10 Rekomendasi Game Google untuk Mengisi Waktu Luang Remaja

Ada game rahasia di Google yang mungkin anak belum pernah coba lho!

4 Desember 2021

10 Rekomendasi Game Google Mengisi Waktu Luang Remaja
Freepik

Waktu tampaknya melambat ketika remaja merasa bosan dan tidak dapat menemukan cara untuk menghabiskan waktu.

Untungnya, remaja dapat bermain game dengan mudah tanpa memerlukan konsol game. Karena Google memiliki mini-game rahasia di hampir semua produknya, mulai dari Chrome, Search, hingga Google Earth.

Bahkan ini termasuk favorit klasik seperti Pac-Man dan Tic-Tac-Toe, dan ada beberapa game tersembunyi yang mungkin remaja tak sadari.

Jika anak mama merasa bosan, maka game Google ini bisa menjadi jawabannya. Inilah 10 rekomendasi game Google untuk mengisi waktu luang remaja, yang telah Popmama.com rangkum. Yuk simak!

1. Flight Simulator (Google Earth)

1. Flight Simulator (Google Earth)
flightsimulatorgamez.com

Flight Simulator atau simulator penerbangan adalah permainan yang bisa dirasakan bagi sebagian besar pengguna. Jika remaja pernah ingin tahu perasaan masuk ke kokpit pesawat dan menerbangkan pesawatnya sendiri,  maka ia bisa memainkan flight simulator dari google earth. 

Untuk memainkan Flight Simulator, remaja hanya perlu memasang Google Earth Pro dan tekan Ctrl + Alt + A untuk membuka permainan Flight Simulator. Ini memungkinkan remaja untuk memilih pesawat dan memulai lokasi, serta memungkinkan anak untuk mengontrol simulator menggunakan joystick.

Dan menariknya lagi, permainan ini sepenuhnya gratis untuk dimainkan. Namun, Google Earth Flight Simulator ini adalah "permainan" yang cukup sulit untuk dipahami bagi pemula. Tetapi menjadi cara yang menyenangkan untuk menjelajahi planet ini tanpa meninggalkan rumah.

2. Dinosaurus Google (Google Chrome)

2. Dinosaurus Google (Google Chrome)
reddit.com

Jika remaja sering melihat mengapa ada dinosaurus di Google Chrome setiap kali ia kehilangan koneksi saat mencoba mengakses halaman, maka jangan heran lagi. Ini sebenarnya adalah permainan kecil yang tersembunyi dari Google untuk dapat anak gunakan sambil menunggu koneksi lancar.

Permainan Dinosaurus Google ini sangat mudah dikuasai. Saat anak tidak dapat terhubung ke halaman, dan ia melihat dinosaurus, tekan tombol spasi pada keyboard untuk meluncurkan game.

Dinosaurus akan terus bergerak, sehingga saat mencapai rintangan yang berbentuk kaktus, cukup tekan tombol spasi pada saat yang tepat untuk melompat. Sangat sederhana, bukan?

Jadi jika anak tidak dapat mengakses halaman yang ingin dikunjungi, jangan khawatir, karena ia sekarang sudah mengetahui bagaimana bermain game secara online gratis.

3. Solitaire (Google Search)

3. Solitaire (Google Search)
googlesolitaire.com

Game tersembunyi dalam Google Search adalah game Solitaire klasik. Untuk memainkannya, ketik solitaire atau patience game di Google Search pada browser apa pun, dan tekan tombol Play.

Anak bahkan dapat memilih untuk memainkan mode kesulitan mudah atau sulit dengan menekan salah satu opsi. Setelah permainan berjalan, ini adalah pengalaman Solitaire standar, yaitu cukup seret dan urutkan kartu sesuai dengan aturan.

Jika anak lebih menyukai versi desktop dari game klasik ini, ada juga versi perangkat lunak Solitaire yang umumnya tersedia di Windows juga.

4. Clouds (Android)

4. Clouds (Android)
androidpolice.com

Jika anak mencari game Google Android yang tersembunyi, cobalah Clouds. Game kasual ini hanya akan muncul ketika anak mencoba melakukan pencarian di Google di aplikasi Google Android saat perangkatnya offline alias tidak tersambung data/sinyal.

Setelah memasuki mode offline, anak akan melihat ikon animasi di sebelah peringatan "Tidak ada sinyal". Tekan, dan ini akan meluncurkan game Clouds di layar penuh. Permainan ini mungkin tampak seperti Flappy Birds.

Dan untuk memainkannya, ketuk layar sentuh untuk memulai game, lalu pertahankan ikon awan di udara. Anak juga harus menghindari rintangan yaitu burung.

Pastikan bahwa anak memiliki aplikasi Google untuk memainkannya, yang sebagian besar perangkat Android seharusnya sudah menginstal sebelumnya. Jika Anda belum mendapatkannya, instal, matikan WiFi dan coba permainan ini!

