Bacaan Niat dan Ketentuan Puasa Rajab yang Perlu Diajarkan ke Anak

Tanggal 1 Rajab dimulai hari Sabtu, 13 Februari 2021!

12 Februari 2021

Bacaan Niat Ketentuan Puasa Rajab Perlu Diajarkan ke Anak
Pixabay/Bayu_Z

Sebentar lagi, kalender Islam (Hijriyah) memasuki bulan Rajab. Awal bulan Rajab ini bertepatan dengan tanggal 13 Februari 2021 dalam kalender masehi. Dengan demikian, maka tanggal 1 Rajab 1442 H jatuh pada hari Sabtu. 

Rajab termasuk bulan yang mulia karena banyak peristiwa Islam bersejarah di dalamnya. Selain Rajab, terdapat beberapa bulan lain yang disebutkan sebagai bulan haram atau mulia, yaitu Dzulqa’dah, Dzulhijjah, Muharram. 

Salah satu anjuran dalam Islam untuk memuliakan bulan Rajab, ialah dengan menunaikan puasa, Ma. Diriwayatkan dalam hadis sahih Imam Muslim, berpuasa saat bulan-bulan mulia ini disebut sebagai puasa yang paling utama setelah puasa Ramadan.

Sebagaimana sabda Rasulullah SAW yang artinya, “Seutama-utama puasa setelah Ramadan adalah puasa di bulan-bulan al-Muharram (Dzulqa’dah, Dzulhijjah, Muharram, dan Rajab)”.

Lebih lanjut, berikut Popmama.com berikan penjelasan mengenai ketentuan puasa Rajab, bacaan niat puasa Rajab, serta keutamaannya yang dapat Mama ajarkan pada anak. 

Editors' Picks

1. Ketentuan puasa di bulan Rajab

1. Ketentuan puasa bulan Rajab
Pixabay/Bayu_Z

Sesungguhnya, tidak ada dalil Alquran maupun hadis yang menjelaskan tentang ketentuan pelaksanaan puasa Rajab. Maka, tidak ada perintah pasti terkait kapan waktu pelaksanaan dan berapa lama puasa Rajab ditunaikan, Ma. 

Rasulullah SAW hanya menganjurkan umat Islam untuk berpuasa di bulan haram (mulia), sebagaimana bulan Rajab yang termasuk di dalamnya. Hukum menunaikan puasa di bulan Rajab juga bersifat sunah yang apabila dikerjakan akan mendapatkan pahala, tetapi jika ditinggalkan pun tidak berdosa.

Jadi, Mama dan buah hati diperbolehkan untuk menunaikan puasa Rajab kapan pun. Dengan catatan, benar-benar dilaksanakan saat bulan Rajab, yaitu mulai tanggal 1 Rajab atau yang bertepatan dengan hari Sabtu, 13 Februari 2012 hingga berakhirnya bulan Rajab pada tanggal 14 Maret 2021. 

2. Bacaan niat puasa Rajab dan artinya

2. Bacaan niat puasa Rajab artinya
Pixabay/neildodhia

Sebagaimana pelaksanaan ibadah lainnya, agama Islam mengajarkan untuk selalu melafalkan niat. Tidak terkecuali ketika Mama dan si Kecil hendak menunaikan puasa Rajab. 

Niat puasa Rajab ini dapat diucapkan baik secara lisan atau di dalam hati. Dengan bacaan arab latin atau dalam bahasa Indonesia. Waktu pelafalan niatnya pun bisa sehari sebelum atau pun saat melaksanakan puasa Rajab, Ma. 

Adapun bacaan niat puasa Rajab yang dapat Mama ajarkan pada anak ialah. 

نَوَيْتُ صَوْمَ شَهْرِ رَجَبَ سُنَّةً لِلّهِ تَعَالى

Nawaitu shouma syahri Rajaba sunnatan lillahi ta'aala.

Artinya: “Saya berniat puasa Rajab sunah karena Allah ta'ala.”

3. Keutamaan menunaikan puasa Rajab

3. Keutamaan menunaikan puasa Rajab
Pixabay/Bru-nO

Menunaikan ibadah puasa pada bulan penuh kemuliaan, seperti bulan Rajab ini tentu memiliki keutamaan yang luar biasa. Apabila Mama dan anak melaksanakannya, akan mendapatkan balasan yang berlimpah. 

Berikut keutamaan dari ibadah puasa sunah di bulan Rajab.

  • diampuni segala dosa

Sebagaimana perkataan dari Ibnu Abbas R.A. yang menerangkan bahwa, “Puasa di awal bulan Rajab dapat menghapus dosa (kafarat) selama 3 tahun, di hari kedua menjadi kafarat selama 3 tahun, di hari ketiga menjadi kafarat selama 1 tahun, kemudian di setiap hari sesudah itu menjadi kafarat selama 1 bulan,” (HR. Abu Muhammad Al-Khalali, dimuat dalam kitab Jami'Ush-Shaghir).

  • mendapat air minum dari surga

Hal ini diperkuat oleh hadis yang berbunyi, “Sesungguhnya di surga ada suatu sungai yang bernama ‘Rajab’, warnanya lebih putih dari susu, rasanya lebih manis dari madu. Barang siapa berpuasa sehari dalam bulan Rajab, maka akan diberi minum oleh Allah SWT dari sungai itu,” (H. R. Bukhori Muslim).

  • bulan kemuliaan yang penuh berkah

Rajab termasuk bulan yang penuh dengan kemuliaan karena pada bulan tersebut juga diharamkan untuk melaksanakan peperangan. Jadi, bulan Rajab memiliki keberkahan yang luar biasa sehingga sebaiknya dimanfaatkan untuk melakukan kebaikan. Salah satunya dengan menunaikan ibadah puasa sunah Rajab. 

Itulah beberapa ketentuan, bacaan niat, dan keutamaan puasa sunah Rajab. Semoga dapat dijadikan referensi bagi Mama dalam mengajarkan pengetahuan agama Islam pada anak-anak, ya. 

Baca juga:

Tanya Ahli

Mulai konsultasi seputar parenting yuk!

Hai Ma, mama mulai bisa bertanya dan berbagi pengalaman dengan ahli parenting.