Apakah Anak Usia 12 Tahun Boleh Memakai Masker Peel-Off?

Apakah masker peel-off aman untuk remaja?

8 Desember 2020

Apakah Anak Usia 12 Tahun Boleh Memakai Masker Peel-Off
Freepik/Victoriafly

Memasuki usia remaja, anak sudah tertarik dengan penggunaan skincare, terlebih lagi ketika muncul masalah kulit seperti berminyak, kusam, kering, bahkan berjerawat. Masker wajah jadi salah satu perawatan yang tepat untuk mengatasi berbagai masalah kulit, mulai dari jerawat hingga kulit kering.

Berbagai jenis masker kini juga mudah ditemukan, baik di toko offline maupun online, ada yang berbentuk sheet mask, clay mask, bahkan peel-off mask yang populer karena bisa mengangkat komedo secara langsung.

Ketika anak Mama yang berusia 12 tahun menunjukkan minatnya untuk menggunakan peel-off mask. Mama mungkin tidak tahu pengaruh dan keamanannya untuk kulit wajah anak. Hal ini terutama berlaku untuk masker peel-off karena bisa sangat keras pada kulit anak.

Berikut ini Popmama.com akan menjawab pertanyaan tentang, apakah umur 12 tahun boleh memakai masker peel off?

Yuk simak di bawah ini!

1. Jika digunakan terlalu sering, dapat menyebabkan hilangnya elastisitas kulit

1. Jika digunakan terlalu sering, dapat menyebabkan hilang elastisitas kulit
Freepik/Victoriafly

Masker wajah peel-off biasanya berupa gel dan ringan saat digunakan pada kulit. Saat dioleskan ke wajah, masker akan mengering yang kemudian bisa dikupas, sesuai namanya. Saat anak membersihkan masker secara perlahan dari wajah, masker akan menarik kotoran dan minyak yang menyumbat pori-pori.

Namun sayangnya masker ini bisa mempengaruhi kulit remaja. Dikutip dari insider.com, masker peel-off ini dapat menyebabkan hilangnya elasitisitas kulit, sehingga dapat membuat kulit menjadi kendur.

"Berulang kali menarik kulit keluar dan diturunkan seperti yang dilakukan saat melepas masker dapat menyebabkan hilangnya elastisitas, yang pada akhirnya dapat menyebabkan kulit kendur,” ujar Evie Reyna, seorang ahli kecantikan berlisensi yang dikutip dari Insider.

Manfaat tentang pengelupasan kulit mati tersebut, dikatakan tidak lebih dari strategi pemasaran. Namun, Evie pun mengakui adanya kepuasan yang terkait saat mengelupas masker ini.

Editors' Picks

2. Jika kulit anak sensitif, masker peel-off juga berisiko menyebabkan iritasi

2. Jika kulit anak sensitif, masker peel-off juga berisiko menyebabkan iritasi
Freepik/Nastyaofly

Jika anak memiliki kulit sensitif, masker peel-off juga bisa menyebabkan iritasi. Sehingga, penting untuk berkonsultasi terlebih dahulu ke ahli dermatologi, atau Mama bisa menguji produknya terlebih dahulu pada bagian seperti belakang telinga untuk menguji produk sebelum dioles pada wajah anak.

Namun jika menurut Mama iritasi bisa diatasi dnegan menggunakan masker yang dibilas seperti biasa, itu juga dapat memengaruhi kesehatan kulit. Menggabungkan masker dengan produk perawatan kulit lain, atau menggunakannya saat anak memiliki kondisi kulit tertentu, dapat menyebabkan reaksi yang merugikan.

Dalam beberapa kasus, masker wajah memang bisa sangat bermanfaat, tetapi ada beberapa hal yang perlu dipertimbangkan saat memilih masker untuk anak yang tepat. Misalnya, mempertimbangkan produk lain yang boleh dipakai untuk wajah remaja, serta apakah ia memiliki kondisi kulit yang berisiko teriritasi dari masker peel-off atau tidak.

3. Ada saat-saat tertentu masker peel-off tidak boleh digunakan oleh anak

3. Ada saat-saat tertentu masker peel-off tidak boleh digunakan oleh anak
Thesun.co.uk

Masker peel-off memang bisa membantu menghilangkan komedo, mengurangi kerusakan akibat sinar matahari, memperbaiki tekstur kulit, dan melembabkan kulit. Namun ada saat-saat tertentu di mana anak tidak boleh menggunakan masker.

"Hindari menggunakan produk peel-off setelah baru menjalani prosedur seperti waxing atau threading atau jika baru saja mengalami cedera, sengatan matahari, atau infeksi pada kulit," ujar Dr. Toni Stockton dari Stockton Dermatology di Arizona yang diwawancarai oleh insider.

4. Agar lebih aman, anak bisa membersihkan masker dengan air hangat daripada mengupasnya

4. Agar lebih aman, anak bisa membersihkan masker air hangat daripada mengupasnya
Healthline.com

Namun jika anak tetap ingin menggunakan masker peel-off, Mama bisa menyarankan solusi yang lebih aman. Yaitu tidak mengupas masker yang telah diaplikasikan ke wajah, karena terdapat cara lain yang lebih aman agar anak terhindar dari iritasi.

"Jika mengupas masker bukan pilihan tepat, membersihkan dengan cara tradisional yaitu pakai air hangat selalu menjadi pilihan," kata Evie Reyna.

Sebelum anak mencoba masker peel-off, sebaiknya Mama pertimbangkan untuk berkonsultasi terlebih dahulu dengan ahli perawatan kulit. Hal ini disebabkan karena wajah merupakan bagian tubuh penting yang juga berpengaruh pada kepercayaan diri anak.

Berikut tadi beberapa jawaban tentang apakah umur 12 tahun boleh memakai masker peel-off. Berkonsultasi dengan dokter dapat memberikan solusi perawatan yang tepat, efektif, dan aman bagi permasalahan kulit wajah anak.

Baca juga:

Tanya Ahli

Mulai konsultasi seputar parenting yuk!

Hai Ma, mama mulai bisa bertanya dan berbagi pengalaman dengan ahli parenting.