Lebih Mudah, Ajarkan Anak Menggambar Menggunakan Google AutoDraw Yuk!

Anak mama gemar menggambar? Coba aplikasi satu ini yuk, Ma!

28 Februari 2021

Lebih Mudah, Ajarkan Anak Menggambar Menggunakan Google AutoDraw Yuk
Pixabay/Skitterphoto

Layaknya hobi lain, menggambar pun juga memiliki karakteristik tersendiri, Ma, salah satunya membuat anak berpikir lebih kreatif. Jika anak mama memiliki hobi menggambar, umumnya mereka adalah orang yang mudah mengekspresikan diri melalui sebuah lukisan. 

Pada umumnya, anak akan menggambar melalui media kertas dan pewarna seperti pensil warna, krayon atau cat warna. Namun, saat ini Mama dapat dengan mudah mengajak anak menggambar secara digital lho!

Sebagai anak generasi milenial, tentu saja gadget sudah menjadi gaya hidup baru untuk mereka, bukan? Alih-alih memarahi anak lantaran terus bermain dengan gadget, kini Mama bisa memanfaatkan gadgetnya untuk dijadikan hal positif nih, Ma.

Google Creative Labs telah merilis sebuah aplikasi yang bisa membantu anak mama menggambar dengan mudah dan cepat melalui aplikasi bernama AutoDraw. Lantas, bagaimana menggunakan aplikasi ini?

Yuk, simak rangkuman yang sudah Popmama.com siapkan mengenai tutorial menggunakan AutoDraw yang bisa Mama ajarkan pada anak di rumah. Menggambar pun kini menjadi mudah dan menyenangkan!

Editors' Picks

1. Apa itu AutoDraw

1. Apa itu AutoDraw
Autodraw.com

Aplikasi baru untuk menggambar berbasis web dari Google ini menggunakan teknologi artificial intelligence (AI) dan machine learning lho, Ma. Teknologi ini disebut sebagai teknologi untuk mengenali coretan yang anak buat dan benda apa yang terlihat mirip dengannya.

Dengan teknologi tersebut, kini anak mama dapat dengan mudah menggambar tanpa perlu ambil pusing jika gambarnya salah. Caranya pun cukup mudah, Ma.

Cukup manfaatkan gadget anak lalu kunjungi situ web mereka di AutoDraw.com. Anak pun dapat langsung menyalurkan segala kreativitasnya dalam menggambar.

2. Dipermudah dengan tools yang lengkap

2. Dipermudah tools lengkap
Autodraw.com

Jika pada komputer kita mengenal aplikasi Microsoft Paint, aplikasi AutoDraw pun juga melengkapi sejumlah tools yang mirip dengan Microsoft Paint, Ma.

Mama bisa meminta anak menggambar seperti biasanya dengan menentukan ukuran, serta warna pensil yang bisa anak ubah sesuai seleranya. 

Selain itu, terdapat pula tool bernama 'select' untuk memindah-mindahkan gambar, 'type' untuk memberi tulisan, 'shape' untuk menambah lingkaran atau persegi, serta 'fill' untuk mewarnai.

3. Memudahkan membuat objek lukisan

3. Memudahkan membuat objek lukisan
Autodraw.com

Umumnya, anak akan merasa kesal jika gambar yang dibuatnya tak sesuai dengan apa yang seharusnya. Dengan menggunakan teknologi melalui aplikasi ini, anak mama akan diberi kemudahan mengenali gambar secara otomatis, Ma.

Seperti contoh berikut ini, ketika anak akan menggambar sebuah bunga (pada foto sebelah kiri), aplikasi AutoDraw akan memberikan pilihan otomatis terkait gambar yang anak maksud. Sehingga bunga yang sebelumnya tak berbentuk dengan rapih, dapat terlihat lebih rapih (foto sebalah kanan) dan jugs simetris tentunya.

Memudahkan sekali kan, Ma? Jika tertarik, yuk langsung ajak mama mengunjungi situsnya dan mulai menggambar apa pun yang mereka suka. Selamat mencoba ya, Ma!

Baca juga:

Tanya Ahli

Mulai konsultasi seputar parenting yuk!

Hai Ma, mama mulai bisa bertanya dan berbagi pengalaman dengan ahli parenting.