Tips Mengatur Keuangan ala Demi Lovato untuk Anak Remaja Mama

Pas banget nih, buat anak mama yang lagi "kebanjiran" uang angpao Lebaran

13 Juni 2018

Tips Mengatur Keuangan ala Demi Lovato Anak Remaja Mama
billboard.com

Sebagai orangtua sekaligus perempuan, Mama pasti berharap anak remaja mama dapat bertumbuh menjadi sosok pribadi yang mandiri dan bijaksana dalam menjalani kehidupan dan masa depannya kelak.

Tentu, hal ini terwujud dari sikap anak mama yang sebaiknya dapat hidup berhemat seperti yang diterapkan oleh penyanyi Demi Lovato. Dilansir dari Teen Vogue, berikut adalah tips mengatur keuangan ala Demi Lovato untuk anak remaja Mama.

1. Prioritaskan hal yang penting

1. Prioritaskan hal penting
thefix.com

Di atas segalnya, Demi Lovato mengaku bahwa pengaturan keuangan haruslah disertai dengan sikap yang pintar dan bijaksana. Hal ini terwujudkan dari bagaimana anak mama sebaiknya mengutamakan hal-hal yang jauh lebih penting untuk dibeli.

Sebagai contoh, Mama dapat mendorong anak mama dengan membuat list kebutuhan sehingga anak mama mengetahui hal-hal yang bersifat prioritas utama untuk keperluannya. Hal ini akan membiasakan anak mama membangun kebiasaan yang baik hingga dewasa.

2. Sisihkan uang untuk kesenangan

2. Sisihkan uang kesenangan
rd.com

Sebagaimana yang telah dijelaskan sebelumnya, mengutamakan kebutuhan yang bersifat lebih penting seperti peralatan sekolah dan semacamnya memang sebaiknya dibangun sejak dini. Akan tetapi, Demi mengatakan bahwa, “kita sebaiknya menyenangkan diri kita juga.”

Demi bermaksud mendorong anak remaja mama untuk mencintai diri mereka sendiri dengan menyenangkan hati mereka melalui hal-hal yang disukai seperti mainan, benda kesukaan, ataupun hal-hal yang berkaitan dengan hobi.

Menurutnya, ini merupakan hal yang tidak masalah untuk diterapkan dalam kehidupan anak mama dalam perihal mengatur keuangan dalam konteks belanja. Akant tetapi, sekali lagi, Demi menekankan supaya hal itu diimbangi dengan sikap bijaksana yang disebutkan pada poin pertama.

Editors' Picks

3. Menabung

3. Menabung
momsbunkhouse.com

Dalam rangka mewujudkan kedua hal yang telah dijelaskan di atas, Demi mengaku bahwa menabung merupakan kunci utama dari segalanya yang tidak boleh dilupakan. Hal ini turut dilakukan oleh pelantun lagu Sorry I’m Not Sorry yang di mana ia mengaku memiliki tabungan sendiri.

Tentu saja, menabung memang merupakan kebiasaan yang harus ditanamkan sejak usia di mana supaya anak mama tidak terbiasa dengan sikap boros dan suka menghambur-hamburkan uang begitu saja.

4. Cobalah mendapatkan uang dengan bekerja

4. Cobalah mendapatkan uang bekerja
30seconds.com

Memasuki usia remaja, anak mama tercinta mungkin masih memiliki sikap yang labil tetapi Si Anak pastilah sudah masuk ke dalam proses pencapaian kedewasaan. Hal ini berarti anak mama dapat dilatih untuk menyadari bahwa segala sesuatu datang dari kerja keras.

Tentu, kerja keras yang haruslah Mama terapkan pada Si Anak bukan jenis pekerjaan yang memberatkan. Sebaliknya, ajarlah anak mama dengan cara memberikan uang lewat upayanya membantu Mama merapihkan rumah dan semacamnya.

Hal ini sesuai dengan saran yang diberikan oleh Demi Lovato kepada anak remaja mama di mana Demi menekankan supaya mereka dapat memilih untuk mencoba mendapatkan uang dengan bekerja atau melakukan sesuatu yang positif. It will feel special dan sikap menghargai uang pasti akan timbul.

Sekarang, Mama telah mengetahui masing-masing pesar terkait mengatur keuangan dari Demi Lovato yang mungkin saja merupakan sosok idola Si Anak. Yuk, beritahu dan bantu anak mama melalui setiap tahap. Semangat!