Editors' Picks

5. Pac-Man (Google Search)

5. Pac-Man (Google Search)
Wired.com

Tentu remaja sudah tak asing lagi dengan permainan arkade yang satu ini, bukan? Hampir semua orang  dari segala kalangan usia, akrab dengan kegembiraan yang diberikan oleh permainan Pac-Man.

Permainan klasik, sederhana, mudah, dan menyenangkan ini tersedia untuk remaja mainkan di browser apa pun. Untuk memainkan Pac-Man, yang perlu anak lakukan hanyalah mencari pacman atau pac-man di pencarian Google.

Alih-alih cuplikan atau video penelusuran biasa, Google justru akan memberikan versi HTML5 dari game Pac-Man klasik, yang dapat dimainkan di bagian atas hasil penelusuran. Cukup tekan tombol Play untuk memulai, lalu gunakan tombol panah keyboard untuk bergerak.

6. Garden Gnome (Google Doodle Archive)

6. Garden Gnome (Google Doodle Archive)
beebom.com

Pada 10 Juni 2018, Google merayakan Hari Kebun di Jerman dengan merilis Google Doodle bertema seputar kurcaci taman bernama Garden Gnome.

Dengan mengklik 'play' setelah mencari permainan ini di kolom pencarian, anak akan memulai permainan yang sangat adiktif, di mana ia akan melontarkan gnome sejauh mungkin menggunakan semacam trebuchet atau alat pelontar.

Meski doodle ini sekarang hilang, tetapi anak masih dapat menemukannya di arsip Google Doodle dan memainkannya kapan pun ia mau.

7. Text Adventure (Google Chrome and Search)

7. Text Adventure (Google Chrome and Search)
chrome.google.com

Banyak game yang termasuk dalam daftar ini adalah pengalaman visual, tetapi jika anak mencari petualangan berbasis teks, maka ia perlu mencoba game petualangan rahasia yang disertakan dalam Google Search.

Untuk mencoba permainan Text Adventure ini, pertama, cari Text Adventure di Google Search, lalu klik kanan jendela browser dan tekan Ctrl+Shift+J untuk membuka konsol browser. Di terminal konsol, ketik 'ya' dan tekan enter untuk mulai memainkan game.

Seperti petualangan berbasis teks klasik tahun 1980-an dan 1990-an, anak dapat mengikuti petunjuk di layar untuk bermain, memajukan permainan dengan menggunakan perintah yang ditampilkan. Permainan ini dapat melatih kemampuan anak dalam berbahasa Inggris dengan cara yang menyenangkan.

8. Snake Game (Google Search)

8. Snake Game (Google Search)
googlesnake.com

Snake Game telah menjadi salah satu game paling populer dan menyenangkan sejak awal permainan seluler klasik. Mungkin Mama dulu pernah memainkannya. Dan menariknya, Google telah mengembalikan masa kejayaan permainan klasik ini lagi.

Cukup cari "snake game" di Google, dan remaja dapat memainkan game dengan semua visual, kontrol, dan suara. Untuk memainkannya, anak dapat mencari 'Snake Game' di google search dan klik 'play' setelah itu gunakan tanda panah di keyboard untuk memindahkan arah ular dan menangkap makanannya.

9. Champion Island Games (Google Doodle Archive)

9. Champion Island Games (Google Doodle Archive)
androidcentral.com

Pertama kali diluncurkan sebagai Google Doodle pada 24 Agustus 2021, Champion Island Games adalah salah satu game Google Search rahasia yang bisa anak coba saat ini. Permainan ini memiliki konsep RPG jadul, yang dapat menarik perhatian remaja modern.

Di sini, anak di ajak berkeliaran di sekitar pulau yang berpartisipasi dalam olahraga, menghadapi lawan legendaris, dan terlibat dalam segala macam tantangan yang menarik.

Doodle ini awalnya diluncurkan untuk memperingati Olimpiade Tokyo pada tahun 2020, tetapi dirilis ulang pada awal Paralimpiade dengan menggunakan pencarian sampingan ekstra dan rahasia untuk ditemukan.

10. Tic Tac Toe (Google Search)

10. Tic Tac Toe (Google Search)
technobugg.com

Tic Tac Toe adalah pembunuh waktu utama untuk mengisi waktu luang remaja, dan Google telah membawa keseruan game strategi ini dengan pencarian Google. Remaja dapat mencari "Tic Tac Toe" di kotak pencarian dan memainkan game melawan Google.

Tak perlu khawatir, karena di sini juga ada pilihan untuk memilih tingkat kesulitan. Anak dapat memilih kesulitan yang mudah, sedang, dan sulit.

Menariknya, remaja juga dapat memainkan game ini melawan orangtua, anggota keluarga, atau teman yang berada di satu ruangan bersamanya.

Itulah beberapa rekomendasi game google untuk mengisi waktu luang remaja. Google telah membuat beberapa game interaktif yang dapat anak remaja coba memainkannya di waktu luang. Dari 10 game di atas, mana yang menjadi favorit anak?

Baca juga:

Tanya Ahli

Mulai konsultasi seputar parenting yuk!

Hai Ma, mama mulai bisa bertanya dan berbagi pengalaman dengan ahli parenting.