TUTUP
SCROLL UNTUK MELANJUTKAN MEMBACA

11 Dekorasi Kamar Tidur Anak Perempuan yang Nyaman dan Aesthetic

Dari yang sangat sederhana hingga yang penuh warna, semua ada!

11 November 2021

11 Dekorasi Kamar Tidur Anak Perempuan Nyaman Aesthetic
glaminati.com

Setiap anak pasti memiliki kamar idamannya masing-masing. Begitu pula dengan anak perempuan. Pasti mereka ingin kamar yang nyaman dan indah. 

Namun, terkadang ide untuk kamar perempuan terlalu banyak hingga membuat kamar menjadi terlihat penuh serta sumpek. 

Padahal, kamar sebagai tempat untuk istirahat, berkreasi, dan berekspresi harus diciptakan senyaman mungkin. Agar anak bisa tidur dengan nyenyak, leluasa melakukan hobi, belajar dengan tenang dan lain sebagainya. 

Jika Mama dan Papa masih bingung menentukan dekorasi kamar anak perempuan, cobalah untuk melihat beberapa dekorasi kamar yang Popmama.com rangkum berikut ini. Siapa tahu ada yang cocok dengan ruangan dan karakter anak mama.

Simak yuk! 

1. Kamar serba putih membuat ruangan terlihat lebih luas dan bersih

1. Kamar serba putih membuat ruangan terlihat lebih luas bersih
houzz.ru

Cat dinding warna putih serta dekorasi serba putih dapat membuat ruang kamar menjadi terlihat semakin luas.

Selain itu, warna putih termasuk warna dasar yang netral bisa dipadu padankan dengan apapun sehingga jika ada barang lain berwarna-warni tidak akan saling bertabrakan. Hal itu mampu membuat kamar anak akan selalu terlihat bersih dan rapi.

Tak hanya itu, ternyata nuansa serba putih di dalam kamar mampu membantu anak untuk menjernihkan pikiran. Anak mama bisa menjadi lebih rileks, tenang, damai, dan santai. Hal ini bermanfaat banget untuk si Anak, Ma. Supaya ia dapat meredam stres saat harus mengerjakan tugas sekolah yang sulit.

2. Dekorasi kamar warna pink, idaman para anak perempuan

2. Dekorasi kamar warna pink, idaman para anak perempuan
Pinterest/Huyền Jin

Warna pink memang sudah identik sekali dengan perempuan. Tak heran warna ini menjadi warna favorit anak perempuan. Mulai dari baju, sepatu, tas, bahkan hingga dekorasi kamar. Mungkin anak mama pun menjadi salah satu yang menginginkan kamar bernuansa merah muda ini.

Kamar dengan warna pink dapat memberi kesan manis dan ceria. Cocok banget untuk anak perempuan yang sedang dalam masa pertumbuhan yang sangat aktif.

Akan tetapi, menghias ruangan dengan warna pink ini bisa dibilang cukup susah. Pasalnya, jika salah pilih warna pink, kamar anak mama mungkin akan terlihat sempit dan memusingkan.
Jika anak mama ingin nuansa kamar pink, cobalah hindari karakter.

Biasanya, anak memilih warna pink karena suka dengan barbie. Kemudian, ia akan memilih lemari barbie, pajangan barbie, sprei barbie, dan segalanya barbie.

Hal itu akan membuat kamar anak mama sangat ramai sehingga terlihat lebih sempit.

Selain itu, penggunaan gambar karakter untuk parabot anak pun bisa menjadi pemborosan. Sebab, biasanya anak akan mudah bosan. Bisa jadi saat ia tumbuh lebih besar ia menyukai hal baru. Sehingga tidak ingin lagi hal-hal berbau barbie di kamarnya. Maka, nantinya Mama dan Papa harus mengeluarkan budget kembali untuk membeli perkakas baru.

Maka dari itu, disarankan untuk membeli alat dekorasi anak yang polos saja.

Selain itu, agar warna pink tidak terlalu mencolok, pilihlah beberapa tingkatan warna pink untuk kamar anak, misalnya pink tua dan pink muda.

