben dari Kepolisian Tulsa, Oklahoma, Amerika Serikat. 

Ben mengatakan, ia melakukan tindakan cepat karena melihat bahwa anak di dalam mobil sudah sangat menderita. "Saya tidak banyak berpikir lagi. Anak kecil itu menangis keras dan cuaca yang panas pasti membuat suhu di dalam mobil sangat panas. Saya langsung mengambil tindakan sebab itu sangat berbahaya," kata Ben kepada Newson6.com.

Bagaimana cerita lengkap tentang Ben ini? Popmama.com telah merangkumnya di bawah ini.

1. Kronologi kejadian

1. Kronologi kejadian
Thebl.com

Ben sedang menemani mamanya, Nicole Fields yang hendak berbelanja sepatu di sebuah toko. Ketika melintasi parkiran, Ben dan Nicole melihat seorang balita menangis di dalam mobil yang terkunci. Tidak ada jendela yang terbuka sehingga dipastikan tidak ada udara yang masuk ke dalam mobil. 

Nicole langsung bertindak dengan menelepon 911. Ia juga meminta Ben mencari benda apa pun di dalam mobil untuk memecahkan kaca. Nicole meminta bantuan paramedik dan polisi untuk menyelamatkan si Balita. Namun, melihat situasi genting, Ben mengambil tindakan. Ia mengambil rachet strap atau tali penarik yang memiliki kepala logam yang besar. Ben memukul kaca depan mobil dengan tali itu beberapa kali dan kemudian ia menginjak kaca yang telah retak sehingga ia bisa masuk ke dalam mobil. 

"Awalnya saya mencoba memecahkan kaca samping tetapi tidak bisa pecah. Malah, kepala logam bengkok dan rusak. Akhirnya, saya mengayunkan tali dengan kuat ke bagian tengah kaca depan mobil. Kaca berhasil retak dan ketika saya injak, langsung pecah. Saya lalu menarik anak itu keluar. Ia tampak ketakutan," cerita Ben tentang kejadian yang terjadi pada 23 Agustus 2019 ini. 

Editors' Picks

2. Polisi membantu penyelamatan si Balita

2. Polisi membantu penyelamatan si Balita
Freepik/Yaoinlove

Segera setelah dihubungi Nicole, polisi dan paramedis datang ke lokasi kejadian. Polisi mengapresiasi tindakan Ben sebab setelah mengecek kondisi si Balita, mereka tahu bahwa anak itu tidak akan selamat jika Ben tidak bertindak cepat.

"Jika menunggu beberapa menit lagi, anak itu bisa pingsan dan meninggal karena kepanasan. Waktu adalah hal yang paling penting dalam situasi itu," kata Jeanne Pierce, polisi yang pertama kali datang ke lokasi.

Pihak berwenang yang memeriksa kondisi si Anak mengatakan bahwa ia tidak mengalami cedera meski terlihat syok. Karenanya polisi tidak membawa si Balita ke rumah sakit dan fokus mencari keberadaan mama si Anak.

3. Mama si Anak sedang sibuk belanja baju

Polisi akhirnya menemukan mama si Balita. Ia diketahui sedang asyik belanja di Ross for Less, sebuah toko baju murah. Ia kaget ketika mengetahui bahwa anaknya ditemukan di dalam mobil dan nyaris tewas. Di hadapan polisi sang Mama mengaku bahwa ada orang dewasa lain di dalam mobil yang menjaga anaknya. 

"Ini benar-benar sebuah kecelakaan sebab saya meninggalkan anak saya dengan orang lain di mobil. Ia terjaga dengan baik," alasan sang Mama. 

Polisi tidak begitu saja percaya sebab pada kenyataannya si Balita laki-laki itu ditemukan sendirian di dalam mobil yang terkunci. 

Karena keteledorannya, mama si Balita mendapat tilang "Forget Me Not" dan diharuskan membayar denda sebesar 250 US Dollar atau sekitar Rp 3.600.000. Hukum pelanggaran lalu lintas di Amerika memang membolehkan denda untuk hal-hal seperti ini.

Tips Keselamatan Saat Pergi Bersama Anak

Tips Keselamatan Saat Pergi Bersama Anak
Freepik/Rawpixel.com

Saat sedang asyik melakukan perjalanan, sebaiknya Mama bisa mengingat bahwa si Kecil turut ikut. Meskipun banyak orang menganggap sedikit kemungkinannya untuk lupa kalau sedang membawa anak, faktanya kecelakaan seperti ini sering terjadi.

Kelupaan membawa anak terjadi jika Mama terburu-buru, sibuk, tidak konsentrasi dan anak diam, mungkin tertidur sehingga Mama tidak menyadari keberadaannya. Popmama.com berikan beberapa tips untuk Mama dan Papa agar si Kecil selalu aman saat di dalam mobil:

  1. Buatlah SOP saat keluar mobil. Periksa dan lihat kembali ke kursi belakang sebelum mengunci mobil.
  2. Selalu memberi peringatan kepada orang terdekat untuk selalu lebih waspada jika membawa anak di dalam mobil. Beri pemahaman mengenai bahayanya meninggalkan anak di dalam mobil.
  3. Letakan mainan si Kecil di kursi depan, supaya Mama selalu ingat dengan keberadaan si Kecil saat melakukan perjalanan menggunakan mobil. Atau sebaliknya, simpan barang penting Mama, misalnya tas di bagian belakang mobil sehingga Mama pasti menengok ke belakang. 
  4. Tinggalkan anak hanya jika ada yang mengawasi di mobil. Bukalah kaca mobil dan aktifkan kunci pengaman untuk anak (child lock system) saat meninggalkan anak. 
  5. Jangan pernah meninggalkan anak di mobil meski Mama pergi hanya sebentar atau karena anak sedang tidur. 

Itu beberapa tips yang bisa Mama terapkan saat melakukan perjalanan bersama anak. Semoga bermanfaat ya, Ma!

Baca juga: Ditinggal 3 Jam, Seorang Balita Tewas Kepanasan di Dalam Mobil

Tanya Ahli

Mulai konsultasi seputar parenting yuk!

Hai Ma, mama mulai bisa bertanya dan berbagi pengalaman dengan ahli parenting.