3. Dekorasi kamar warna pastel tidak kalah menggemaskan dengan warna pink

3. Dekorasi kamar warna pastel tidak kalah menggemaskan warna pink
ohjoy.com

Warna pastel memang sangat disukai banyak orang, dari anak-anak hingga orang dewasa banyak yang menyukai tone warna pastel. Alasannya, karena warna pastel nyaman untuk dipandang oleh mata sehingga memberikan kesan damai dan tenang.

Maka dari itu, warna pastel cocok sekali untuk dekorasi kamar anak-anak. Warna ini pun tak kalah girly dari warna pink. Jadi pasti cocok deh untuk putri mama.

Selain itu, warna pastel pun mudah dipadukan dengan warna pastel lainnya. Sehingga tampilan anak mama tidak monoton satu warna saja. Kamar anak mama bisa berwarna-warni seperti pelangi.

4. Dekorasi kamar dengan furniture multifungsi

4. Dekorasi kamar furniture multifungsi
digthisdesign.net

Kini, banyak Mama dan Papa yang tinggal di rumah minimalis atau apartemen. Hal itu membuat para orangtua harus pintar-pintar menata dan mendekor rumah, termasuk kamar anak. Agar ruang minimalis bisa digunakan maksimalis.

Salah satu cara mudah mendekorasi kamar dengan ukuran minimalis yakni dengan menggunakan furniture multifungsi. Contohnya, memilih ranjang kasur yang memiliki banyak laci di bagian bawah. Jadi ranjang kasur pun berguna untuk menyimpan barang-barang.

Selanjutnya, Mama dan Papa pun dapat menempelkan beberapa rak gantung di dinding.

Dengan demikian, banyak barang dapat ditampung di kamar anak, namun kamar tidak terlihat penuh dan sempit.

Editors' Picks

5. Dekorasi kamar dengan tempat tidur susun

5. Dekorasi kamar tempat tidur susun
ctendance.fr

Cara lain untuk mendekor kamar anak yang memiliki ukuran kecil yakni dengan mendekor menggunakan tempat tidur susun unik yang kekinian.

Tempat tidur tingkat dengan satu kasur di atas dan satu ruang belajar di bawah memang sangat irit ruangan, Ma.

Dengan ruang yang kecil, semua fasilitas untuk anak bisa didapatkan.

Selain itu, kasur tingkat ini pun terlihat unik sehingga anak bisa jadi betah di dalam kamar.

6. Dekorasi kamar tidur dengan tempat tidur tingkat dua kasur

6. Dekorasi kamar tidur tempat tidur tingkat dua kasur
glaminati.com

Sebagian Mama dan Papa yang memiliki dua anak perempuan akan menyatukannya dalam satu kamar. Hal itu biasa dilakukan untuk membangun bonding yang kuat antar sesama saudara.

Jika menggabungkan dua anak menjadi satu kamar pasti membutuhkan ruang yang besar karena akan ada dua kasur. Namun, sebenarnya kamar anak akan bisa lebih simple dengan menggunakan tempat tidur tingkat yang memiliki dua kasur, atas dan bawah.

Dengan begitu, ukuran kaman yang dibutuhkan pun jadi tidak perlu terlalu luas. Selain itu, penggunaan kasur tingkat ini pun akan memberikan banyak ruang di kamar sehingga Mama dan Papa dapat memanfaatkannya untuk menjadi tempat bermain dan bersantai anak-anak.

7. Dekorasi kamar tidur dengan menggunakan kelambu

7. Dekorasi kamar tidur menggunakan kelambu
glaminati.com

Kelambu merupakan tirai untuk tempat tidur. Benda ini memang jarang dipakai oleh orang-orang. Namun, Mama bisa coba menjadikannya sebagai dekorasi kamar si Anak.

Sebab, menggunakan kelambu ini banyak sekali lho manfaatnya. Misalnya, melindungi anak mama dari gigitan serangga selama tidur, mengurangi hawa dingin di tempat tidur, dan membantu menghalangi pandangan anak agar lebih fokus untuk cepat tertidur.

Di samping itu, kelambu pun bisa menjadi dekorasi yang aesthetic untuk kamar putri mama.

8. Dekorasi kamar menggunakan lampu tumblr

8. Dekorasi kamar menggunakan lampu tumblr
pinterest/suhani0905

String light atau yang biasa kita sebut tumblr light merupakan lampu yang sudah dering digunakan untuk mendekorasi suatu ruangan. Salah satunya ruang kamar.

Mama dan Papa dapat menambahkan tumblr light di kamar anak agar terlihat aesthetic dan membuat suasana terasa hangat.

Lampu ini dapat dipajang di kamar dengan berbagai cara. Mama, Papa, dan Anak dapat mengkreasikan sesuka hati.

Misalnya, dibuat menjadi bentuk love atau bacaan seperti 'dream'. Kemudian dipasang seperti garis-garis di dinding kemudian ditambahkan dengan foto polaroid.

9. Dekorasi kamar vintage yang kekinian

9. Dekorasi kamar vintage kekinian
glaminati.com

Dekorasi interior dengan konsep vintage masih diminati oleh banyak orang hingga kini. Konsep ini dapat Mama dan Papa terapkan pada kamar si Anak.

Tenang saja, vintage tak melulu terlihat kuno dan tua lho. Kini, ada beberapa perlengkapan kamar yang terlihat seperti zaman dulu namun lebih berwarna-warni.

Contohnya, kini tersedia keranjang tidur besi dengan warna yang beraneka ragam.

Adapun perlengkapan lainnya dengan warna-warna yang berbeda.Mama dan Papa bisa menaruh berbagai peralatan vintage dengan warna yang berbeda agar kamar anak terlihat menarik.

10. Dekorasi kamar minimalis modern 

10. Dekorasi kamar minimalis modern 
glaminati.com

Dekorasi kamar ini merupakan yang paling simple. Dengan mendekor kamar tidur secara minimalis akan membuat ruangan terlihat lebih tertata, modern, nyaman, dan apik. 

Di sini, Mama dan Papa hanya perlu memasukkan peralatan-peralatan sesuai kebutuhan anak-anak saja. Misalnya, tempat tidur, lemari, dan meja belajar. 

Ruangan kamar yang didekor dengan minimalis ini juga akan membantu Mama, Papa, dan Anak ketika sedang membersihkan kamar. Sebab, tidak perlu membersihkan terlalu banyak barang. 

11. Dekorasi kamar tidur lesehan 

11. Dekorasi kamar tidur lesehan 
weheartit.com

Kamar tidur lesehan ini merupakan kamar yang didekor segalanya serba di bawah lantai. 

Kasur anak tidak perlu menggunakan ranjang tidur. Sebagai gantinya Mama dapat memberikan karpet atau alas kayu untuk tatakan kasur. 

Kemudian, kebanyakan kamar yang didesain lesehan akan menggunakan meja belajar yang pendek dan digunakan sambil duduk di lantai. Namun, agar anak tidak mudah pegal duduk di lantai, tambahkan bangku lantai dengan sandaran. 

Kemudian, sebagai hiasan dan tempat menyimpan barang, Mama dan Papa bisa menambahkan meja-meja kecil di samping kasurnya

Dengan demikian, kamar anak mama akan terlihat aesthetic. Selain itu, kamar lesehan ini dijamin cozy banget deh, Ma! 

Nah itulah 11 dekorasi kamar anak yang bisa Mama dan Papa terapkan untuk kamar anak perempuan. Kira-kira, dekorasi mana yang menjadi favorit Mama dan Papa? 

Baca juga:

Tanya Ahli

Mulai konsultasi seputar parenting yuk!

Hai Ma, mama mulai bisa bertanya dan berbagi pengalaman dengan ahli parenting.

Mama CerdAZ

Ikon Mama CerdAZ

Panduan kehamilan mingguan untuk Mama/Ibu, lengkap dengan artikel dan perhitungan perencanaan persalinan

Cari tahu yuk